Inilah 10 Macam Topik Media Sosial Yang Akan Membuatmu Diblok Oleh Orang Jepang

February 20, 2015 18:30
Inilah 10 Macam Topik Media Sosial Yang Akan Membuatmu Diblok Oleh Orang Jepang

Media sosial online adalah sebuah media baru yang memungkinkan kita untuk bertemu secara nirkabel dengan teman-teman, baik yang baru maupun yang lama. Media sosial online merupakan sebuah cara yang baik untuk tetap terhubung dengan teman walaupun terpisah jarak yang cukup jauh. Namun, media tersebut juga membuka kemungkinan bagi kita untuk mengetahui sisi lain teman tersebut yang tidak pernah kita ketahui di dunia nyata.

Kebebasan di dunia online adalah salah satu penyebabnya, baik kebebasan berbicara, berekspresi, dan cepatnya informasi menyebar luas lewat media online menjadikan beberapa dari penggunanya agak ‘liar’ dalam menggunakan media tersebut. Ditambah dengan ilusi dunia online yang terasa privat, sementara informasi tersebut dapat diakses oleh semua orang yg memiliki koneksi internet. Tidak jarang informasi yang diberikan pun salah kaprah, sensitif, dan mungkin mengundang salah paham sehingga banyak orang yang kemudian memilih untuk menjauhi teman tersebut.

Berikut adalah 10 macam topik di media sosial online yang akan membuatmu dibenci, atau bahkan dimusuhi oleh orang Jepang.

10. Status yang membanggakan kerja lembur.

10 hal ilfil medsos jepang

Orang Jepang sangat terkenal dengan kebiasaan workaholic mereka, terkadang mereka senang sekali bekerja lembur sampai kemudian lupa dengan waktu. Namun, cukup mengejutkan untuk mengetahui kalau mereka tidak suka melihat orang yang membanggakan dirinya kerja lembur.

Hari ini sangatlah berat! Aku kerja sampai lembur!” Tidak semua orang butuh tahu mengenai beratnya harimu dan tidak akan ada yang peduli betapa rajinnya dirimu.

9. Bangga melakukan hal-hal yang melawan hukum.

10 hal ilfil medsos jepang (2)
YOLOOOOOOOOOOO

Menjadi seorang anak muda merupakan sebuah berkah, penuh dengan energi, penuh dengan semangat, dan juga penuh dengan ide-ide gila. Namun terkadang ide-ide tersebut seringkali melewati batas-batas kenormalan dan hampir merambah ke ranah kriminalitas. Orang Jepang tidak suka dengan hal tersebut. Seperti misalnya minum minuman keras saat masih muda atau mengacau di mini market, dipastikan kamu akan diblok oleh orang itu.

8. Orang yang mengunggah foto makanan enak, tapi tidak menyertakan lokasinya.


sumber: Seirock-ya

Facebook, Instagram, Path, dan masih banyak media sosial online lain menjadi sebuah tempat yang penuh dengan foto makanan. Bagi kamu yang sendirian di malam minggu mungkin akan selalu meneteskan air liur saat melihat banjirnya makanan di layar komputermu. Namun mereka yang tidak memberitahu dimana mereka mendapatkan makanan tersebut dan hanya ingin pamer pantas untuk kamu blok.

7. Mereka yang membicarakan orang lain padahal tidak mengenalinya sama sekali.

10 hal ilfil medsos jepang (8)

Sudah terlalu banyak drama di media sosial yang sepertinya membuat saya tidak perlu menjelaskan poin diatas, mari kita lanjutkan saja ke poin berikutnya.

6. Puisi.

10 hal ilfil medsos jepang (7)
Galau? Jangan buat puisi, move on.

Orang Jepang tidak suka bila seseorang membuat puisi di status mereka, apalagi mereka yang menulis mengenai betapa sadarnya mereka kepada dunia dan sekitarnya. Selain akan terasa terlalu pede, mereka juga mengatakan puisi tersebut membuat mereka merasa tidak nyaman.

5. Ajakan untuk bermain game atau menghadiri acara yang tidak penting.

10 hal ilfil medsos jepang

Siapa yang tidak senang dengan ajakan bermain game di Facebook? Apalagi bila orang yang sama terus mengajakmu setiap hari tanpa absen memenuhi bar notifikasimu dengan hal yang tidak penting. Hal ini sepertinya berlaku secara universal dan tidak kepada orang Jepang saja.

4. Membicarakan kesuksesan kencanmu.

Kebahagiaan seseorang adalah siksaan bagi yang lainnya, begitu pula dengan siksaan bagi seseorang adalah nikmat bagi orang lain. Para jomblo di Jepang tidak suka melihat mereka yang memamerkan kemesraannya di dunia online, saya yakin tanggal 14 kemarin ada pemblokiran akun media sosial besar-besaran di Jepang. #riajuubakuhatsushiro

3. Teman yang terus membagikan apapun yang menjadi viral di internet.

10 hal ilfil medsos jepang (3)

Bosan dengan segala sesuatu yang overused? Teman yang satu ini sepertinya tidak tahu kapan harus berhenti melakukannya. Gangnam Style? Harlem Shake? Lagu Happy yang dinyanyikan oleh Pharrel? Meme yang terus diulang-ulang? Let it Go-nya Demi Lovato? Tolonglah, saya pun muak dengan semua itu.

2. Opini politik.

140405-D-BW835-597

Ada yang pernah berkata kepada saya, dia benci sekali dengan orang-orang yang tiba-tiba saja menjadi kritis saat sedang ada pemilihan legislatif berlangsung, padahal sebelum ini dia sama sekali tidak aktif dimana-mana. Tidak ada yang butuh opini orang lain, apalagi memaksakannya untuk diterima, orang seperti ini akan langsung diblok oleh orang Jepang.

1. Gambar-gambar yang kurang berkenan.

10 hal ilfil medsos jepang (6)

Langsung blok saja orang seperti ini. Para pengguna internet Jepang sebenarnya tidak memiliki masalah dengan topik seperti perang, kekerasan, atau bencana sesekali, namun janganlah kemudian topik tersebut ditemani dengan sebuah gambar seperti korban perang yang tidak disensor sama sekali. Tidak jarang saya melihat ada gambar-gambar tersebut di beranda, apalagi ketika sedang masa-masa sulit. Tidak semua orang tahan dengan gambar tersebut, jadi sebaiknya janganlah membagikan gambar-gambar tersebut seenaknya.

Bagaimana menurutmu, apakah kamu termasuk orang yang akan diblok oleh orang Jepang?

sumber: Rocketnews

Sorry. No data so far.