Penulis Danganronpa: “Mengapa Orang-orang Tidak Membeli PS Vita?”

March 7, 2015 5:59 pm
Penulis Danganronpa: “Mengapa Orang-orang Tidak Membeli PS Vita?”

Vita has no games!“, “Vita konsol wibu!“. Mungkin keluhan-keluhan ini sudah sering didengar oleh para pemilik konsol portabel Playstation Vita, dan dari sisi pemain game-game barat, hal ini bukan hanya sekedar ejekan belaka. Tidak hanya angka penjualan konsol yang lemah di Amerika, Sony Amerika juga entah kenapa tidak banyak mengiklankan dua game first partynya, Freedom Wars dan Oreshika (terbalik dengan di Jepang di mana kedua game tersebut diiklankan secara besar-besaran), Tearaway 2 yang berpindah posisi dari game Vita menjadi game PS4, dan juga Gravity Rush 2 yang sampai sekarang belum terdengar kabarnya sejak satu setengah tahun terakhir. Nampaknya penulis seri Danganronpa, Kazutaka Kodaka, juga memiliki kekhawatiran yang sama.

Di akhir panel milik Kazutaka di acara GDC 2015 di San Fransisco kemarin, Kazutaka menyatakan “Ada hal penting yang ingin saya sampaikan”, dan menunjukkan slide berikut.


Dan sehari sebelum panelnya, Kazutaka sempat menyatakan hal serupa melalui akun Twitternya.

Dalam dua hari aku diinterview 16 kali. Akhirnya selesai. Tetapi bagian utama di panelnya masih besok. Meskipun Vita di USA tidak laku, Danganronpa terjual sampai 100.000 unit, aku merasa senang karena rasanya bagaikan memiliki teman di seluruh dunia.

Di akhir panel Kazutaka yang bertema “My Ordinary Process for Crafting Extra-Ordinary Stories” (Proses Biasaku Untuk Meracik Cerita yang Luar Biasa), Kazutaka menekankan bahwa “Yang diperlukan untuk membuat karakter yang menarik adalah cinta”, dan menyatakan “Agar karakter tidak berkesan hanya memiliki satu dimensi, tidak hanya dibutuhkan cinta yang dalam, tetapi juga cinta yang luas. Mohon nikmatilah berbagai macam film, manga, dan game dengan berbagai macam genre”, lalu diakhiri dengan “Oleh karena itu, sekarang masih belum terlambat. Mari beli PS Vita”.

Seri game Danganronpa 1 & 2 yang awalnya dirilis di Jepang di PSP dan diremaster ke PS Vita dan diterjemahkan ke bahasa Inggris. Spinoffnya, Danganronpa Another Episode telah dirilis di PS Vita di Jepang pada September 2014 dan juga akan dirilis dalam bahasa Inggris pada akhir tahun ini. Selain itu, di acara GDC ini sendiri, Kazutaka telah mengkonfirmasikan kalau Danganronpa 3 sedang dikerjakan.

Sumber: Hachimakikou