[AFA SG14 Interview] fripSide

December 18, 2014 5:43 pm
[AFA SG14 Interview] fripSide

Salah satu duo Anisong yang cukup terkenal, fripSide akhirnya beberapa waktu yang lalu mendapat kesempatan untuk tampil di Singapura. Lihat dalam ulasan interview ini bagaimana mereka akan menghadap ribuan penggemar dari Singapura dan beberapa negara lainnya dalam gelaran AFA SG 2014;

-Apa alasan kalian memilih nama “fripSide” sebagai nama unit kalian?
Satoshi Yaginuma (berikutnya ditulis Satoshi): Arti sebenarnya dari “flip side” adalah sisi kedua dari sebuah music record. Saat itu para artis meletakan lagu tambahan yang dibuat dengan setengah hati di sisi tersebut. Tapi untuk fripSide aku ingin membuat setiap lagunya dengan sepenuh hati. Dan alasan kenapa kita menggunakan huruf “r” pada kata “flip”, karena kalau mencari kata “flip side” di internet banyak nama band atau perusahaan lain yang muncul.

-Lalu mengapa nama fanclub kalian bernama freakSide?
Nanjo Yoshino (berikutnya ditulis Nanjo): Kita ingin menamakan fanclub dengan nama yang mirip dengan fripSide. Saat mencari kata yang mirip dengan kata “frip”, satu-satunya yang terpikirkan adalah kata “freak” haha.
Satoshi: Bukan kata yang memiliki arti positif sebenarnya haha. Tapi penggemar kita di Jepang dengan baik hati menerima nama tersebut. Sayang sekali fanclub ini masih hanya bisa bergabung melalui mobile phone Jepang. Semoga kedepannya bisa di kunjungi oleh orang-orang di luar Jepang juga.

-Apakah ada rencana untuk melakukan konser tunggal di luar negri? Indonesia mungkin?
Satoshi: Belum ada jadwal atau rencana pastinya. Tapi kita sedang berusaha untuk mewujudkan hal tersebut tahun depan.

-Kalian baru saja menyelesaikan sebuah tour mengunjungi beberapa kota di Jepang, Apakah hal yang paling berkesan dalam tour kali ini?
Nanjo: Kali ini kami mengunjungi 6 kota dan setiap kota memiliki atmosfir yang berbeda. Misalnya, penonton di Oosaka terasa sangat semangat dan ceria, tapi penonton di Nagoya menikmati konser dengan lebih tenang. Jadi bagiku setiap kota sangat berkesan dan menyenangkan. Perbedaan itu juga tentu ada untuk penonton di luar negri, aku tidak sabar bertemu para  penonton Singapura malam ini.
Satoshi: Aku terkesan dengan berbagai makanan lezat di setiap kota.
Nanjo: Hahaha orang-orang biasa menjadi kurus kalau melakukan tour karena banyak konser. Tapi kita selalu mencari makanan  enak jadi semakin gendut haha.
Satoshi: Betul, dan alokohol tentunya. Tiger Beer mantap!

-Ini kedua kalinya kalian tampil di Singapura, adakah tempat yang ingin kalian kunjungi kali ini?
Nanjo: Kemarin kita mendapat banyak waktu bebas setelah rehearsal, jadi kita sudah kunjungi tempat-tempat tersebut haha. Saat pertama kali kami mengunjungi Singapura, kami tidak sempat pergi melihat Merlion yang terkenal. Aku senang karena kali ini kami akhirnya bisa melihat Merlion tersebut.

-Apa saja yang sudah kalian makan di Singapura?
Nanjo: Chicken rice,laksa,sate…
Satoshi: Kemarin kita juga makan lobster dan udang yang besar sekali. Malam dua hari yang lalu kita pergi makan ke restoran china yang terlalu mahal haha Beserta tiger beer tentunya! Mungkin kemarin aku minum lebih dari 1 liter haha.

-Apakah pesan yang terdapat di dalam album terbaru kalian?
Satoshi: Lagu utama dari album ini “infinite synthesis” merupakan lagu yang menyanyikan pesan untuk semua orang yang di Jepang maupun luar negri yang mendukung kami, karena dukungan mereka adalah yang menjadi tenaga kita. Lirik “kimi” atau “you” pada lagu itu adalah mengacu pada kalian yang mendukung kita. Karena adanya dukungan kalian kita masih bisa berjalan setelah 10 tahun berlalu. Dan yang kita dapat lakukan untuk mereka adalah terus membuat, menyanyi, dan menampilkan yang terbaik. Itulah isi dan konsep album terbaru kita.

-Sudah 10 tahun fripSide berjalan, apa perbedaan antara fripSide di saat 10 tahun yang lalu dengan sekarang?
Satoshi: Hmm…sebelum Nanjo bergabung fripSide memiliki vokalis bernama Nao. Saat itu kita masih amatir dan banyak sekali hal yang perlu dipelajari dalam proses menuju profesional. Lalu Nanjo bargabung menjadi anggota fripSide. Mulai saat itu kita melangkah ke dunia professional, dari pembentukan tim staff yang profesional hingga kontrak major debut dengan label musik ternama. Dalam diri ku kedua masa tersebut adalah sesuatu yang berbeda. Tapi bagi penggemar fripSide, fripSide tetap lah fripSide dari awal. Maka semua masa yang telah dilalui adalah proses yang berharga dan sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Jiwa fripSide tidak pernah berubah, tapi kegiatan dan skala fripSide sekarang tentu berbeda dengan 10 tahun yang lalu.

