MikuMikuDance Memasuki Steam Greenlight

December 27, 2014 10:00 am
MikuMikuDance Memasuki Steam Greenlight

Aplikasi freeware MikuMikuDance sudah bertahun-tahun menghasilkan banyak video untuk NicoNico Douga dan Youtube dan juga selalu diramaikan tiap tahunnya dengan MMD Cup dengan berbagai tema, baik yang keren, lucu, menyentuh, dan lain-lainnya. Menariknya, MikuMikuDance tiba-tiba saja muncul di Steam Greenlight.

MikuMikuDance atau MMD dapat digunakan untuk membuat video animasi 3D menggunakan model-model yang dibuat dengan bebas oleh para penggunanya, yang mana kebanyakan adalah karakter-karakter dari game, anime, dan lain-lainnya (yang paling populer adalah Vocaloid, Touhou, dan belakangan ini, Kancolle).

Salah satu penggunaan MMD yang unik

Meskipun aplikasi ini gratis dan juga tersedia dalam bahasa Inggris, MikuMikuDance tampil di Steam Greenlight pada tanggal 26 Desember 2014 yang lalu oleh Sekai Project. Sekai Project sendiri telah memasukkan visual novel seperti Narcissu, Planetarian, World End Economica, dan Nekopara ke Steam, dan juga membuka proyek Kickstarter dari Clannad dan Grisaia no Kajitsu.

mmdsteam1

Steam Greenlight adalah sebuah sistem di Steam di mana game (atau di kasus ini, aplikasi) akan dinilai oleh para pengguna Steam apakah game tersebut pantas untuk ditampilkan di Steam. Banyak game indie dan juga game-game doujin atau visual novel dari Jepang yang diterjemahkan ke bahasa Inggris telah memasuki Steam Greenlight dan melewatinya seperti Narcissu.

Masih belum diketahui apa keuntungan dari membawa MMD ke Steam mengingat seperti yang sudah disebut, MMD sudah tersedia secara gratis dan dalam bahasa Inggris. Tetapi jika Sekai Project bisa membuat MMD terintegrasi dengan Steam Workshop, itu akan menjadi hal yang sangat menarik. Dan setidaknya Sekai Project menyebut kalau MMD adalah Freeware.

Video MMD dengan semua model MMD “Miku” yang pernah ada

Apakah Anda tertarik dengan masuknya MMD ke Steam? Bila ya, jangan lupa untuk mengunjungi halaman Steam Greenlightnya dan memilih “Yes” agar software ini dapat tampil di Steam.