[3 Eps Rule] Shokugeki no Soma

April 22, 2015 2:32 pm
[3 Eps Rule] Shokugeki no Soma

Seri yang seringkali perlu diingatkan bahwa seri ini adalah tentang masak memasak di banyak bagian di berbagai chapternya ini akhirnya dapatkan anime setelah kepopulerannya yang sangat tinggi membuat banyak pembaca bertanya-tanya “kapan anime?”. Setelah 3 episode berlalu, apakah adaptasi anime Soma dapat menjawab ekspektasi pembaca manga akan gambaran makanan lezat dan reaksi seksi para tester makanannya?

Berkisah tentang Soma Yukihira, seorang koki muda dari restoran keluarga kecil yang didirikan oleh ayahnya. Soma tumbuh dan belajar memasak dari sang ayah, yang pada akhirnya memaksanya untuk masuk ke akademi memasak elit dengan tingkat kelulusan dibawah 10% tiap tahunnya. Dapatkah Soma dengan kemampuan dan tingkah lakunya yang “eksentrik” ini menemukan tempat di antara elit restoran tingkat tinggi? Berhasilkah ia menelanjangi para tester makanannya dengan reaksi seksi yang muncul hampir tiap chapter manganya?

vlcsnap-2015-04-12-17h55m50s226

Tetap Bukan Acara Kuliner

Harapan pertama saya sebagai penikmat masakan enak adalah bawa animenya harus berhasil menggambarkan makanan yang muncul dalam manganya tetap terlihat enak dan menggiurkan meski hanya sebuah “animasi”. Dapatkah berbagai makanan yang tampil dalam anime ini membuat saya menitikkan air liur dan menekan tombol darurat 14045 di telepon saya? Jawabannya Ya dan Tidak.

Tidak seperti acara di saluran TV Asian Food Channel atau video memasak koki terkenal seperti Gordon Ramsay dan Donal Skehan, animasi 2D tetap memiliki batasan untuk menggambarkan sebuah “makanan lezat”. Tetapi meskipun begitu saya tetap dapat merasa tergiur dengan depiksi makanan di episode 1 dan 3, yang mana terlihat cukup “juicy” untuk sebuah animasi 2D. Kudos untuk studio animasi yang tidak memandang sebelah mata gambaran makanan yang seharusnya menjadi fokus utama serial ini selain reaksi seksi para heroinenya.

vlcsnap-2015-04-12-17h53m21s10

Pacingnya Santai

Adaptasi animenya tidak terburu-buru untuk mengejar ketertinggalan dengan manganya. Bisa kita harapkan bahwa anime ini mungkin setidaknya akan setia mengikuti manganya.

Dilihat dari beberapa adegan, tampaknya animenya akan meng-cover perjalanan Soma hingga bagian Aki no Senbatsu/Pemilihan Musim Gugur yang baru saja berakhir beberapa bulan lalu. Tapi apakah cukup dengan 13 episode? Mungkin animenya akan berjalan sebanyak 24 Episode?

Anime Sekedar Adaptasi

Meskipun diadaptasi dari manga hits, 3 episode ini sudah berhasil memberi vonis akan akhir dari anime ini. Anime Soma berhasil mengadaptasi manga masak epik ke layar kaca dengan baik. Tapi tidak bisa lebih dari itu.

Mungkin saya terlalu cepat memutuskan, tapi apalah yang bisa diangkat lagi dari manganya selain reaksi seksi berwarna dan bersuara? Bagusnya? Sama dengan manganya. Jeleknya? Kurang indah dari manganya. Saya masih lebih demen lihat gambarnya Tosh-sensei di manga.

VQ6wTCe

Soma akan jadi anime yang bagus, tapi tidak menakjubkan. Dan kita disuguhi banyak anime bagus musim ini. Sayang sekali.