Pengarang “Log Horizon” dan “MAOYU” Dituntut Karena Diduga Menggelapkan Pajak

April 13, 2015 5:09 pm
Pengarang “Log Horizon” dan “MAOYU” Dituntut Karena Diduga Menggelapkan Pajak

Kantor Kejaksaan Publik Distrik Tokyo dan Dinas Pajak Daerah Tokyo baru saja menuntut pengarang light novel Mamare Touno (Log Horizon/MAOYU) yang memiliki nama asli Daisuke Umezu dan perusahaan pemegang lisensi dari karyanya m2ladeJAM (dibaca “marmalade jam”) karena diduga telah melakukan penggelapan pajak dan melanggar Hukum Pajak Perusahaan pada hari Senin lalu.

Touno diduga telah gagal untuk membayar pajak royalti sebesar 120 juta yen dari hasil penjualan light novel MAOYU dan Log Horizon dan tidak dilaporkan dalam laporan pajak 3 tahunannya yang dilaporkan akhir tahun lalu. Menurut kantor kejaksaan, Touno berhutang pajak sekitar 30 juta yen kepada pemerintah Jepang.

Saat NHK menghubungi Touno dan meminta komentar beliau, sang penulis novel berumur 41 tahun tersebut mengatakan, “Aku sudah membayar pajakku, tapi aku tidak bisa berkomentar.

log horizon mamare dituntut penggelapan pajak (2)

Touno meluncurkan light novel Log Horizon di bulan maret 2011, dan light novel MAOYU pada bulan Mei 2011. Log Horizon sudah berhasil diadaptasi menjadi 2 season anime. Season pertamanya dikerjakan oleh Satelight pada bulan Oktober 2013 dan season keduanya dikerjakan oleh DEEN pada bulan Oktober 2014. MAOYU juga berhasil diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan pada bulan Januari 2013.

sumber: ANN