Vocaloid Megurine Luka V4X Telah Diumumkan

November 21, 2014 10:00 am
Vocaloid Megurine Luka V4X Telah Diumumkan

Setelah sebelumnya diberikan beberapa cuplikan, akhirnya Crypton menunjukkan desain dari Megurine Luka versi baru. Menariknya, ternyata versi baru dari Luka ini bukanlah V3 seperti yang diduga, melainkan V4X.

Developer Vocaloid Crypton, Wataru Sasaki mengumumkan pada livestream pengunguman produk baru pada 20 November 2014 kemarin bahwa Crypton akan merilis Megurine Luka V4X.

Crypton sebelumnya telah bertahun-tahun mengerjakan versi baru dari Vocaloid Megurine Luka yang mana sempat dikabarkan akan menggunakan Vocaloid3 Engine. Kini versi baru dari Megurine Luka diumumkan menggunakan Vocaloid4 Engine, yang mana dapat menghasilkan suara “growl“.

“X” dari Megurine Luka V4X diartikan sebagai “eXpression”, “eXtended”, dan juga “berpetualang ke daerah yang belum diketahui”.

Seperti pendahulunya, Megurine Luka V4X memiliki voice database untuk bahasa Inggris dan juga untuk bahasa Jepang. Database bahasa Inggrisnya terbagi menjadi Straight dan Soft, sementara database bahasa Jepangnya terbagi menjadi Hard dan Soft. Seperti yang sebelumnya diberitakan, database suara Jepangnya memiliki fitur “E.V.E.C“, (Enhanced Voice Expression Control/Kontrol Ekspresi Suara yang Diperbaharui) yang mengatur “warna” dari suara yang dihasilkan. E.V.E.C. yang tersedia untuk Megurine Luka V4X adalah Power, Whisper, Cute, Soft, Husky dan Falsetto.

lukav4x1

Megurine Luka V4X akan dirilis pada akhir Februari 2015 dengan harga 17.280 yen (sekitar Rp 1.800.000,-) atau 12.960 yen (sekitar Rp 1.350.000,-) untuk pemilik Luka V2, Miku V3, Miku V3 Bundle, KAITO V3, atau MEIKO V3 yang terdaftar. Informasi lebih lanjut akan dimunculkan tiap akhir minggu dimulai dari tanggal 28 November 2014.

Sumber: Crypton & Vocaloidism