Kreator RWBY, Monty Oum Akhirnya Tutup Usia

February 3, 2015 1:06 pm
Kreator RWBY, Monty Oum Akhirnya Tutup Usia

Berita duka kembali datang, setelah beberapa hari lalu dikabarkan dalam kondisi kritis, Monty Oum sang kreator RWBY akhirnya wafat di umur 33 tahun, meninggalkan keluarga, teman, penggemar dan buah kreativitasnya selama tahun-tahun ia aktif berkarya.

Berita ini diumumkan oleh salah satu staf Rooster Teeth yang mengabarkan kepergiannya serta kondisinya terakhir:

Monty_Oum_at_PAX_2013

Monty Oum telah meninggal
Teman, inspirasi, dan kolega kita Monty Oum wafat kemarin sore (1 Februari 2015) pada pukul 4:34 sore waktu setempat ditemani oleh orang-orang yang menyayanginya. 10 hari lalu Monty menderita reaksi alergi akut setelah menjalani prosedur medis sederhana yang membuatnya koma. Meskipun telah berjuang dengan hebat, tubuhnya tak bisa pulih. Ia dirawat dengan penuh perhatian selama ia berada di rumah sakit dan tak pernah kesakitan.

Monty meninggalkan seorang istri Sheena, ayahnya Mony, saudaranya Woody, Sey, Chivy dan Neat, serta saudarinya Thea dan Theary, juga penggemar dan teman yang tak terhitung jumlahnya. Kami sangat bangga telah bisa menjadi bagian dari hidupnya dan akan sangat merindukannya.

Bantuan kalian setelah pengumuman Jumat kemarin akan membantu keluarganya melewati masa kelam ini. Kalian telah membuat sebuah perbedaan dan terima kasih seperti apapun takkan cukup.

Untuk menghormati Monty, kami akan melakukannya dengan cara kami sendiri. Selain bunga dan hadiah duka, kami minta agar kalian melakukan sesuatu yang kreatif. Gunakan imajinasimu untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik dengan cara kalian sendiri. Jika kamu mengenal Monty seperti kami mengenalnya, kamu pasti tahu dia akan melakukannya jika ia bisa.

Monty wafat pada umur 33 tahun.

Kami menyayangimu, Monty.

Monty Oum adalah seorang sineas, animator dan battle choreographer yang berbakat. Ia pertama kali dikenal dunia saat fan video yang berjudul “Haloid” yang menampilkan Master Chief dari seri Halo dan Samus Aran dari Metroid muncul dan dikatakan sebagai “fan movie Halo terbaik yang pernah ada”. Selain Haloid, mungkin kamu lebih mengenal karyanya yang mempertemukan karakter Dead or Alive dan Final Fantasy di seri “Dead Fantasy”, yang akhirnya ditangguhkan setelah ia bergabung dengan Rooster Teeth dan membuat seri “Red vs Blue” dan “RWBY“.

Dikatakan bahwa sebelum wafat, Monty masih sempat meninggalkan konsep dan ide pengembangan cerita untuk RWBY kepada para koleganya di Rooster Teeth. Namun masa depan seri yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan film itu belum diputuskan oleh Rooster Teeth. Apakah akan dilanjutkan atau diberhentikan atas nama Monty Oum?

Selamat Jalan, Monty.

Sumber: Rooster Teeth
Gambar: Header