[Monday Music] ZAQ

March 9, 2015 2:50 pm
[Monday Music] ZAQ

Untuk minggu ini, artis yang akan saya bahas di Monday Music adalah ZAQ, artis anisong yang muncul belum lama ini dan namanya langsung terdengar dimana-mana. Nama panggung ini cukup unik karena sangat mudah diingat dan diketik, entah dia memang sengaja memilih nama khusus tersebut atau mencari yang gampang diketik saja.

ZAQ adalah perempuan kelahiran tahun 1988 yang bergabung dengan label rekaman Lantis. Sejak umur tiga tahun, ZAQ sudah belajar bermain piano. Tetapi dia mulai memutuskan untuk menjadi penyanyi ketika melihat konser Minori Chihara pada saat kuliah.

Setelah memutuskan untuk menjadi penyanyi, ZAQ pun coba ikut berbagai audisi dan mendaftarkan diri untuk bergabung ke agensi, tetapi sayangnya semuanya gagal. Karena ini, dia pun memulai “karirnya” dengan meng-upload video utattemita di niconico. Berkat suaranya dan kemampuannya, ZAQ pun akhirnya bergabung dengan Lantis.

ZAQ pun memulai karirnya sebagai artis anisong dengan menyanyikan lagu Sparkling Daydream, lagu opening season pertama Chuunibyou demo Koi ga Shitai! yang berhasil membuat banyak orang joget bersama-sama di AFAID 13 dan AFAID 14.

Sejau ini, ZAQ sudah merilis delapan single, dimana semuanya adalah single anisong, dan satu album. Meski baru debut pada paruh akhir 2012, nama ZAQ cukup terkenal dikalangan penggemar anisong. Yang membuat ZAQ bisa sukses sampai sekarang adalah kemampuannya. Bagaimana tidak? Semua lagu dalam single dan albumnya dia karang sendiri, mulai dari liriknya, musiknya, hingga aransemennya.

Meski dia mengarang semua lagunya sendirian, lagu-lagu karangan dia sangat bervariasi, mulai dari Sparkling Daydream yang bisa membuat kalian langsung joget, Jiyuu to Iu Riyuu yang cukup aneh, hingga Extra Revolution yang penuh semangat.

Kini, ZAQ berniat untuk membuat namanya makin terkenal di luar Jepang dengan tampil di Lantis Festival 2015 in Seoul yang akan berlangsung pada tanggal 4 dan 5 April 2015.