Anime Pembuat Anime “Shirobako” Beberkan Perkiraan Pendapatan Staf Anime Di Jepang

November 24, 2014 4:02 pm
Anime Pembuat Anime “Shirobako” Beberkan Perkiraan Pendapatan Staf Anime Di Jepang

Shirobako adalah anime yang cukup menarik untuk ditonton, terutama bagi kamu yang tertarik dengan pembuatan anime yang kamu sukai atau bahkan bercita-cita ingin bekerja di bidang produksi anime. Dan anime yang sama akhirnya membeberkan fakta yang pasti menjadi salah satu sorotan kalian, dan mungkin juga keluarga kalian yang mempertanyakan kemakmuran hidupmu di masa depan jika benar kalau kamu ingin berkarir di bidang ini; rata-rata pendapatan pekerja anime.



Seperti bisa dilihat di grafik yang dishare oleh salah satu penonton animenya, dan ditranslasi oleh salah satu penggemar, pendapatan tahunan dari pekerja anime paling umum, animator, adalah yang paling rendah. Tidak heran posisi ini mempunyai banyak sekali kendala yang sampai terdengar hingga ke khalayak umum, dari kurangnya animator karena porsi kerja terlalu banyak, hingga bunuh diri karena depresi.

189b6b90965c69920d87f207307e17271416435727_full

Tidak diketahui mengapa part-timer/freeter dan mahasiswa (yang mungkin disini adalah pekerja part time) malah digaji lebih tinggi. Tapi dari sini juga jelas, kalau mau makmur setidaknya incar posisi seiyuu terkenal. Jangan lupa kalau kamu bisa mulai belajar menjadi seiyuu di sekolah yang akan didirikan oleh salah satu pelaku industri terbesar di Jepang mulai tahun depan.

Sumber: Crunchyroll