[AFA SG2014 Interview] GARNiDELiA

January 28, 2015 2:36 pm
[AFA SG2014 Interview] GARNiDELiA

Setelah sukses menyambangi Indonesia di AFA ID 2014, GARNiDELiA kini mampir ke Singapura untuk pertama kalinya! Bagaimana perasaan MARiA dan Toku untuk manggung di negara itu? Berikut wawancaranya dengan Media di AFA SG 2014:

-Bagaimana perasaan kalian tiba di Singapura untuk pertamakalinya?

MARiA: Aku selalu merasa gugup untuk tampil di tempat yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya, tetapi lebih dari itu aku tidak sabar untuk melihat reaksi dan respon dari orang-orang yang akan melihat penampilan kita nanti.

-Gaya beberapa lagu yang kalian sudah ciptakan sangat bervariasi, sebenarnya apa klasifikasi genre musik GARNiDELiA?

MARiA: Genrenya…GARNiDELiA! haha

Toku: Menuru ku anisong sekarang tidak memiliki genre atau “anisong” sendiri sudah menjadi sebuah genre.

MARiA: Ya, setiap artis menciptakan musik kesukaan mereka tanpa terikat genre.

Toku: Jadi kita juga berharap bisa membentuk genre GARNiDELiA.

-Kalian menyanyikan lagu untuk anime Gundam Reconguista in G, adakah seri Gundam yang kalian sukai?

Toku: Aku suka Gundam Origin. Umur kita juga dekat, Tahun ini tahun ke-35 mereka dan aku berumur 36 tahun sekarang. Aku sangat bangga bisa bekerja untuk Gundam Reconguista.

-Adakah tempat yang kalian sukai atau ingin kalian lihat dalam kunjungan pertama ke Singapura ini?

MARiA: Aku ingin coba kunjungi Marina Bay Sands. Terus di jalan menuju ke tempat ini aku melihat gedung warna pink yang di hias dengan patung unicorn, tempat itu sangat lucu.

-Kalian memiliki gaya busana yang unik dan menarik, apakah yang menjadi inspirasi fashion kalian?

MARiA: Aku belajar dari majalah-majalah fashion atau koleksi-koleksi berbagai merek. Kadang aku juga mendapat inspirasi dari karakter anime dan orang yang berpakaian keren di kota. Semua kostum yang kita pakai dibuat berdasarkan sketsa yang aku gambar.

-Adakah gundam yang ingin kalian coba kendarai?

Toku: Hmm…apa ya…

MARiA: G Self Gundam pastinya! haha

Toku: Ya, jawaban yang tepat haha

-Apakah yang menjadi inspirasi kalian dalam membuat lagu?

Toku: Saat akan membuat lagu untuk sebuah anime kita mendengar permintaan dari pihak pembuat animenya dan juga membaca skrip dari anime itu sendiri terlebih dahulu. Kalau lagu kita sendiri…biasanya terbayang saat lagi mandi haha

-Apakah peran MARiA dalam pembuatan sebuah lagu?

MARiA: Kita selalu membuat lagu bersama. Kalau secara garis besar lagunya sudah jadi, kami berdiskusi untuk menambahkan suara-suara yang diinginkan dan juga menambah atau mengubah melodi agar lagu akan lebih cocok dengan suara ku.

-Bagaimana perasaan kalian dapat menyanyikan lagu untuk seri gundam dan bekerja sama dengan Tomino?

Toku: Kita sangat kaget saat mendengar dapat bekerja sama dengan direktur Tomino karena dia adalah “Tomino” dan juga karena dia menemui kami sebelum pembuatan lagu untuk memberi arahan tentang lagunya. Padahal biasanya direktur dengan artis hanya berjumpa dalam pesta makan-makan setelah animenya tamat.

MARiA: Tomino-san orang yang serem tapi juga sangat baik haha

Toku:  Ya, dia bagaikan dewa dalam dunia anime di Jepang.

MARiA: Dan dia adalah seorang artis dengan ciri khas yang tidak tergoyah. Saat aku menuliskan lirik juga Tomino memberi arahan pada setiap bait dan bahkan huruf yang digunakan. Kami menghabiskan waktu 1 bulan untuk membuat 1 chorus lagu.

-Kalian berdua masing-masing memiliki kegiatan selain GARNiDELiA, bagaimana kalian mengatur waktu agar bisa beraktivitas sebagai GARNiDELiA?

MARiA: Hmm…aku pikir kita belum sukses dalam megatur waktu haha

Toku: Ya…mengatur waktu memang tidak mudah…

MARiA: Kita selalu di kejar deadline dan aku benci deadline haha Dua hari yang lalu juga kita baru menyelesaikan mastering untuk album pertama dan besoknya langsung berangkat ke Singapura.

-Album pertama kalian akan di rilis pada tanggal 21 Januari, pesan apa yang ingin kalian sampaikan melalui album tersebut?

MARiA: Kita mendapat banyak sekali kesempatan tahun ini. Kesempatan untuk merilis 3 single meski belum 1 tahun sejak debut, kesempatan bertemu banyak orang termasuk kalian semua, dan juga kesempatan untuk tampil di luar negri seperti ini. Dan kita ingin membuat kesempatan tersebut menjadi sebuah ikatan antara kita dengan semua orang yang mendukung kita, itu alasan album pertama kita berjudul “Linkage Ring”.

