[Review] Persona 3 Movie #3 : Falling Down

April 5, 2015 7:11 am
[Review] Persona 3 Movie #3 : Falling Down

Setelah hampir satu tahun berlalu dari pemutaran Persona 3 Movie 2, akhirnya pada tanggal 4 April 2015, mulailah diputar movie ketiga dari Persona 3, yang sebelumnya disebutkan sebagai penutup (akhirnya) dari trilogi movie ini. Sejujurnya, setelah menonton movie kedua, Midsummer Knight’s Dream (yang reviewnya bisa dibaca di sini), saya sudah tidak memiliki ekspektasi lagi terhadap movie ini, karena ya… yang kedua benar-benar membosankan.

P301

Ya, intinya hanya menonton untuk melihat kelanjutan dari movie kedua. Jadi, setelah menontonnya, apakah saya puas dengan movie ketiga ini? Perlu diingat, bahwa saya hanya memainkan Persona 3 di awal, sehingga saya kurang tahu detil tentang cerita Persona 3 menjelang tamat.

Aksi Di Awal dan Akhir.. Sisanya? Drama.

Film dibuka dengan adegan pertarungan antara anggota S.E.E.S dengan Strega, yang kemudian berlanjut kembali ke kehidupan sehari-hari mereka, setelah beberapa kejadian setelahnya, yang sangat memberikan beban mental kepada Mitsuru, serta member-member lainnya, karena meskipun mereka sudah melakukan apa yang diperintahkan, Dark Hour tetap ada, dan mereka harus mencari cara untuk menyelesaikannya…

F 6

Atau setidaknya, itulah yang saya pikir akan menjadi fokus utama dari film ini, yang ternyata tidak sama sekali!

F 4

Setelah kejadian di movie kedua, Makoto mulai berpikir untuk menutup diri, agar pada saat ada orang yang ia cintai meninggal, ia tidak akan merasakan kehilangan dan rasa sedih yang mendalam, seperti yang sebelumnya dirasakan oleh teman-temannya, Akihiko dan Amada. Dan, pada saat itulah, muncul sang murid pindahan (dengan segala keanehan murid pindahan pada umumnya, terutama seragamnya yang berbeda dari anak-anak lainnya), yaitu Mochizuki Ryoji, yang memiliki kepribadian yang berbanding terbalik dari Makoto, yang akhirnya selalu mencoba berinteraksi dengan Makoto, sampai akhirnya ia mau membuka dirinya kembali.

F 4

Selain itu, film ini juga menceritakan hubungan antara Junpei dan Chidori yang masuk rumah sakit, setelah ditinggalkan oleh anggota-anggota Strega lainnya, yang kabur pada saat pertarungan dengan mereka. Junpei yang jatuh hati pada Chidori, selalu menjenguknya dan menghiburnya, serta mengajarkannya bermacam-macam hal. Sayangnya, hubungan antara keduanya tidak berjalan semulus yang diduga..

F 3

Lalu Apalagi..? Sedikit Fanservice dan Cameo

Jadi, untuk anime yang berlatar belakang di sekolah, tentunya tidak lengkap tanpa adanya bepergian dengan sekolah, dalam hal ini pergi ke Kyoto, menginap di penginapan dan pergi ke pemandian. Dan, ya, seperti biasa, adegan-adegan menarik dan lucu di pemandian, yang melibatkan semua karakter.

F 5

Selain itu, di sini juga diceritakan Makoto tanpa sengaja merobekkan baju dari President Tanaka.

TANAKA P3

Ya, om-om yang sering muncul di TV untuk menawarkan barang-barang mencurigakan ini, meminta ganti rugi kepada Makoto karena telah merusakkan bajunya, maka akhirnya Makoto kerja sambilan sebagai butler di salah satu cafe, ditemani juga dengan Ryoji, yang mungkin akan membuat para shippernya senang?

F 2

Konklusi Dari Trilogi Movie? No, I Don’t Think So…

Akhirnya, menjelang akhir film, Aegis tiba-tiba berhasil mengingat masa lalu, dan membeberkan identitas asli dari Ryoji, dan….

Persona the Movie #4, Last Episode, Coming Soon.

F 7

It’s not a Trilogy After All!

Verdict:

Ya… Oke lah, lebih baik daripada movie kedua, meski sepertinya lebih baik apabila film ini ditonton secara maraton sehabis menonton movie kedua. Bagi para pemain gamenya, mungkinkah akan mengantuk menontonnya, secara sudah mengetahui segala kejadian yang terjadi? Setidaknya, adegan sedih yang ditampilkan cukup menyentuh hati saya, dan juga bagaimana akhirnya Makoto berhasil mengubah pemikirannya, setelah melewati berbagai kejadian-kejadian tersebut, cukup menarik perhatian saya.

Akhir kata, saya cukup puas dengan film ini, terutama karena sebelumnya saya tidak memiliki ekspektasi apapun. Boleh dibilang, meskipun saya memiliki ekspektasi terhadap film ini pun, sepertinya ekspektasi saya juga terpenuhi.

Sekarang, kapankah movie selanjutnya akan keluar? Akankah benar-benar menjadi penutup dari seri movie Persona 3?

Official Website, Twitter