Sumbangan Tidak Tercapai, Tidak Ada Spear of Longinus Yang Akan Mendarat di Bulan

April 7, 2015 3:24 pm
Sumbangan Tidak Tercapai, Tidak Ada Spear of Longinus Yang Akan Mendarat di Bulan

Pada awal bulan Februari, telah diberitakan kalau tim Hakuto yang berencana untuk menembakkan Spear of Longinus ke bulan tengah mencari sumbangan dana untuk menghidupi proyek mereka.  Tim Hakuto adalah satu-satunya tim dari Jepang yang berkompetisi dalam Google Lunar XPRIZE dalam lomba menuju bulan. Pada awalnya, proyek ini berjalan dengan sangat cepat, meraup lebih dari 30 juta yen dari target 100 juta yen dan terlihat sepertinya dapat menjadi kenyataan.

Namun sepertinya kita tidak akan mendengar lagu “Fly Me to the Moon” menjadi kenyataan untuk sementara waktu. Kenapa? Karena proyek pencarian dana mereka lewat metode crowd funding yang dilakukan di situs READYFOR gagal mencapai targetnya. Tanggal 30 Januari adalah hari pertama mereka memulai mencari dana, dan dalam 38 hari mereka berhasil mendapatkan 35.38 juta yen menobatkannya sebagai proyek crowdfunding terbesar dan tercepat dalam hal pendanaan.

Sayangnya, kontribusi publik melambat setelah sampai pada titik tersebut, dan hanya sedikit perkembangan dana yang mengalir lewat pertengahan bulan Maret. Deadline mereka adalah tanggal 5 April, dan pada tanggal 2 April mereka hanya dapat mengumpulkan 40 juta yen saja.

Dalam usaha terakhir mendapatkan dana, mereka kemudian menerima donasi dari pihak internasional, namun sayangnya dana yang dikumpulkan dalam 3 hari terakhir pun tidak mencukupi. Pada penutupannya di pukul 11 malam pada tanggal 5 April, mereka berhasil mengumpulkan 54, 695,000 yen. Jumlah yang cukup besar dan mengagumkan, namun tetap saja jumlah tersebut hanya lebih sedikit dari setengah apa yang mereka coba kumpulkan.

Sayang sekali, tapi mimpi banyak penggemar Evangelion mungkin untuk saat ini belum bisa menjadi nyata. Bila saja tim Hakuto membuka pintu donasi dari pihak internasional sejak awal, mungkin hasilnya bisa jauh berbeda.

sumber: Rocketnews