Setelah 70 Tahun Karam, Kapal Perang Jepang “Musashi” Ditemukan Oleh Seorang Milyuner

March 3, 2015 19:24
Setelah 70 Tahun Karam, Kapal Perang Jepang “Musashi” Ditemukan Oleh Seorang Milyuner

Pagi ini, dunia dikejutkan dengan salah satu penemuan terbesar dari dasar laut, dan penemuan ini literally besar. Karena yang diketemukan adalah bangkai kapal salah satu kapal perang paling berat dan paling banyak senjatanya dalam sejarah, IJN Musashi.

Musashi ditemukan di laut sibuyan
Musashi bersama Yamato terlihat berlabuh di laut pangkalan Truk

Musashi adalah kapal kedua dari kapal perang kelas Yamato, kelas kebanggaan angkatan laut kekaisaran Jepang (IJN) yang terbukti sangat disegani. Musashi tenggelam dalam Pertempuran Teluk Leyte bulan Oktober tahun 1944 dan menghilang di kedalaman laut Sibuyan sampai pagi ini.

Penemunya adalah Paul Allen, seorang investor asing yang juga membawahi banyak bisnis lain termasuk salah satu ‘bapak’ dari Microsoft. Beliau memiliki sebuah kapal super yacht yang bernama M/Y Octopus, kapal yang biasanya beliau sewakan untuk eksplorasi bawah laut dan dilengkapi dengan peralatan super canggih dan up-to-date. Sejak kecil, beliau memang sudah sangat tertarik dengan eksplorasi bawah laut dan terinspirasi oleh berbagai cerita petualangan bawah laut Jacques Costeau.

Musashi ditemukan di laut sibuyan (6)

Kali ini, kapal M/Y Octopus miliknya berhasil menemukan kapal perang terberat kedua dalam sejarah tersebut, berada di kedalaman 1km di laut Sibuyan. Foto pertama yang mereka publikasikan adalah foto haluan depan Musashi yang sudah ditumbuhi lumut dan terumbu karang. Dalam foto tersebut, sayangnya tidak terlihat emblem sakura yang menjadi kebanggaan dari IJN, belum ada informasi apakah emblem tersebut jatuh dari tempatnya atau diambil oleh orang lain sebelum ini.

Musashi ditemukan di laut sibuyan (5)

Foto kedua yang dipublikasikan adalah sebuah tuas katup putar dengan tulisan Jepang yang menandakan kalau kapal ini memang buatan Jepang dan terkonfirmasi sebagai IJN Musashi.

Musashi ditemukan di laut sibuyan

Paul Allen kemudian berjanji akan merilis lebih banyak foto dan video mengenai penemuan salah satu kapal perang terberat dalam sejarah ini dalam waktu dekat. Foto-foto yang akan dipublikasikan mencakup area peluncuran pesawat, meriam-meriam dan masih banyak lagi.

Para pelukis di situs Pixiv pun mulai bekerja dengan cepat sejak pagi hari ini, terbukti dengan terpublikasinya beberapa gambar yang melukiskan Musashi dari Kantai Collection.

Musashi ditemukan di laut sibuyan (4) Musashi ditemukan di laut sibuyan (3) Musashi ditemukan di laut sibuyan (2)
sumber: 1, 2, 3

Seperti apakah wujud kapal Musashi yang saat ini beristirahat di dalamnya laut Sibuyan, kami akan terus menunggu kabar selanjutnya dari twitter milik Paul Allen. Artikel mengenai kapal perang di JOI pun sepertinya belum lengkap tanpa sebuah gambarpamer dari game Kantai Collection, karena kini, Musashi pun sudah hidup kembali dalam dunia 2D.

Musashi ditemukan di laut sibuyan (8)

Sumber: Twitter
gambar: Pixiv

Sorry. No data so far.