Kibarkan Bendera Perang, Laksamana KanColle dari Seluruh Dunia Serbu “KanColle Palsu”

January 20, 2015 7:32 pm
Kibarkan Bendera Perang, Laksamana KanColle dari Seluruh Dunia Serbu “KanColle Palsu”

Dimana ada gula, disitu ada semut. Apapun yang populer akan dikelilingi oleh penggemarnya, tak terkecuali game fenomenal Kantai Collection yang sedang booming sampai saat ini. Game browser yang mengangkat tema moefikasi kapal perang ini sangat digandrungi, baik oleh pemain Jepang, maupun sayamancanegara. Namun, tidak hanya pemainnya saja yang mengerubunginya, tapi juga tiruan game serupa yang kemudian bermunculan satu demi satu.

penggemar kancolle marah rumah direbut (5)

Komunitas Kantai Collection pun tumbuh subur dan berkembang biak layaknya jamur, ada dimana-mana karena mudahnya akses internet bagi para pemainnya. Di antara banyaknya komunitas yang berkembang, ada sebuah komunitas raksasa penggemar Kantai Collection dari China yang berbasis di Tieba, forum mandiri milik perusahaan IT, Baidu. Komunitas tersebut tumbuh lebih pesat dan besar dari komunitas kecil lainnya, namun kedamaian komunitas tersebut harus tiba-tiba berubah menjadi salah satu perang cyber paling besar di awal tahun ini.

Baru-baru ini, telah terjadi sebuah ‘perang’ di dunia maya, dimana para penggemar Kantai Collection harus berjuang melawan sebuah perusahaan game yang berusaha memanfaatkan kepopuleran game browser tersebut. Game yang dimaksud bukanlah game Pao Mei yang sempat diberitakan sebelumnya, namun sebuah game browser lain yang berencana mengambil alih penggemar Kantai Collection di China untuk menjadi penggemar game Kantai Collection ‘KW’ miliknya.

Kata kunci:

  • Baidu: Perusahaan IT besar di China, pemilik forum Tieba dan search engine yang digunakan di negaranya.
  • Tieba KanColle: Sub-forum Tieba yang membahas KanColle, juga yang terbesar diantara sub-forum lainnya.
  • Kantai World: Game yang menjiplak Kantai Collection dengan klaim bahwa mereka adalah game “Kantai Collection Server Khusus China.

Jiplakan mentah-mentah Kantai Collection

Berbeda dengan Pao Mei yang ‘setidaknya’ mengambil gambar-gambar dari Pixiv selain meniru gambar Kantai Collection, game yang disebut dengan ‘Kantai World’ ini menjiplak terang-terangan semua tentang Kantai Collection. Mereka mengganti tampilan kanmusu di halaman pembuka game, namun mereka sama sekali tidak memodifikasi gambar kanmusu yang mereka gunakan untuk menutupi lambang lama Kantai Collection. Mereka menggunakan gambar Kinugasa, Noshiro, Hatsukaze, Isuzu kai ni, dan Yahagi.

penggemar kancolle marah rumah direbut (2)

Tidak hanya itu, gameplay dari game ini pun adalah jiplakan mentah-mentah dari Kantai Collection. Mereka mengubah beberapa nama kapal dan mengganti bahasa pengantarnya menjadi bahasa China, tapi selain itu, sepertinya mereka tidak terlalu berusaha. Kantai World juga memiliki perhitungan RNG yang berbeda, dapat dilihat dari resep kapal yang tidak konsisten, resep kapal kecil dapat menghasilkan kapal aircraft carrier Souryuu.

Game ini pun sempat menjadi sorotan media online Jepang, Huffington Post yang berafiliasi dengan Asahi Shimbun.

Merebut fansite KanColle secara paksa dengan kekuatan uang

Menurut para pemain KanColle di China yang melaporkan kejadian ini di salah satu forum KanColle terbesar, Himeuta, di tanggal 14 Januari silam, forum Tieba KanColle telah dibeli oleh pemilik ‘Kantai World’ dengan harga 700.000 Yuan atau hampir setara dengan 1,5 milyar rupiah. Moderator aktif forum tersebut kemudian diberhentikan secara sepihak dengan berbagai alasan fiktif. Kemudian Baidu mengangkat user athlon18 sebagai moderator global forum tersebut, posisi yang seharusnya membutuhkan beberapa minggu lewat pemilihan suara oleh anggota. Athlon18 yang terpilih dalam hitungan jam kemudian diidentifikasi sebagai pemilik ‘Kantai World’ yang telah membeli forum Tieba KanColle.

penggemar kancolle marah rumah direbut (3)
sumber gambar: Nerdreactor

Para pengguna kemudian mendapati ‘rumah’ mereka dipenuhi oleh iklan-iklan yang mempromosikan Kantai World, KanColle palsu. Komunitas KanColle ini merupakan salah satu yang terbesar di China (kalau bukan yang terbesar), mereka memiliki pengguna lebih dari 6 digit, dan bayangkan apa yang terjadi bila mereka semua marah kepadamu.

Setelah para pengguna memastikan bahwa Baidu dan athlon18 sudah bekerja sama di balik layar, maka hal ini menandakan mulainya perang cyber besar antara para pengguna dengan ‘rumah’ mereka sendiri.

