Seiyuu Muda Arata Ito Membersihkan Sampah Sisa Pengunjung Comiket

December 29, 2014 2:13 pm
Seiyuu Muda Arata Ito Membersihkan Sampah Sisa Pengunjung Comiket

Dimanapun sebuah acara besar digelar, tentunya akan ada tumpukan sampah yang akan menggunung hasil buangan para pengunjung. Bahkan di Jepang misalnya, sampah sisa pesta Halloween berserakan di jalanan Shibuya, beberapa bahkan melewati batas menjijikkan. Saat ini, ada sebuah acara besar yang sedang berlangsung di Jepang, dan acara tersebut adalah Comiket 87.

Demi kelangsungan acara yang nyaman, seorang seiyuu muda, Arata Ito kemudian mengumpulkan sampah-sampah yang sudah dibuang secara sembarangan oleh para pengunjung comiket. Aksi ini direkam olehnya lewat unggahan twitternya yang sampai saat ini sudah diretweet sebanyak hampir 20.000 kali. Diharapkan aksi ini akan mengundang kesadaran para pengunjung untuk lebih memperhatikan venue tempat acara dilaksanakan.

sampah comiket dibersihkan seiyuu (2) sampah comiket dibersihkan seiyuu (3)

Tweet milik Ito mengingatkan saya kepada salah satu adegan di manga BECK dimana Koyuki bermimpi para pemusik dunia bergabung untuk membersihkan sampah mereka sendiri setelah konser selesai. Saya harap banyak orang yang lebih sadar terhadap dampak dari dibuangnya sampah mereka secara sembarangan. Namun bila saya harus membandingkan dengan acara di Indonesia, menurut foto yang saya ambil pada acara AFA ID 2013 di bawah ini, orang Indonesia masih harus banyak belajar.

sampah comiket dibersihkan seiyuu (4)

sumber: ANN