3 Seri Anime Diblokir di China, Situs Streaming Lokalnya Mendapat Hukuman

April 7, 2015 1:28 pm
3 Seri Anime Diblokir di China, Situs Streaming Lokalnya Mendapat Hukuman

China terkenal akan kebijakan sensornya yang ketat, tak terkecuali atau terutama mengenai tayangan yang ada di negaranya. Baru-baru ini 3 situs streaming anime di China diumumkan akan mendapat hukuman resmi dari pemerintah karena menayangkan 3 seri anime yang di-black list di sana.

HighSchoolOfTheDead02

Ketiga seri tersebut adalah Zankyou no Terror, Highschool of the Dead, dan Blood-C. Dan tiga perusahaan yang mendapat penalti antara lain Tencent Holdings Ltd, Youku Tudou Inc dan iQiyi milik Baidu Inc. Ketiga perusahaan itu akan mendapat hukuman resmi dari pemerintah China. Karena menurut Departemen Kebudayaan yang mengontrol sensor ini, ketiga seri tersebut dianggap “mengandung kekerasan dan pornografi yang menyebabkan kenakalan remaja dan merusak moral publik.”

Bc-visage

Sekarang China menerapkan kewajiban yang mengharuskan semua situs streaming untuk mendapatkan izin dari pemerintah sebelum mereka bisa menayangkan tayangan dari luar negeri, termasuk anime dari Jepang. Semua ini adalah bagian dari program pemerintah China untuk mengontrol internet dan mensensor “material yang dapat merusak publik serta partai penguasa, Partai Komunis.” Hukuman yang diberikan kepada para perusahaan itu juga tak diumumkan meskipun Kementrian Kebudayaan menyebutkan bahwa “hukumannya akan sesuai dengan undang-undang.”

Sumber: SGCafe