Mulai dari doujinshi, sampai bantuan dari seluruh dunia

Saat kapal perang dianggap sudah tidak memenuhi syarat untuk bertempur, seorang admiral harus menenggelamkannya supaya kapal tersebut tidak direbut oleh kapal musuh. Jalan tersebutlah yang kemudian diambil oleh para pengguna asli forum, “Bila kami sudah tidak bisa menempati ‘rumah’ kami, lebih baik ditenggelamkan saja.“, pendapat salah satu penggunanya. Para pengguna yang aktif kemudian membanjiri Tieba KanColle dengan doujinshi mesum dengan harapan Baidu akan menutup Tieba KanColle. Namun hal ini membuat admin Baidu mengaktifkan mode moderator-only sehingga hanya moderator saja yang dapat menggunakan forum tersebut.

penggemar kancolle marah rumah direbut
Tentunya dengan doujinshi yang jauh lebih seksi daripada ini

Tidak bisa menduduki forum mereka, para pengguna kemudian mengalihkan serangan mereka kepada situs milik Kantai World. Pada awalnya mereka meretas ke dalam situsnya, mengganti semua tulisannya serta menukar link yang ada di dalamnya ke arah situs-situs pornografi. Hal ini menyebabkan Kantai World harus menunda perilisan game mereka. Kata kunci 700,000 (menandakan jumlah mata uang Yuan yang dibayarkan kepada Baidu) mulai muncul di media sosial sampai ke akun KanColle_STAFF, staf resmi KanColle. Mereka merespon dengan mengatakan bahwa para pemain KanColle pada dasarnya adalah satu keluarga, sebuah pernyataan yang sepertinya memperkuat serangan-serangan berikutnya.

Tidak hanya melakukan serangan DDOS kepada server, para pengguna terus melancarkan serangan sehingga server dan situs milik Kantai World tidak bisa lagi bekerja dengan normal. Tidak lama kemudian, para penyerang bertambah banyak, bukan hanya dari pengguna Tieba saja, tapi juga dari berbagai pelosok online di China, mulai dari situs-situs penggemar animenya sampai ke situs besar gaming seperti Youxia ikut menyerang server Kantai World dengan satu tujuan, orang China tidak mau dibodohi.

penggemar kancolle marah rumah direbut penggemar kancolle marah rumah direbut (4)
Serangan para peretas terhadap server Kantai World yang ada di Amerika

Mereka juga menemukan fakta bahwa server Kantai World ternyata terletak di Amerika, sehingga para pemain kemudian membuat sebuah petisi yang harus ditandatangani 100,000 pemain supaya pemerintah Amerika mau menutup server tersebut.

Server Kantai World terus menerima serangan tanpa henti, namun sempat terhenti sesaat karena oknum tidak bertanggung jawab memberikan target server yang salah sehingga para peretas secara tidak sengaja menyerang situs yang salah. Besarnya skala peperangan pun sudah mencapai skala dunia, para pemain KanColle di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menerima berita tentang hal ini pun ikut membantu mereka untuk menyerang server Kantai World, buktinya lihat saja tracking serangan yang semuanya berpusat di server Kantai World ini.

Keadaan saat ini

Perang cyber masih terus berlanjut, para peretas tidak henti-hentinya mencari celah untuk menghancurkan server dari dalam dan mengekspos kejahatan Baidu dan athlon18 kepada dunia. Sedangkan server Kantai World sendiri terus mencari cara untuk menghindar dari serangan para peretas, mulai dari membuat target palsu sampai sembunyi-sembunyi menyalakan dan mematikan server (kalau tidak ‘dimatikan’ oleh para peretas.) Bagi kamu yang ingin melihat kronologi peretasan para peretas ke server Kantai World, kamu bisa melihatnya di tautan ini.

Dampak dari perang ini pun cukup besar, hampir seluruh media gaming China meliput peperangan ini, 42 pegawai Baidu dikabarkan diberhentikan dari posisinya, bahkan ada yang menyebarkan rumor kalau salah satu pemain KanColle yang juga polisi tinggal di area tempat athlon18 tinggal dan menghajarnya hingga babak belur.

penggemar kancolle marah rumah direbut (6)
sumber gambar: pixiv/gongol011

Saat ini, server Kantai World masih mencoba untuk tidak menarik perhatian para peretas, dan server mereka pun tidak dapat dicari lewat search engine Baidu untuk sementara. Namun para peretas telah mengumumkan kalau mereka siap berperang kapan saja. Setiap kali server Kantai World muncul, maka akan langsung dibombardir oleh serangan.

Perang ini menunjukkan sebuah persatuan pemain game yang tidak mau kebebasan bermain mereka direbut paksa oleh penjajah, dan mereka juga ingin membuktikan kalau warga China sendiri tidak mau selalu dicap sebagai ‘negara peniru’. Siapakah yang akan memenangkan perang ini? Sampai kapankah perang ini akan terus berjalan? Apakah kapal Tieba akan karam di tangan para penghuninya? Tidak ada yang tahu, setidaknya, untuk sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi tautan ini.

gambar: pixiv/jeanex