-Menurut kalian sendiri, apa yang membuat GARNiDELiA berbeda dengan artis lainnya?

Toku: Warna rambut?

MARiA: Itu tidak salah tapi kurang tepat mungkin haha Menurut ku GARNiDELiA mencantumkan unsur visual atau fashion menjadi bagian dari musiknya. Dalam diri ku fashion dan musik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Misalnya kalau menyanyikan lagu A harus dengan kostum yang A juga, seperti itu.

Toku: Ya betul, MARiA menangani bagian besar dari visual GARNiDELiA dan aku menangani bagian besar dari musik kita. Mungkin yang membedakan artis lain dengan GARNiDELiA adalah kita sendiri yang menentukan semua arahan GARNiDELiA.

MARiA: Melodi, lirik, dan suara semua kita sendiri yang buat.

-Kalian telah berkolaborasi dengan Luna Haruna dalam acara Animax Music, adakah rencana atau keinginan untuk berkolaborasi dengan artis lain?

Toku: F, FLOW! haha (FLOW sedang melakukan sesi interview di ruangan yang sama)

MARiA: Ya! FLOW! haha Aku juga ingin berkolaborasi dengan angela dan fripSide yang merupakan pasangan laki-laki dengan perempuan seperti kita.

-Apa yang bisa kita harapkan dari GARNiDELiA tahun depan? Apa langkah kalian berikutnya?

MARiA: Tahun depan kita akan merilis album pertama dan itu adalah sebuah langkah yang sangat besar bagi setiap artis menurut ku. Album ini akan berisi  13 lagu  yang mengungkapkan ciri khas GARNiDELiA, maka aku harap banyak orang mendengarkannya dan menyukainya.

garnide2

-Apa arti anisong bagi kalian?

MARiA: Hmm…anisong adalah sesuatu yang dapat memberikan cita-cita dan harapan.

Toku: Menurut ku anisong adalah muka atau pintu depan dari suatu anime.

-Kalian juga terkenal sebagai seorang utaite dan vocaloid produser, apakah ada rencana atau keinginan untuk melakukan kegitan dari karir kalian sebelumnya tersebut?

MARiA: Kalau ada waktu sih sangat mau haha Tetapi untungnya kita sekarang di beri jadwal yang padat dan kesibukan untuk membuat lagu hampir setiap hari. Aku juga ingin melakukan odottemita bersama Niina dan Ume-chan lagi, tetapi mereka juga sangat sibuk sepertinya haha Kalau ada waktu mungkin nanti aku akan rencanakan lagi.

-Dalam sekian banyak karya yang kalian unggah di Nico Nico Douga, karya manakah yang menjadi favorit kalian?

MARiA: Semuanya suka sebenarnya…tapi yang paling berkesan bagi aku adalah karya pertama yang aku unggah sebagai MARiA yaitu “ARiA”. Lagu ini juga yang menjadi asal muasal terbentuknya GARNiDELiA. Oh! dan nama MARiA juga tercipta dari gabungan inisial nama asli ku “M” dengan “ARiA”.

-MARiA-san bisa membuat kostum sendiri, adakah rencana untuk melakukan hal kreatif lainnya seperti membuat merek baju sendiri?

MARiA: Sebenarnya sudah ada meskipun dalam bentuk kolaborasi. Aku berkolaborasi dengan merek fashion bernama “galaxxxy” untuk menjual baju yang aku gambar di tokonya mereka. Aku ingin bisa memajukan karir di industri fashion seiring dengan karir di industri musik.

-Apa konsep kostum kalian hari ini?

MARiA: Kostum ini aku di buat untuk konser tunggal pertama kita di Tokyo bulan Oktober kemarin, jadi aku gunakan warna putih melambangkan pemula yang belum tercemar warna apa pun. Aku gunakan warna untuk mengungkapkan musik GARNiDELiA yang identik dengan kata digital atau cyber. Dan aku selalu menggunakan atau menambahkan bahan yang bisa melambai agar gerakan kita lebih terlihat jelas dari jauh.

-Siapa yang menginspirasi musik kalian?

Toku: Kalau sebagai GARNiDELiA aku selalu berusaha membuat lagu yang cocok dengan suara MARiA jadi dia yang menjadi sumber inspirasi.

MARiA: Mungkin bukan menjadi inspirasi tetapi artis favorit ku dan aku kagumi adalah Christina Aguilera dan Beyonce.

-Kalian memasukkan lagu indies kalian “Lamb” di dalam album pertama yang akan datang, apakah ada rencana untuk memasukkan lagu indies lainnya ke dalam album atau karya-karya berikut lainnya?

MARiA: Ya, semua lagu yang sudah dibuat sangatlah berharga bagi kita. Jadi aku harap lagu-lagu indies lainnya juga dapat dimuat dalam cd suatu saat nanti.

-Bagaimana kalian mempersiapkan diri untuk konser? Apa yang kalian lakukan sebelum naik ke panggung?

MARiA: Sebelum konser aku selalu melakukan pemanasan seperti lari atau senam agar suara ku lebih mudah untuk keluar.

Toku: Kalau aku naik ke panggung tanpa persiapan apapun haha

Penampilan GARNiDELiA di Singapura cukup luar biasa dengan bergabungnya penari Niconico saat mereka manggung. Semoga di penampilan berikutnya mereka bisa tampil lebih dahsyat lagi!