[3 Eps Rule] Kantai Collection

January 28, 2015 8:06 pm
[3 Eps Rule] Kantai Collection

Kantai Collection, anime yang diadaptasi dari game yang mengangkat tema moefikasi kapal perang dunia kedua mungkin adalah salah satu yang budgetnya paling luar biasa di tahun ini. Gamenya dirilis pada bulan April tahun 2013, saya memulai karir sebagai Teitokukarbitan (Admiral) pada tengah tahun 2014, merchandisenya membanjiri pasaran mulai akhir 2014 dan di tahun 2015 ini, saya bisa melihat para kanmusu saya dianimasikan, seriously, I can’t ask for more. Except for more merchandises.

Kantai Collection 3 eps rule joi (4)

Anime ini baru saja melewati episode ketiganya, yang terkenal sebagai episode yang cukup mengejutkan para teitoku. Episode 3 ini juga membuat banyak spekulasi mengenai cerita muncul ke permukaan, mungkin versi anime dari Kantai Collection tidak akan sedamai yang kita kira sebelumnya. Episode 3 juga memberi lonjakan popularitas terhadap salah satu kapal yang paling jarang digunakan di dalam game.

Budget well spent

Kadokawa benar-benar tidak main-main dengan budget Kantai Collection, segunung usaha dilakukan sebagai bagian dari kampanye promosionalnya. Mulai dari informasi yang dirilis di berbagai majalah berikut dengan key visual dan poster, sampai ke 2 halaman penuh warna di koran Asahi Shimbun yang terkenal mahal.

Kantai Collection 3 eps rule joi (6)

Saat animenya tayang pun mereka menayangkannya dengan baik dan tanpa cela. Kualitas animasinya sangat baik dan halus, tidak terlihat adanya penurunan kualitas sampai setelah 3 episode berjalan. Bahkan penggunaan 3D CGnya untuk adegan peperangannya pun bisa dibilang cukup baik, walaupun saya lebih memilih bila penggambaran peperangannya menggunakan gambar 2D saja supaya bisa menghasilkan animasi yang lebih luwes dan dinamis seperti ini.

Cerita yang masih terombang-ambing

Saya yakin kamu semua sudah selesai menonton episode 3 (hence why you read this article) pasti sadar betapa mengejutkannya turning point yang diambil oleh anime ini. Setelah mendeklarasikan sebuah pernyataan dimana Kantai Collection akan menjadi anime yang mostly damai dengan perbandingan 70% slice of life dan 30% peperangan, tidak akan ada yang menyangka kalau ternyata Kisaragi ditenggelamkan di episode ini. Apa yang membuatnya lebih buruk lagi adalah penebaran apa yang sepertinya death flag oleh Mutsuki di tengah episode dan pertanyaan akankah KanColle menjadi anime yang tragis?

Kantai Collection 3 eps rule joi (2)

Bila memang anime ini akan mengikuti apa yang tertulis di buku sejarah, tentu kamu sudah tahu apa yang akan terjadi di akhir ceritanya nanti (SPOILER: Jepang kalah Perang Dunia II.) Hal tersebut akan menyebabkan karamnya banyak kanmusu dan mungkin akan membuat banyak teitoku semakin stress.

Namun bisa juga hal ini membuka kesempatan bagi Diomedea untuk membuka pintu cerita baru, dimana mereka menggabungkan elemen-elemen dari buku sejarah dengan cerita original buatan penulis naskahnya. Beberapa pengorbanan mungkin memang tidak bisa terhindarkan, namun saya yakin lebih baik begitu sehingga anime ini tidak terasa membosankan. Ngomongnya begitu, tapi misalnya Nagato sunk nanti pasti mewek.

Kantai Collection 3 eps rule joi (5)

Ledakan Teitoku

Oke, mungkin yang terakhir ini tidak berhubungan secara langsung dengan cerita ataupun karakter dari anime ini, namun lebih kepada akibat yang ditimbulkan oleh anime Kantai Collection. Sejak kemunculan perdananya, sudah terlihat tanda-tanda kalau orang-orang langsung menggemarinya, dapat dilihat dari banyaknya perang waifu yang sempat merebak di media sosial. Seminggu setelah penayangannya, kamu yang aktif di memonitor komunitas Kantai Collection pasti akan merasakan lonjakan pertanyaan newbie yang cukup signifikan. Bahkan saya kerap kali ditanyakan bagaimana cara melewati lotere, bagaimana melewati map ini, kapal apa yang bagus, dan masih banyak lagi.

kantai collection 3 eps rule fleet update
not exactly new though

Hal ini memperkuat poin pertama dari 3 Eps Rule ini, dimana budget well spent equals to great publicity. Kantai Collection akan semakin terkenal mulai sekarang dan mungkin, sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Setelah berhasil mendapatkan popularitas di dunia doujin lewat dominasinya di C87, dunia anime pun mereka sambangi. Bagi beberapa orang, sepertinya kepopuleran KanColle ini bukan hal yang baik karena seri kesukaan mereka menjadi “mainstream“, namun pada akhirnya, DMM dan Kadokawalah yang menikmati hasilnya.

Sedikit tips bagi kamu yang baru memulai bermain gamenya, harap pelajari Kantai Collection Wiki secara seksama. Situs ini memiliki informasi yang lengkap mengenai game tersebut dan harap mempelajarinya dahulu sebelum bertanya hal-hal yang kecil.

Conclusion: Mari melaut bersama-sama

Anime Kantai Collection terbukti dapat dinikmati (dan meracuni) siapa saja, bahkan mengubah banyak penggemarnya menjadi teitoku online. Tidak hanya didukung dengan animasi yang segar dan berkualitas, kamu juga bisa cuci mata dengan tidak adanya karakter cowok sama sekali, untuk sekarang. Dari segi cerita pun sepertinya Kantai Collection akan menjadi lebih menarik, dengan sedikit sisi gelap dan siraman gula diabetes bagi kamu semua. Pada akhirnya, saya merekomendasikan anime ini bagi siapa saja, mari kita melaut bersama-sama.

Ada sebuah idiom, The captain goes down with his ship, yang dipegang oleh seorang kapten kapal sejak dahulu kala, dimana dia memiliki tanggung jawab terbesar atas kapalnya. Seorang kapten harus berusaha menyelamatkan kapal dan penumpangnya atau mati saat berusaha. Begitu pula dengan apa yang saya rasakan dengan anime yang satu ini, saya sudah memulai menontonnya, dan tidak ada alasan bagi saya untuk tidak melanjutkannya.

Kantai Collection 3 eps rule joi (3)Apapun hasilnya, bagaimanapun cerita ke depannya.