Menjelang Pergantian Tahun, Bagaimana Proses Program “Cool Japan”?

December 9, 2014 6:11 pm
Menjelang Pergantian Tahun, Bagaimana Proses Program “Cool Japan”?

Menjelang pergantian tahun, bagaimana proses perkembangan program peningkatan ekspor konten pop culture Jepang ke dunia, Cool Japan? Laporan terbaru memberi tahu hasilnya, termasuk seri apa yang menjadi ujung tombak program ini di tahun 2014.

Secara garis besar, program ini menunjukkan perkembangan positif, dengan pertumbuhan sebesar 30% di fiskal 2013, naik menjadi 13.8 milyar yen dari 10.4 milyar di tahun fiskal 2012.

more cool japan (6)

Kementrian Komunikasi Jepang menulis dalam laporannya bahwa salah satu faktor keberhasilan program ini adalah insentif untuk menayangkan konten Jepang secara online (Daisuki, Comic Walker, dan lain-lain) serta terus menurunnya nilai tukar yen terhadap mata uang asing. Data ini diambil dari berbagai poling dan survey dari 179 perusahaan yang mengatur penayangan dan produksi konten visual, penjualan DVD, remake acara lama dan lisensi untuk merchandise.

more cool japan (2)

Seperti bisa ditebak, sebagian besar angka tersebut ada dari anime, dengan nilai kontribusi sebesar 8.6 milyar yen. Seri yang disebut dalam laporan tersebut termasuk Space Brothers dan Love Live. Negara yang paling banyak mendatangkan konten tersebut adalah negara Asia dengan 7.2 Milyar yen, diikuti oleh Amerika dan Eropa.

Meskipun begitu Jepang belum boleh lega, karena Korea Selatan, dengan ekspor seri drama yang mencapai 90% dari keseluruhan konten (bandingkan dengan Jepang yang ada musik, film, anime, manga, dll) saja, masih bisa menghasilkan angka nyaris 2 kali lipat dari apa yang berhasil didapatkan oleh Jepang.

Sumber: Crunchyroll