Video “Bad Apple!!” Touhou Dibuat Ulang di Minecraft

March 10, 2015 5:48 pm
Video “Bad Apple!!” Touhou Dibuat Ulang di Minecraft

Masih ingat dengan video 3D sensasional yang menggunakan aransemen dari musik Touhou, “Bad Apple!!”? Video 3D yang menggunakan musik tersebut sangatlah populer dan telah dibuat ulang oleh banyak orang dalam wujud-wujud lain, seperti penambahan efek, proyeksi laser, hingga stop motion. Kini bertambah lagi satu video yang telah membuat ulang video tersebut, kali ini dengan menggunakan game Minecraft.

Mungkin bagi yang sudah pernah memainkan Minecraft akan menyebutkan “Berapa tahun bikinnya tuh?“, “Ini yang bikin no life banget” atau mencurigai kalau sebenarnya ini hanya video yang dimainkan di latar belakang Minecraft. Tapi tenang saja, karena pembuatnya yang memiliki nama akun Madara juga telah meng-upload video yang menjelaskan cara pembuatannya.

Di video di atas dijelaskan kalau Bad Apple!! di Minecraft ini jelas tidak dilakukan dengan cara menaruh blok satu-per-satu karena jelas sangat merepotkan. Madara mengatakan kalau ia menggunakan fitur baru dari Minecraft versi 1.8, yaitu command clone, di mana pemain dalam Creative Mode bisa mengkopi sejumlah blok ke tempat baru dengan menggunakan command code.

Tentunya itu tetap berarti Madara harus membuat semua frame terlebih dahulu sebelum semuanya dipindahkan dengan clone command. Tiap frame yang Madara buat berukuran 80×60 blok, dan Madara membuat sekitar 1.300 frame untuk menyelesaikan video ini, di mana 1 detiknya menggunakan 6 frame. Meskipun begitu, cara ini memang jauh lebih cepat dibandingkan dengan membuat bloknya satu-per-satu, sehingga Madara tidak perlu menghabiskan bertahun-tahun untuk membuat video ini, yang mana ia selesaikan “hanya” dalam 3 hari.

Bad Apple!! sendiri berasal dari game ke-4 dari seri Touhou, Touhou Lotus Land Story yang dirilis pada 1998 sebagai BGM dari salah satu stagenya. Pada tahun 2007, circle Alstromeria Records meng-aransemen musik tersebut menjadi seperti di atas untuk salah satu album mereka. Kepopuleran Bad Apple!! buatan Alstromeria Records tiba-tiba meledak pada tahun 2009 ketika video 3D hitam-putih yang menampilkan berbagai karakter Touhou di atas ditampilkan. Video tersebut kemudian menjadi video pertama di Nico Nico Douga yang berhasil mencapai 10 juta view, dan popularitasnya juga sampai menyebabkannya diliput oleh CNN (meski pemberitaannya salah).

Ketika CNN menjadi Cirno News Network

Madara sebelumnya telah membuat video Bad Apple!! menggunakan Minecraft pada awal Februari lalu, namum video tersebut memiliki jumlah frame-per-detik yang lebih kecil sehingga tidak nampak halus dan juga ukuran frame yang lebih kecil. Dirinya yang tidak puas akan hasilnya kemudian membuat video ini. Namun di video cara pembuatannya, Madara mengaku kalau ia masih belum puas dan kemungkinan akan kembali membuat yang lebih bagus lagi.