[AFASG14 Interview] Kitamura Eri

January 25, 2015 4:17 pm
[AFASG14 Interview] Kitamura Eri

Dalam gelaran AFA SG beberapa waktu lalu, Kitamura Eri berbicara banyak hal dengan media. Mari lihat apa yang ia katakan pada media mengenai lagu, anime dan lainnya disini:

-Ini pertama kalinya anda tampil di Singapura, apakah anda menyukai kota Singapura?

Kitamura Eri (berikutnya KitaEri): Iya ini pertama kalinya aku datang ke Singapura. Jadwal dari saat mendarat hingga saat ini sangat padat, jadi aku belum sempat melihat suasana kota Singapura. Aku baru mulai “terbiasa” dengan kota ini.

-Anda adalah seorang penggemar anime, game, dan juga manga. Seri apa yang menjadi favorit anda?

KitaEri: Ada terlalu banyak karya yang saya sukai untuk memilih hanya satu atau dua yang terfavorit.  Karya yang aku sukai sangat berbeda tergantung pada genre, karakter, dan cerita. Aku tidak bisa mengurutkan karya-karya kesukaanku.

-Anda sudah memerankan banyak karakter, karakter mana yang menurut anda mirip dengan diri anda sendiri?

KitaEri: Tentu karakter-karakter memiliki penampilan yang jauh lebih cantik, imut, atau keren dari aku. Aku tidak berusaha untuk menjadi mirip dengan mereka, tetapi selalu berusaha untuk memerankan sebagai mereka. Jadi….susah untuk memilih karakter yang mirip.

-Anda adalah seorang seiyuu dan juga seorang penyanyi. Mana yang anda lebih sukai, saat menjadi seiyuu atau penyanyi?

KitaEri: Aku tidak bisa memilihnya! Haha! Saat aku menjadi seiyuu aku bisa menikmati kisah seorang karakter selain diriku. Sebagai penyanyi aku bisa mencoba dan menikmati keinginanku diriku sendiri. Kedua hal itu memiliki keasikan yang berbeda jadi aku tidak bisa memilihnya.

-Sejak kapan anda memiliki keinginan untuk menajadi seiyuu atau penyanyi?

KitaEri: Sejak aku kecil aku menyukai anime, game dan manga. Ibuku juga menyukai pekerjaan seiyuu sejak lama, jadi aku pun sudah mengetahui adanya pekerjaan seiyuu sejak kecil. Aku merasa iri kepada mereka dapat memiliki pekerjaan kreatif dengan hal-hal yang aku sukai. Maka aku juga berusaha untuk menjadi seiyuu agar dapat menjadi salah satu bagian dari hal-hal yang aku sukai.

-Apa yang anda sukai dari “Knight of Sidonia”?

KitaEri: Hmm…ada banyak sebenarnya. Aku juga suka anime SF/Mecha, menurutku bagian Nagate meluncur keluar angkasa dengan Tsugumori itu gambarnya sangat bagus dan keren. Aku juga sangat menyukai saat pasukan Sidonia membentuk formasi Shoui (formasi lingkaran). Saat aku menulis lirik untuk lagu ending Knight of Sydnia berjudul “show”, aku mendapat inspirasi dari formasi tersebut.

アー写2

-Anda memiliki dan menangani sebuah fashion brand “Ghost Chest”. Apa alasan anda memulai kegiatan tersebut?

KitaEri: Saat aku mencari baju untuk manggung, jarang sekali aku dapat menemukan yang sesuai dengan keinginanku. Jadi aku pikir bikin saja sendiri baju yang sesuai keinginanku, itu lah asal mula dari pembuatan Ghost Chest. Baju-baju Ghost Chest bermotif ghotic dan identik dengan warna hitam. Aku mendesign baju yang aku ingin pakai saat konser ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

-Anda juga terkenal sebagai seiyuu yang jago gambar, adakah gambar yang kamu banggakan?

