Hayao Miyazaki: “Karikatur Nabi Muhammad Adalah Sebuah Kesalahan”

February 17, 2015 6:50 pm
Hayao Miyazaki: “Karikatur Nabi Muhammad Adalah Sebuah Kesalahan”

Siapa yang tidak tahu insiden Charlie Hebdo? Insiden yang berawal pada beredarnya karikatur tidak senonoh dari salah satu figur Islam paling penting, Nabi Muhammad oleh media Prancis Charlie Hebdo dan kembali membawa nama Islam menjadi sorotan publik ini masih mengundang pro dan kontra hingga sekarang. Hayao Miyazaki sang punggawa Studio Ghibli akhirnya mengeluarkan komentar mengenai insiden tersebut.

Awal minggu ini Miyazaki diwawancarai oleh TBS Radio. Saat mendiskusikan topik hangat lainnya, arah pembicaraan mengalir ke pembahasan tragedi Charlie Hebdo yang terjadi tanggal 7 Januari lalu, menewaskan 12 dan melukai 11 orang.

hayao on charlie hebdo (3)

Patut dicatat bahwa Miyazaki adalah seorang pasifis dan kreator tegas yang tak ragu untuk mengeluarkan pendapat dan opininya kepada publik. Meski begitu tampaknya ia tetap tidak setuju dengan “kebebasan berekspresi” yang ditunjukkan oleh media karikatur kontroversial tersebut.

Jadi bagaimana pendapat Miyazaki tentang karikatur figur penting Islam tersebut? Meminjam kata-katanya, Miyazaki berkomentar:

“Saya rasa adalah sebuah kesalahan untuk membuat karikatur dari seorang figur yang begitu dihormati oleh sebuah kebudayaan lain. Anda seharusnya tidak boleh melakukannya”

hayao on charlie hebdo (2)
Tidak seperti beberapa karyanya yang kadang berakhir dengan meninggalkan beberapa pertanyaan atau menggantungkan kesimpulan diantara 2 cara pandang berbeda, komentar Miyazaki mengenai hal ini terasa sangat jelas dan tegas. Bahkan ia juga menambahkan “Daripada membuat hal seperti itu, harusnya anda membuat karikatur politikus negara anda sendiri saja.”

Sumber: Rocketnews