Episode 3 Kantai Collection Gemparkan Laksamana Dan Netizen Jepang

January 23, 2015 5:45 pm
Episode 3 Kantai Collection Gemparkan Laksamana Dan Netizen Jepang

SPOILER ALERT: Artikel berikut ini akan mengandung spoiler bagi kamu yang belum menonton anime Kantai Collection. Bila kamu belum sempat menontonnya, disarankan bagi kamu untuk cepat-cepat menutup halaman ini supaya kenikmatan menontonnya tidak berkurang.

Kantai Collection, adalah sebuah seri yang diawali dengan sebuah game browser yang menjadi hit di Jepang dan kemudian di seluruh dunia. Moefikasi kapal perang menjadi imut dan cantik membuat jutaan pemainnya langsung menganggap dirinya adalah seorang admiral (sort of). Pada season ini, mereka mendapatkan sebuah adaptasi anime, dengan Diomedea sebagai studio animasinya, tentunya anime ini bisa menjadi anime dengan kualitas yang baik.

Berita sebelum ini mengatakan kalau animasi Kantai Collection akan memfokuskan diri mereka lebih banyak ke adegan sehari-hari para kanmusu. Dengan pembagian 70% keseharian dan 30% peperangan, tidak heran kalau akan ada banyak orang yang berpikir kalau anime ini akan menjadi sangat damai. Namun, mungkin yang terlewatkan dari mereka adalah bisa saja artinya dalam satu episode akan terjadi 70% keseharian dan 30% peperangan juga, rasio yang sama persis.

kisaragi anime kantai collection ep 3 (3)

Sehingga, episode 3 membuktikan kalau hal ini adalah nyata, Kantai Collection bukanlah anime yang benar-benar damai seperti yang sudah diduga. Di penghujung episode 2, bermunculan banyak spekulasi, karena dalam operasi “The Capture of Wake Island“, sebuah kapal akan karam karena dibombardir saat menarik diri dari medan perang. Kapal tersebut, adalah kapal destroyer Kisaragi.

Episode 3 terbukti menjadi episode yang sangat ditunggu-tunggu oleh para teitoku (admiral) di seluruh dunia. Seperti apakah nasib anime ini ke depannya dan kemungkinan jalan ceritanya akan ditentukan di episode ini. Apakah KanColle akan menjadi anime damai, atau akan menjadi anime yang tragis.

kisaragi anime kantai collection ep 3 (2)

22 Januari 2015, di akhir episode 3, saat pertarungan sudah hampir selesai dan Kisaragi yang sedang menarik diri dari pertempuran melihat adanya light carrier musuh di kejauhan. Namun saat dia sadar, sebuah bom sudah dijatuhkan tepat diatas kepalanya. Sama seperti nasib IJN Kisaragi yang tenggelam karena bombardir 4 buah F4F Wildcat yang berisikan bom anti kapal selam. Detik berikutnya, Kisaragi telah karam ke dalam dasar laut.

kisaragi anime kantai collection ep 3

Dunia internet pun gempar, sebagai imbasnya, banyak orang yang belum sempat menonton anime ini pun terpaparkan oleh spoiler dari mereka yang sudah menontonnya. Bila kamu mencari kata pencarian “Kisaragi” di Twitter Jepang, maka kamu akan mendapatkan lebih dari 8,000 hasil pencarian. Gabungkan dengan kata “Tenggelam” maka kamu akan mendapatkan 10,000 hasil pencarian. Bila kamu mencarinya di Yahoo Jepang pun akan ada hasil lebih dari 300,000 pencarian.

kancolle kisaragi hasil pencarian

Tidak hanya itu, di dunia fanart pun terjadi lonjakan fanart milik Kisaragi, yang kebanyakan antara mencoba menolong, mengirimkan repair goddess, mengubahnya menjadi shinkaisei-kan, atau memberikannya sebuah penghormatan yang terakhir.

kisaragi fanart episode 3 (2)
sumber

kisaragi fanart episode 3 (3)
sumber

kisaragi fanart episode 3 (4)
sumber

kisaragi fanart episode 3
sumber

Seperti apakah nasib anime Kantai Collection di masa depan? Apakah anime ini akan berjalan dengan ditentukan oleh sejarah, ataukah mereka akan mengubah sejarah. Memang, menjadi kanmusu bukan berarti kemudian mereka harus memiliki nasib yang sama dengan kapal pendahulunya yang tenggelam di Perang Dunia Kedua, namun bila mereka memiliki strategi dan jalan cerita yang sama dengan perang 80 tahun lalu, tidak menutup kemungkinan anime Kantai Collection akan menjadi anime yang tragis.

sumber: Yahoo.co.jp
gambar: pixiv/930