[Midseason Review] Gundam Build Fighters Try

November 21, 2014 6:09 pm
[Midseason Review] Gundam Build Fighters Try

Gundam Build Fighters telah menciptakan sebuah seri mengejutkan, mulai dari kualitas animasi dan battle yang bagus, karakter-karakter yang menarik, musik-musik yang luar biasa, referensi ke seri-seri lama, desain MS yang menarik, dan lain-lainnya. Tentunya setelah seri ini, para penggemar memiliki ekspetasi besar terhadap serial lanjutannya, Gundam Build Fighters Try. Setelah tayang sebanyak 6 episode, berikut pendapat kami mengenai Gundam Build Fighters Try.

Karakter-karakter yang (semakin) dekat di hati

Nampaknya para penulis cerita sadar akan karakter-karakter dari season pertama GBF yang dalam sekejap populer setelah kemunculannya seperti Aila, Rinko, Kirara, dan lain-lainnya, dan dari sana membuat karakter-karakter yang juga mudah menarik perhatian penonton. Dan jika melihat dari jumlah fanart dari Gundam Build Fighters Try, bisa dibilang karakter Gundam Build Fighters Try juga sangat sukses dalam menarik perhatian penonton.

mrgbft1

Mulai dari spatsenpai Fumino, oneesama Mirai, hingga Gyanko Gyanko berhasil menarik perhatian para penonton berkat pasnya campuran cantik, charming, dan seksinya.

Masih belum seseru Gundam Build Fighters

Jika ditanyakan apa bagian paling menarik dari bagian awal Gundam Build Fighters pertama, mungkin kebanyakan penggemar akan mengatakan “pertarungan yang seru, terutama Build Strike vs Zaku Amazing”. Sayangnya, sejauh ini Gundam Build Fighters Try masih belum mencapai tingkat keseruan itu.

mrgbft2

Nampaknya memperbanyak tokoh utama dari 1 unit saja menjadi 1 tim dengan 3 unit tidak selamanya menjadi hal yang baik. Pacing cerita berjalan lebih pelan karena memperkenalkan dan menceritakan 3 karakter yang terpisah. Dan dengan 3 unit berbeda dengan gimmicknya masing-masing menyebabkan terlalu banyak pertarungan yang diselesaikan dengan cara “penunjukkan gimmick baru -> menang” ketimbang adu akal dan kemampuan yang sengit dan seru. Ditambah lagi dengan unit utama, Build Burning Gundam yang terlalu kuat (sudah ditunjukkan setidaknya dua kali di mana Build Burning Gundam berhasil menonjok bolong colony) yang membuat beberapa pertarungan kurang seru.

Namun jika melihat episode 4 dan 7, nampaknya masih ada harapan bagi GBFT untuk membuat pertarungan yang menarik dan seru.

Kualitas gambar yang sering menurun

Entah apakah karena kutukan “Sunrise + original + mecha + season 2 = quality drop” atau karena Sunrise membuat 4 anime mecha sekaligus di season ini (atau gabungan keduanya), tetapi Gundam Build Fighters Try terkadang mendapatkan gambar animasi yang nampak kurang memuaskan, terutama belakangan ini.

mrgbft3

Meski season pertama Gundam Build Fighters juga tidak luput dari beberapa animasi gambar yang kurang memuaskan, penurunan kualitas gambar di Gundam Build Fighters Try nampak lebih sering terjadi, dan ini juga tidak membantu faktor pertarungan yang terkadang kurang seru.

Verdict: Jigen Haoh/10

Meski GBFT masih belum bisa mencapai tingkat kepuasan yang sama dengan GBF, potensi yang ada di seri ini masih cukup besar. Musik-musik yang masih diurus oleh Hayashi Yuuki masih terdengar luar biasa meski belum ada musik tema khusus karakter tertentu yang benar-benar menancap, desain-desain gunpla yang semakin menarik ditambah desainernya yang diambil dari perakit gunpla profesional, karakter-karakter yang tidak kalah menarik, dan juga potensi pertarungan yang ditampilkan di episode 4 dan 7. Semoga saja Gundam Build Fighters Try bisa terlepas dari kutukan season 2 Sunrise.

Gundam Build Fighters Try dapat ditonton secara resmi di channel Youtube Gundam.info dengan subtitel bahasa Inggris.