[Review] Dragon Ball Z : Fukkatsu no F

April 19, 2015 21:18
[Review] Dragon Ball Z : Fukkatsu no F

Pada tanggal 18 April 2015, film layar lebar terbaru Dragon Ball Z : Fukkatsu no F (Dragon Ball Z : The Revenge of F), akhirnya mulai ditayangkan di bioskop-bioskop di seluruh Jepang. Saya, sebagai salah satu generasi yang hidup dan dibesarkan oleh Dragon Ball, tentunya sangat menanti-nantikan film ini, apalagi untuk nilai nostalgianya, karena sekali lagi movie ini kembali membuat ulang pertarungan klasik Son Goku vs Frieza, dengan skala yang jauh lebih besar tentunya. Apakah untuk kali ini saya terpuaskan oleh movie ini? Berikut review dan pendapat saya.

Kembalinya Frieza, Stronger Than Ever Before

F04

Cerita dimulai dengan beberapa anak buah Frieza, yang dipimpin oleh Sorbet, yang mencari cara untuk menghidupkan kembali Frieza, yaitu dengan memohon kepada Shen Long, dengan mengancam Pilaf dan anak-anak buahnya, Shuu dan Mai, yang berhasil mengumpulkan Dragon Ball. Frieza berhasil dihidupkan, dan dengan amarahnya yang membara, ia berencana untuk membalas dendam kepada para orang-orang Saiyan yang telah membunuhnya, terutama kepada Son Goku.

F01

Akhirnya, setelah latihan selama kurang lebih 6 bulan, Frieza melaksanakan rencananya untuk membalas dendam, dengan membawa ribuan pasukan bersamanya ke Bumi. Frieza telah bangkit kembali, dan memiliki kekuatan yang sama sekali berbeda dengan dirinya yang sempat dibunuh oleh Trunks, dan bisa berubah menjadi Golden Frieza!

F02

Selain Frieza, Kembalinya Aksi Dari Para Karakter Lama

Selain pertarungan Frieza melawan Son Goku, yang membuat saya senang kali ini adalah banyaknya adegan pertarungan para pemeran-pemeran pendamping, meskipun hanya melawan anak-anak buah Frieza, antara lain seperti Son Gohan, Piccolo, Krillin, Ten Shin Han, dan yang paling tidak disangka adalah Kamesennin juga ikut bertarung.

F08

Akan tetapi, karakter-karakter lain yang lebih kuat, seperti Goten atau Trunks, tidak muncul sama sekali (sedikit kecewa juga sih…), tetapi dengan sedikitnya karakter yang berperan, adegan pertarungan menjadi lebih fokus, dan ya.. Anggaplah seperti fanservice bagi para penggemar lama Dragon Ball.

F03

Oh, tapi, bagi kalian para fans Yamcha (kalau ada), jangan khawatir, karena ia tidak muncul sama sekali di movie ini, jadi kalian tidak perlu khawatir ia akan mati lagi di tangan para kroco-kroco, seperti figurnya yang terkenal akhir-akhir ini.
Alasan Yamcha tidak ikut bertarung adalah karena Ten Shin Han menganggap pertarungan ini berbahaya bagi mereka, sehingga ia pergi sendiri meninggalkan Yamcha dan Chaos. Poor Yamcha, bahkan dirinya dianggap lemah oleh temannya sendiri.


Ya, daripada mati lagi…

Adegan Pertarungan Yang Intens dan Berkelanjutan Dari Pertengahan Sampai Akhir Film

F05

F07

Seperti yang dikatakan di trailernya, it’s all about battle! Ya, intinya adalah pertarungan kembali antara Frieza dan Son Goku, dengan kekuatan yang telah meningkat beberapa level dari pertarungan sebelumnya. Kalau boleh dibilang, secara cerita lebih bagus film Dragon Ball Z sebelumnya, Battle of Gods, tetapi memang dari awal yang saya harapkan adalah adegan pertarungan sebanyak-banyaknya, dan film ini memenuhi ekspektasi saya.

F12

Bagi kalian yang mengharapkan aksi dari Vegeta, jangan khawatir karena ia juga mengambil bagian yang cukup besar, tetapi menceritakannya lebih jauh akan sangat meng-spoil cerita film ini, jadinya seperti apa jadinya bisa kalian tunggu nantinya kalau film ini bisa diputar di Indonesia atau menunggu versi Blu-raynya.

Mungkin sangat tidak berkaitan, tetapi setelah sekian lama tak menonton Dragon Ball Z, saya akhirnya menyadari kalau Vegeta itu tsundere sekali ya terhadap Goku, apalagi ada beberapa adegan di film ini yang saya yakin bakalan jadi ‘bahan’ bagi para shipper Goku x Vegeta (kalau ada..)

Verdict:

Wajib ditonton! Terutama bagi kalian semua yang merindukan aksi dari para pemeran-pemeran lama. Bahkan, Burma pun cukup banyak muncul, meski tidak bertarung sama sekali. Disarankan juga untuk menonton film sebelumnya, karena para dewa yang muncul, Beerus dan Whis, juga memiliki cukup banyak peranan di film ini.

F11

Satu hal yang pasti, perkembangan menuju endingnya agak tidak saya sangka dan agak berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Bonus

F06

Seperti biasanya di Jepang, untuk para penonton yang menonton dari hari pertama pemutaran atau mulai setiap akhir minggu, akan diberikan bonus pada saat memasuki ruangan bioskop. Untuk 1.500.000 penonton pertama di seluruh Jepang, akan mendapatkan semacam material book yang berisikan desain, sejarah, dan hubungan para tokoh, bahkan naskah dialog film dari awal sampai tamat, terdapat di dalam buku tersebut. Selain itu, juga diberikan postcard bergambar Momoiro Clover Z yang berdandan ala karakter-karakter Dragon Ball Z, serta kartu untuk dimainkan di mesin arcade.

Official Website