KitaEri: Tidak ada! haha Bagi ku menggambar itu hanya sekedar hobi. Apalagi melihat gambar-gambar mangaka yang aku sukai atau gambar teman seiyuu yang jauh lebih bagus, dibanding gambar mereka gambarku hanya sekedar corat-coret haha. Aku hanya menggambar apa yang terungkap dalam khayalanku.

-Apakah ada perbedaan saat memerankan karakter laki-laki dengan perempuan?

KitaEri: Ya, tentu ada. Walaupun kalimat yang di ucapkan sama, besar suara dan cara pengucapannya sangat berbeda anatara laki-laki dan perempuan. Aku kadang pergi ke restoran untuk memperhatikan dan mempelajari perbedaan cara laki-laki dan perempuan mengeluarkan suara. Aku juga selalu memperhatikan cara mengeluarkan suara sesuai dengan jenis kelamin karakter.

-Siapa seiyuu dan penyanyi favorit anda?

KitaEri: Tidak bisa memilih! Ya, lagi-lagi haha Karena setiap orang memiliki suara dan cara mengungkapkan yang berbeda, masing-masing mereka juga memiliki kebaikan yang berbeda. Misalnya, kini aku sedang bekerja bersama Nana Mizuki untuk Cross Ange, menurutku dia memiliki teknik yang matang dan warna (jenis) suara yang sangat powerful. Aku kagum dengan orang yang memiliki kebaikan atau kemampuan yang aku tidak miliki, jadi aku tidak memilih siapa favoritku.

-Apa yang anda biasa lakukan sebelum hari konser atau naik ke atas panggung?

KitaEri: Aku mendengar lagu diri ku sendiri berulang kali sambil mensimulasikan konsernya di depan kaca. Tapi ketika naik ke panggung beneran saya selalu melupakan segalanya yang sudah di simulasikan haha.

-Apakah anda jago melakukan improvisasi dalam konser?

KitaEri: Memang respon dari penonton dalam simulasi dengan konser sungguhan selalu berbeda. Aku selalu berusaha mengungkapkan apa yang kurasakan dalam konser sesuai respon dari penonton saat itu juga, tetapi konser selalu selasai begitu cepat sebelum aku dapat mengunkapkan semua perasaanku. Jadi mungkin aku kurang jago berimprovisasi. Menurutku justru para penonton yang jago berimprovisasi makanya aku juga bisa memberikan yang terbaik.

-Adakah artis yang ingin anda coba untuk berkolaborasi?

KitaEri: Hmm…jenis musik yang aku sukai adalah metal atau rock dan meskipun aku biasa memerankan karakter yang  memiliki nada suara tinggi, tapi sebenarnya nada suara menyanyiku cukup rendah. Jadi mungkin aku lebih cocok menyanyikan lagu di nada pria (nada rendah). Sebenarnya ada banyak artis perempuan yang aku suka juga, tapi aku tidak yakin bisa menyanyikan bersama mereka di nada yang sama haha Jadi aku belum berani mengajukan perminataan untuk berkolaborasi ke siapapun.

-Apakah metal/rock band yang anda paling sukai?

KitaEri: Tentu aku tidak bisa memilih nomor satu juga untuk pertanyaan ini haha Aku suka mendengar metal band yang memiliki vokalis wanita seperti Nightwish, Delain, Arch Enemy, dan juga Unsun. Aku suka mendengar lagu-lagu metal Eropa utara, dari band indie hingga major. Yang paling sering didengar mungkin Unsung dan Within Temptation. Lainnya rahasia! haha

Adakah pesan atau pendapat untuk penggemar anda di Singapura?

KitaEri: Aku sangat penasaran bagaimana karakter yang pernah aku perankan beserta karyanya diterima oleh penggemar anime atau anisong di negara ini dan apakah mereka mengenal Kitaeri juga. Semoga mereka mengenalnya, dan juga menyukai! haha

Itu dia sekilas percakapan media dengan Kitamura Eri. Buat para penggemarnya, apakah pertanyaan kalian ada yang terjawab disitu?

sumber foto: Anime Festival Asia