Twitter Resmi Anime Kancolle Umumkan Larangan Pembuatan Beberapa Jenis Doujin!

December 23, 2014 6:51 pm
Twitter Resmi Anime Kancolle Umumkan Larangan Pembuatan Beberapa Jenis Doujin!

Tidak dapat dipungkiri, Doujin atau derivative works merupakan salah satu aspek pop-kultur terbesar di Jepang sebagai perpanjangan dari anime dan manga konvensional. Event doujin terbesar di dunia, Comiket pun juga senantiasa berkembang dari tahun ke tahun. Tapi meskipun memang jarang sekali terdengar larangan atau aturan khusus untuk memproduksi barang yang memang bisa dibilang ada di wilayah “abu-abu” ini, suara itu tetap ada. Yang mengagetkan kali ini adalah “aturan” tersebut datang untuk seri yang mulai mendominasi lantai Comiket, Kantai Collection!

Kantai Collection akhirnya berhasil menggeser Touhou sebagai seri yang paling mendominasi circle-circle Comiket sejak Comiket 86 tengah tahun lalu. Namun twitter resmi dari anime Kancolle mengumumkan beberapa poin yang intinya melarang pembuatan doujin tertentu yang didasari dari seri kapal moe tersebut dengan beberapa catatan:

Poin penting yang harus diperhatikan oleh seluruh pembuat doujin/derivative work (alternative world, artwork, side story, fan fiction, doujinshi, dll) yang berkaitan dengan Kancolle:
no doujin kancolle 1
1. Dilarang membuat karya yang bertentangan dengan hukum, etika dan moral.

no doujin kancolle 2
2. Dilarang membuat karya berupa buku atau karya cetak lainnya menggunkan gambar dari anime atau game yang dijiplak mentah-mentah tanpa edit yang diproduksi tanpa ijin pemegang hak cipta.

no doujin kancolle 3
3. Dilarang mereproduksi musik dari anime/game yang dijiplak mentah-mentah tanpa ijin pemegang hak cipta dalam CD atau bentuk rekaman lain.

Meskipun memang terdengar seperti larangan yang biasa ada (tidak menggunakan gambar resmi tanpa ijin), kemungkinan kalau melihat poin 1, kita akan melihat pengurangan karya ero-doujin dari seri Kantai Collection. Atau mungkin beberapa genre dari karya tersebut, atau mungkin lainnya.

Pernyataan tersebut memang mengundang banyak pertanyaan, pihak resminya pun mengantisipasinya dengan menambahkan catatan bahwa “mereka mungkin tidak akan bisa merespon satu-satu pertanyaan mengenai pengumuman tersebut”. Wajar, pasti banyak pembuat doujin yang kebingungan dengan ini, apalagi Comiket 87 tinggal kurang dari seminggu lagi.

Sumber: @anime_Kancolle
Header: pixiv