Penggemar “Ghost in The Shell” Membuat Petisi Yang Menolak Scarlett Johansson Sebagai Motoko Kusanagi

February 18, 2015 12:40 pm
Penggemar “Ghost in The Shell” Membuat Petisi Yang Menolak Scarlett Johansson Sebagai Motoko Kusanagi

Pada awal bulan Januari silam, sebuah berita mengenai adaptasi film live-action dari seri anime terkenal, “Ghost in the Shellmenggadangkan bintang terkenal Scarlett Johansson sebagai pemeran utama film ini, yaitu Motoko Kusanagi. Tentunya, para penggemar film layar lebar sudah sering melihat sosok si rambut merah yang satu ini membintangi film action seperti Lucy dan seri The Avengers sebagai Black Widow. Pada awalnya, memilih Scarlett sebagai pemeran Motoko Kusanagi terasa tepat, namun para penggemar berat seri ini berkata lain, mereka membuat sebuah petisi yang menolak Scarlett Johansson sebagai pemeran Motoko Kusanagi.

GITS petisi menolak motoko sebagai pemeran utama

Petisi tersebut dengan cepat meraup suara dari para penggemar, dan saat artikel ini ditulis, petisi tersebut sudah mengumpulkan 30,800 suara dari 31,000 suara yang dibutuhkan. Para penggemar pun dengan cepat memberikan anjuran artis-artis lain yang mereka anggap lebih pantas memerankan Motoko Kusanagi seperti, Rinko Kikuchi (Pacific Rim.)

Para penggemar sepertinya tidak ingin karakter Motoko Kusanagi (dan juga seri kesayangannya) di”putih”kan oleh sang sutradara, Rupert Sanders. Mereka tidak ingin pihak luar negeri mengubah sebuah seri Jepang dan menjadikannya sebuah seri yang sama sekali berbeda. Beberapa dari kamu mungkin pernah menonton Dragon Ball: Evolution, sebuah evolusi yang terlalu timpang dari seri aslinya.

Beberapa komentar dari mereka yang sudah mengisi petisinya antara lain:

  • “Amerika itu negara yang bervariasi dengan banyak pengaruh budaya lain, film layar lebar kita harus merefleksikan diversitas tersebut.”
  • “Aku adalah penggemar Scarlett, tapi dia bukanlah Mayor (Motoko.)”
  • “Ada apa dengan Hollywood? Kenapa mereka selalu melakukan ini? Mereka mengaku tidak rasis, tapi aku menganggap ini sebuah perlakuan rasis!”
  • “Ada banyak artis Jepang yang dapat dengan mudah menggantikan Scarlett sebagai Mayor. Rasanya tidak perlu menggantikan sang Mayor dengan kulit putih.”
  • “Tolong, jangan ubah film ini menjadi Dragon Ball: Evolution lain…”

GITS petisi menolak motoko sebagai pemeran utama

Memang, membuat adaptasi film Jepang menjadi film Hollywood akan menuai banyak sekali kontroversi, apalagi dalam pemilihan peran. Bila Hollywood harus memakai artis Jepang dalam filmnya, mungkin kesulitan pertama yang harus mereka hadapi selain mendatangkan artis tersebut adalah tebalnya dinding bahasa yang memisahkan mereka. Namun keputusan  siapa pemeran Motoko Kusanagi nantinya bukanlah di tangan saya, lebih baik kita tunggu keputusannya dengan berharap mereka akan melakukan yang terbaik bagi filmnya.

Apakah kamu punya kandidat lain yang kira-kira lebih cocok sebagai Motoko?

sumber: Crunchyroll