10 Game yang “Merusak” Persahabatan

December 8, 2014 4:54 pm
10 Game yang “Merusak” Persahabatan

Selain bisa dinikmati sendirian, video game juga bisa dinikmati beramai-ramai ketika dimainkan secara multiplayer. Permainan multiplayer sendiri biasanya dibagi menjadi dua macam, permainan kompetitif seperti dalam game sport dan fighting atau permainan kooperatif seperti Monster Hunter dan Resident Evil 5.

Sayangnya meski banyak game multiplayer yang ditujukan untuk menjalin kerjasama atau bersikap sportif kepada teman, ternyata kenyataannya game-game tersebut malah lebih sering kita menjadi kesal terhadap teman atas tindakan mereka. Dalam kesempatan ini, JOI coba pilih sepuluh game yang terkenal sering membuat kalian kesal dengan teman.

  1. Seri Soul Calibur

game-perusak-persahabatan-soul-calibur

Salah satu hal yang paling penting dalam game fighting adalah balancing yang tepat agar menjadi game yang adil untuk semua karakternya. Sayangnya seri Soul Calibur cukup dikenal memiliki balancing yang tidak tepat, contohnya jangkauan serangan Nightmare yang jauh hingga susah untuk menyerang Nightmare apabila memakai karakter dengan jarak serangan yang pendek seperti Taki atau kombo milik Maxi yang imba. Tetapi mungkin yang paling mengesalkan adalah ring out ketika sedang asyik bertarung.

  1. Left 4 Dead 2

game-perusak-persahabatan-left-4-dead-2

Dalam Left 4 Dead 2, empat orang pemain harus bekerjasama untuk menyelamatkan diri mereka dari gerombolan zombie. Left 4 Dead 2 juga bisa dimainkan dalam mode kompetitif dimana empat orang akan menjadi survivor dan empat orang lainnya akan menjadi special zombie. Nah, ketika dalam mode versus ini, biasanya para pemain akan menjadi lebih agresif seperti mengejek-ngejek ketika berhasil melakukan kombo dengan pemain lainnya ketika menjadi zombie atau malah sengaja mengganggu teman survivor dengan menyerangnya.

  1. LittleBigPlanet 3

game-perusak-persahabatan-lbp3

LittleBigPlanet 3 ini memperkenalkan beberapa karakter baru yang bisa dimainkan yang masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan mengandalkan masing-masing kemampuan, kalian harus bekerjasama untuk melewati berbagai rintangan platform. Sayangnya, pemain bisa saja melakukan troll, contohnya pura-pura membantu membuka jalan, tetapi kemudian dilepas dan membuat karakter jatuh ke duri.

  1. Portal 2

game-perusak-persahabatan-portal-2

Dalam Portal, kalian harus menyelesaikan puzzle yang cukup memutar otak. Nah untuk sekuelnya, Valve memberikan tantangan yang jauh lebih membuat pusing dengan permainan co-op. Bayangkan saja, bermain sendirian untuk memecahkan puzzle saja sudah sulit. Nah, sekarang kalian harus bekerjasama dengan pemain lain untuk memecahkan puzzle. Ketika bertemu dengan pemain yang pintar sih rasanya enak, tetapi ketika bermain bersama orang yang tidak bisa melewati tahap tutorial, rasanya sudah stress duluan.

  1. The Ship

game-perusak-persahabatan-the-ship

Mungkin tidak banyak di antara kalian yang mengetahui mengenai The Ship. Game ini adalah game yang sederhana di Steam dimana semua pemain ditugaskan untuk membunuh target (pemain lain) tanpa ketahuan oleh penjaga kapal atau pemain lainnya. Nah, ketika kalian memainkan game ini bersama teman-teman, kalian bisa melihat seberapa kelitnya teman-teman kalian untuk melakukan backstab. Suasana akan menjadi lebih panas apabila kalian bermain game ini menggunakan voice chat.

  1. DayZ

game-perusak-persahabatan-dayz

Berawal dari mod untuk ARMA 2, dalam game ini kalian akan menjadi salah satu orang yang selamat dari dunia yang dipenuhi zombie. Dengan resource yang terbatas, kalian harus berusaha bertahan hidup dari gerombolan zombie atau pun pemain lainnya. Sebenarnya setiap pemain dalam ARMA 2 diharapkan saling bekerjasama untuk bertahan hidup. Sayangnya hampir semua pemain di DayZ malah saling nge-troll. Bahkan sampai ada aturan jangan percaya siapa pun di DayZ, bahkan meski dia adalah temanmu di dunia nyata.

  1. DOTA 2

game-perusak-persahabatan-dota2

Siapa sih yang tidak kenal DOTA 2. Game keluaran Valve ini berhasil membuat genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) menjadi populer. Dalam game ini, pemain dibagi menjadi dua tim yang masing-masing anggotanya terdiri dari lima pemain. Dalam DOTA 2, kerjasama sangatlah dituntut agar kalian bisa menghancurkan markas musuh. Sayangnya karena biasanya ketika bermain semua orang jadi terlalu serius, biasanya mereka akan gampang marah ketika teman salah, meski itu hanya kesalahan kecil.

  1. Super Mario 3D World

game-perusak-persahabatan-mario-3d-world

Sekuel dari Super Mario 3D Land untuk Wii U ini mendapatkan banyak pujian karena game-nya benar-benar menyenangkan untuk dimainkan. Karena Wii U memang dipromosikan sebagai konsol yang asyik dimainkan bersama teman-teman di satu ruangan, Nintendo pun menghadirkan mode 4 player co-op di Super Mario 3D World. Sayangnya kemungkinan besar kalian bukannya akan saling bekerjasama, tetapi malah berusaha untuk mengganggu teman seperti merebut semua item atau melemparkan teman ke dalam lubang.

  1. Mario Kart 8

game-perusak-persahabatan-mario-kart-8

Mario Kart, pelopor dari genre kart racing yang berhasil membuat banyak orang kesal. Di saat kamu sedang asyik-asyik berada di posisi pertama lalu kemudian kena blue shell yang akan membuat posisi kamu sangat jatuh, pastinya akan terasa kesal sekali. Ketika bermain bersama tiga teman lainnya, bermain Mario Kart 8 akan terasa lebih rusuh karena lebih sering trash talk.

  1. Seri Mario Party

game-perusak-persahabatan-mario-party-10

Meski seri ini sejak awal dibuat agar kalian bisa bersenang-senang dengan teman di satu ruangan, tetapi kenyataan malah akan lebih sering merusak persahabatan kalian. Setiap pemain akan mencoba untuk menjatuhkan lawannya. Belum lagi ditambah dengan ejek-ejekan yang akan menguji tali persahabatanmu. Apalagi di entri terbarunya, salah satu dari kalian akan bisa menjadi Bowser yang bertugas untuk menyiksa pemain lainnya.

Itulah kira-kira game yang berhasil JOI temukan. Apakah kalian pernah mengalami momen yang seru ketika bermain bersama teman? Ayo share di komentar ya!