Seorang Mahasiswa Jepang Sedang Membuat Robot Hatsune Miku

May 23, 2015 11:30 am
Seorang Mahasiswa Jepang Sedang Membuat Robot Hatsune Miku

Dalam mengubah karakter 2 dimensi menjadi 3 dimensi, banyak cara yang dilakukan oleh manusia. Mulai dari membuat Dakimakura yang bisa berbicara, sampai ke menggunakan bantuan alat Virtual Reality yang dibantu oleh alatalat lain. Namun seorang mahasiswa Jepang, Takuma Takemoto (23 tahun) yang menuntut ilmu di Universitas Kwansei Gakuin melangkahkan kakinya lebih jauh lagi dengan membuat sebuah robot Hatsune Miku seukuran manusia.

Robot Miku buatannya ini dipenuhi dengan berbagai macam fitur supaya robot tersebut bisa mengekspresikan banyak sekali hal. Dengan sebuah kamera, Miku-bot dapat membaca perubahan ekspresi dari pemiliknya dan menghasilkan berbagai macam reaksi dan tindakan yang tepat secara real time. Di lehernya pun terdapat motor yang dapat membuat ekspresinya makin ‘hidup’ dengan pergerakan kepalanya.

mahasiswa membuat robot miku (2)

Tentu saja, robot ini pun memiliki kemampuan menyanyi layaknya Miku, cukup dengan memperdengarkan lagu kepada microphone dan mengunggah liriknya ke dalam komputer Miku-bot secara manual. Takemoto juga mengaku dia adalah seorang penggemar Miku, ide awal dia membuat Miku-bot adalah karena dia menonton konser virtual sang idol di layar kaca.

Aku tidak bisa puas hanya menjadi seorang penggemar“, ungkap Takemoto. “Aku ingin supaya Hatsune Miku bisa berjalan di dunia ini.

Dia berharap untuk dapat mengembangkan teknologinya di masa depan dengan menciptakan lebih banyak robot karakter virtual dan mungkin dapat membuat mereka berdansa. Sebuah ide yang sangat menarik bila dia bisa mewujudkan semua karakter Vocaloid menjadi nyata, menggantikan konser hologram yang sempat dipentaskan di Indonesia. Namun mungkin dia harus berpikir 2 kali sebelum menghidupkan Mikudayo.

mahasiswa membuat robot miku

sumber: ANN
gambar: Zerochan