-Lagu-lagu fripSide memiliki tempo yang sangat cepat, apakah Nanjo merasa sulit menyanyikan lagu-lagu fripSide?
Nanjo: Sangat…sulit haha.
Satoshi: Sebenarnya BPM (beats per minute) lagu-lagu kita tidak terlalu cepat, mungkin sekitar 135-140. Tapi lagu-lagu kita memang rumit.
Nanjo: Muka bahagia para penonton dan band yang mengiringi dengan susah payah memberi ku dorongan (tekanan) untuk menyanyikan lagu-lagu fripSide haha

-Bagaimana kalian mendapatkan inspirasi untuk membuat music video?
Satoshi: Kalau membuat music video untuk sebuah anisong, kita berusaha untuk memasukkan unsur anime tersebut. Berusaha menyeimbangkan unsur anime tersebut dengan keunikan music video fripSide.

fripSide2

-Satoshi pernah memainkan gitar dalam sebuah konser, apakah ada rencana untuk memainkan gitar di depan penonton lagi?
Satoshi: Hmm…Dalam konser Altima aku selalu memainkan gitar. Tapi dalam konser fripSide aku harus memainkan synthesizer. Menurut ku lebih baik untuk meramaikan konser dengan digital sound yang keren daripada memainkan gitar.

-Banyak lagu fripSide digunakan sebagai theme song anime “Toaru Kagaku no Railgun”, apakah kalian menonton animenya juga? Jika iya, apa pendapat kalian terhadap anime tersebut?
Nanjo: Aku sudah melihat semua episode “Toaru Kagaku no Railgun” dan “Toaru Kagaku no Railgun S”. Aku juga memerankan karakter Maaya Awatsuki dalam anime tersebut, tapi jarang muncul sih haha Anime ini awalnya menggambarkan kehidupan sehari-hari, namun semakin mendekati akhir anime ini menjadi tegang dan serius. Adegan pertempurannya juga sangat keren. Aku sangat menikmati anime ini.
Satoshi: Lagu fripSide di mainkan sepanjang cerita di episode terakhir ya haha
Nanjo: Iya, luar biasa haha

-Nanjo adalah seorang penyanyi dan juga seiyuu, apakah Satoshi juga ingin mencoba menjadi seiyuu?
Satoshi: Aku? Kalau ada tawaran boleh haha Tapi itu cuma bercanda, aku fokus menjadi sebagai seorang sound creator saja.

-Apa peran Nanjo dalam pembuatan lagu fripSide?
Nanjo:Pembuatan lagu ya…aku hanya memberi suara pada lagu yang sudah dibuat Sato. Suaraku adalah salah satu peran atau bagian musik fripSide. Jadi aku lebih memperhatikan cara bernyanyi yang sesuai dengan musik fripSide daripada membuat musiknya sendiri.

-Kalian sudah bersama dalam fripSide selama sekitar 5 tahun, adakah pesan yang ingin kalian saling sampaikan?
Nanjo: Hahaha saling sampaikan ya. Sato-san sering mengkhawatirkan tentang berat badannya, tapi menurut ku tubuh mu sudah cukup proporsional haha.
Satoshi: Di Jepang itu lebih banyak orang yang langsing…Tapi aku merasa lebih tenang setelah datang ke Singapura, banyak orang yang tubuhnya tak berbeda jauh dengan aku haha. Kalau di Jepang aku adalah orang yang sedikit gemuk.

-Dari Satoshi untuk Nanjo?
Satoshi: Aku lihat Nanjo banyak sekali kegiatan dan sangat sibuk. Pesanku jangan sampai sakit, semoga sehat selalu.

-Apa kegiatan dan rencana fripSide brikutnya?
Satoshi: Ada beberapa, tapi aku belum bisa mengatakannya. Tunggu saja waktunya tiba.

-Adakah pesan untuk penggemar kalian di Asia?
Nanjo: Karena pusat kita di Jepang, kita jarang bisa mengunjungi luar negri. Tapi tidak sedikit orang yang datang ke konser atau acara kami dari luar negri. Aku juga mendengar banyak suara dari penggemar luar negri di Twitter dan Instagram. Hal itu sangat menyenangkan dan memotivasi. Aku harap makin banyak kesempatan untuk berjumpa kalian di acara seperti AFA.
Satoshi: Ingin melakukan World Tour ya haha

-Kami Tunggu!
Satoshi: Orang ini sibuk sih hahaha (sambil menunjuk Nanjo) Aku siap kapan pun! Menurut ku, musik yang aku buat, digital J-Pop, merupakan musik khas Jepang yang sangat unik. Dan aku sangat senang mendengar respon positif mengenai musik yang aku buat dari orang-orang di luar negri. Datang ke Jepang dari luar negri untuk melihat konser kita bukanlah hal yang mudah. Jadi aku menurut ku, memang lebih baik kalau kita yang datang mengunjungi kalian.

Adakah diantara kalian yang merupakan penggemar setia fripSide? Mari tunggu penampilan mereka selanjutnya!