Model Kit Buatan McModel Dijual Lebih Mahal di Jepang Ketimbang Model Aslinya

January 6, 2015 17:30
Model Kit Buatan McModel Dijual Lebih Mahal di Jepang Ketimbang Model Aslinya

Seperti yang kita tahu, Bandai bukanlah satu-satunya pembuat model kit di luar sana. Banyak perusahaan pihak ketiga (3rd party, baik yang memiliki lisensi ataupun tidak) yang juga memproduksi barang-barang bertema gundam, mulai dari perlengkapan gundam, part tambahan untuk kustomisasi gundamnya, tiruan produk yang sudah beredar di pasar, sampai ke model kit yang belum pernah dirilis oleh sang pemegang lisensi, menunjukkan betapa kreatifnya para perusahaan ini mencari kesempatan.

mcmodel harga melebihi bandai (2)

Salah satu dari perusahaan tersebut bernama McModel, dan perusahaan ini telah memproduksi berbagai macam kit yang bisa dibilang, berbeda dengan keluaran Bandai. McModel merilis Gundam dengan nama Gundoom dan biasanya mengambil desain dari resin kit pabrikan tangan ketiga. Sehingga, mereka yang tidak bisa merakit dengan resin atau waktunya terlalu sedikit untuk membersihkan residunya, bisa merakit kit dari resin tersebut dengan lebih mudah.

mcmodel harga melebihi bandai

Saat ini, di salah satu toko online di Jepang yang bernama Mandarake, Mandarake sudah berdiri sejak tahun 1987 dan awalnya bergerak sebagai toko manga 2nd, sekarang Mandarake adalah toko merchandise anime dan manga terbesar di dunia. 3 buah produk McModel ternyata berhasil menembus pasarnya, dan produk tersebut dijual dengan harga yang cukup tinggi. Produk yang dijual adalah Xi Gundoom, SD Deep Striker Gundoom, dan vGundoom HWS.

mcmodel harga melebihi bandai (2) mcmodel harga melebihi bandai (3) mcmodel harga melebihi bandai

Bagi kamu yang cukup familiar dengan dunia pergundaman, tentu kamu sudah menyadari kalau harga ini setidaknya 2 kali lipat harga dijualnya kit yang bersangkutan di belahan dunia lainnya. Bahkan harga Xi Gundoom ini melebihi harga Robot Damashii Ka Signature Xi Gundam buatan Bandai yang notabene, limited.

mcmodel harga melebihi bandai (5)

Apakah yang menyebabkan tingginya harga dari kit-kit tersebut? Barang yang dijual oleh Mandarake pun adalah barang bekas, namun sepertinya masih belum dirakit. Menurut saya sendiri, selain memang kemudahan merakit tanpa harus membersihkan residu resin dan mengecatnya seperti bila kamu membeli resinnya, produk ini pun jarang dijumpai di Jepang, membuat nilai kelangkaannya dihargai cukup tinggi.

mcmodel harga melebihi bandai (3)

 

Untuk alternatif yang lebih murah, di Yahoo Auction Japan Xi Gundoom milik McModel dijual dengan harga awal 12,000 yen.

Mungkin apresiasi orang Jepang terhadap kit ini pun ternyata terbukti tinggi, lebih tinggi dari harga aslinya. Namun apakah kamu memiliki pendapat lain?

Sorry. No data so far.