“Ping Pong! The Animation” Menjadi Anime of The Year di Tokyo Anime Award Festival

March 23, 2015 12:57 pm
“Ping Pong! The Animation” Menjadi Anime of The Year di Tokyo Anime Award Festival

Anime apa yang menjadi andalanmu tahun 2014 lalu sebagai anime yang terbaik? Apakah kamu memilih berdasarkan kualitas gambar dan memberikan suaramu pada anime seperti Fate/stay night milik Ufotable, atau kamu mencari cerita yang kocak seperti Gekkan Shoujo Nozaki-kun? Mungkin Sento Isuzu dari Amagi Brilliant Park juga menjadi faktor penting dalam pemilihan keputusanmu? Namun sayangnya bukan anime-anime diatas yang menjadi pemenangnya.

ping pong anime of the year taaf (3)

Masih ingat dengan artikel JOI Staff Picks mengenai anime terbaik di tahun 2014 versi para staf? Anime yang saya pilih sebagai anime terbaik ternyata benar-benar menjadi anime terbaik tahun 2014. Ya, Ping Pong! The Animation berhasil keluar sebagai Anime of The Year versi Tokyo Anime Award Festival pada acara Anime Japan 2015.


Tokyo Anime Award Festival adalah ajang bergengsi yang dimulai sejak tahun 2002, dan bergabung dengan acara Anime Japan sejak tahun 2013. Semua anime yang ditayangkan sejak bulan Desember 2013 sampai November 2014 memiliki hak untuk menduduki peringkat paling atas. TAAF memiliki 10 juri utama, namun mereka juga memiliki lebih dari seratus juri lain yang terdiri dari mereka yang terbaik di bidangnya, staf anime, sutradara, produser, kepala editor, bahkan sampai profesor dari universitas.

Ping Pong! The Animation disutradarai oleh Masaaki Yuasa, namun sayangnya sang sutradara berhalangan hadir dalam acara tersebut. Menggantikannya, dia menuliskan sebuah pesan berisi rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut yang diunggah lewat akun twitter resmi animenya. Kini beliau sedang merencanakan movie anime baru bersama Nobutake Ito, animator dari Ping Pong! The Animation yang juga memenangkan penghargaan sebagai animator terbaik.


Adapun alasan kenapa anime ini menjadi anime terbaik di tahun 2014, mungkin alasan saya beberapa bulan lalu dapat menggambarkannya:

Bila dibandingkan dengan anime-anime yang tayang di tahun 2014, Ping Pong! tergolong anime yang sangat unik. Dimana para kompetitor berusaha mencari penggemar dengan menggambar gadis-gadis moe dan baju kekurangan bahan, Ping Pong! memberikan sebuah rasa baru dimana kamu bisa menikmati sebuah anime purely karena animasi dan ceritanya. No funny business, it’s just you and the anime. Kualitas anime yang luar biasa smooth dipadu dengan cerita yang solid dan banyak cara baru menikmati anime, Ping Pong! The Animation adalah salah satu anime paling underrated di tahun ini, it’s an underdog. You may call me hipster for all I care, this anime is genuinely good for anyone who value great animation over panty shots.

Kini, Ping Pong! the Animation dapat disejajarkan dengan pemenang dari penghargaan ini di tahun-tahun sebelumnya seperti Howl’s Moving Castle, Spirited Away, Ponyo, Summer Wars, Mobile Suit Gundam SEED, Fullmetal Alchemist the Movie dan masih banyak judul bergengsi lainnya. Tidak terima kalau Ping Pong! The Animation berhasil menjuarai anime di tahun 2014?

ping pong anime of the year taaf (2)
Here’s Kong to the rescue