Bagaimana Seandainya Peperangan Antara Kapal di Anime Kantai Collection Dianimasikan Seperti Ini

January 26, 2015 20:07
Bagaimana Seandainya Peperangan Antara Kapal di Anime Kantai Collection Dianimasikan Seperti Ini

Kantai Collection merupakan salah satu anime yang paling saya tunggu di season ini, setelah teracuni dengan sukses di pertengahan tahun 2014 oleh Nugrahadi dan beberapa teman lain, sebagai seorang self-proclaimedAdmiral sepertinya melewatkan anime ini adalah sesuatu yang tabu, haram, tidak termaafkan. Salah satu yang membuat saya semangat adalah akhirnya saya bisa melihat para kanmusu saya berperang secara asli di dunia animasi, bukan hanya di dunia game saja.

kancolle battle concept yang berbeda

Selepas trailer pertamanya, saya merasakan ada yang kurang pas dengan imajinasi saya, seperti bagaimana postur mereka (terutama Kongou) yang begitu kaku dan kurang dinamis. Saya tahu kalau kapal perang memang tidak dapat bergerak bebas, apalagi bergoyang ke kanan dan ke kiri ala seorang peselancar sambil menembakkan meriam mereka. Namun saya punya kepercayaan kalau para kanmusu berbeda dengan kapal perang pada umumnya dan sudah sepantasnya mereka dapat bergerak dengan bebas di atas air.

Saya buang jauh-jauh pikiran negatif tersebut dan kembali berharap pada episode pertama animenya, supaya mereka dapat memperbaikinya. Tetapi, pikiran tersebut kembali datang setelah episode pertamanya tayang. Postur tubuh setiap kanmusu masih terasa sedikit kaku, realistis memang, tapi bukankah karena ini anime maka imajinasi menjadi sesuatu yang penting? Apalagi bila menyangkut sesuatu yang se-tidak realistis moefikasi kapal perang?

I would love to see this in the anime, I might be pushing it, but I know I will LOVE it.

Setelah menggali-gali dunia internet, ternyata ada yang memiliki pendapat sama seperti saya. Dengan nama akun twitter, @koharu_tanonaka, dia meretweet beberapa adegan yang begitu luwes, dan persis dengan pengharapan saya seperti apa seharusnya peperangan dalam anime Kantai Collection terlaksana.

Yang pertama adalah bagaimana Plasma-chanInazuma menghajar habis sebuah destroyer i-class shinkansei-kan dengan tinjunya.

Yang kedua adalah beberapa destroyer Ha-class shinkaisei-kan yang dibantai oleh Tatsuta. Tatsuta memang digambarkan sebagai wanita selalu tersenyum, tapi di balik senyumnya, dia licik dan sepertinya haus darah, dan di animasi ini emosi tersebut dapat tersampaikan dengan luar biasa baik.

Yang terakhir adalah apa yang saya harapkan seharusnya di animenya, gambar gif dibawah ini memperlihatkan pertarungan antara Re-class battleship dengan destroyer Ayanami kai-ni. Pergerakan Ayanami yang luwes, pengambilan gambar yang dinamis serta halusnya keseluruhan gambar gif ini mewakili apa yang saya inginkan tentang bagaimana seharusnya peperangan dalam animenya.

Beberapa pertarungan lain dalam bentuk gambar gif juga dapat kamu lihat di halaman Pixiv ilustrator dengan nama Magatsu. Pertarungannya antara lain memperlihatkan Akitsumaru berduel dengan Tatsuta, Hyuuga melawan Wo-class carrier, dan Kaga, Tenryuu, Shimakaze, dan Ryuujou melawan Hoppo.

Namun pada akhirnya, ini hanyalah opini saya, dan karena studio Diomedea menggunakan 3D CG dalam peperangannya, tentu mereka tidak bisa melakukan animasi diatas semudah itu. Secara overall, saya cukup puas dengan apa yang mereka persembahkan, diatas segala kekurangannya, kalau ada.

Super Robot Wars?

Kalau kamu, adegan peperangan seperti apakah yang kamu inginkan? Seperti animasi diatas? Atau seperti animasi dari Arpeggio? Atau kamu lebih suka adegan yang bisa dibilang realistis seperti apa yang disajikan sekarang?

gambar: Pixiv/Rakku