Japan Foundation Gelar Audisi Pentas Jazz Muda Asia, Akan Bawa Musisi Muda Indonesia Keliling Asia

February 21, 2015 12:06
Japan Foundation Gelar Audisi Pentas Jazz Muda Asia, Akan Bawa Musisi Muda Indonesia Keliling Asia

Mungkin kalian tidak tahu atau kelewatan berita, tapi Japan Foundation ternyata memiliki sebuah program musik menarik untuk para musisi muda Indonesia, terutama yang beraliran Jazz. Beberapa minggu lalu, Japan Foundation menggelar audisi di Jakarta dan Yogyakarta untuk memilih beberapa musisi jazz muda Indonesia untuk bergabung ke dalam sebuah kelompok Jazz yang terdiri dari anak muda Asia untuk tur keliling Asia dan Jepang.

ayjo jap foun

Selain mengadakan audisi, Japan Foundation juga mengadakan sebuah mini concert yang diadakan di Taman Ismail Marzuki dan ISI Yogyakarta. Musisi yang tampil adalah musisi yang akan tergabung dalam grup musisi jazz Asia yang akan dibentuk, mereka diantaranya adalah Osamu Matsumoto (Trombone) yang akan berperan sebagai music director dan Mayuko Katakura (Piano) sebagai pengajar dan mentor grup Asian Youth Jazz Orchestra (AYJO) ini. Sementara anggota muda dari Jepang adalah Yuri Kishimoto (Saxophone), Mariko Maeda (Trombone) Nohara Okamoto (Electric Bass) Fumihiro Ibuki (Drum).

Yang menarik, rupanya Fumihiro-san ini adalah teman dan juga Drummer dari Jin, kreator lagu Kagerou Project! Ia berkata bahwa bagian drum dari opening anime Mekaku City Actors yang berjudul [daze] adalah hasil permainannya. Ia juga bermain bersama Jin untuk beberapa lagu Kagerou Project lainnya.

Anggota grup yang rata-rata masih berumur 20 tahunan ini menyatakan sangat menanti pengalaman baru apa yang akan dialami di lingkungan grup baru ini. Bekerjasama dengan musisi dari berbagai negara tanpa bisa berbahasa Inggris merupakan sumber kekhawatiran mereka yang ternyata bermodalkan bahasa Inggris yang pas-pasan. Ini adalah kali pertama mereka terlibat dalam proyek yang melibatkan beberapa negara seperti ini, dan hampir semua anggotanya juga belum pernah melakukan konser atau pertunjukan di luar negeri, apalagi dengan musisi luar Jepang.

IMG_20150207_155722

IMG_20150207_155650

Ditanya mengenai musisi Indonesia yang mengikuti audisi dan kualitasnya, mereka berkomentar bahwa musisi Indonesia mempunyai warna permainan yang cukup menarik, meskipun memang perlu asahan dan polesan lebih jauh terutama di genre Jazz. Tapi mereka berharap dapat bekerjasama dengan musisi Indonesia yang nantinya akan terpilih dan berkeliling Asia bersama mereka.

Grup AYJO yang terbentuk nantinya akan terdiri dari 25 musisi dari beberapa negara ASEAN dan Jepang, dan akan berkeliling ke beberapa negara di Asia untuk mempertunjukkan musik mereka sebagai AYJO. Grup ini juga akan kembali menyambangi Jakarta pada bulan Oktober nanti. Info lain mengenai tempat dan tanggal tepatnya akan menyusul.

Selamat kepada musisi Indonesia yang nantinya akan terpilih dan mengikuti program ini dan semoga sukses! Kami tunggu pertunjukannya nanti.

Sorry. No data so far.