Hanya Rumor, Konsol Nintendo NX Tidak Akan Memakai Sistem Operasi Android

June 3, 2015 06:43
Hanya Rumor, Konsol Nintendo NX Tidak Akan Memakai Sistem Operasi Android

Hanya rumor, ternyata konsol next-gen Nintendo yang memiliki kode Nintendo NX tidak akan mengadaptasi sistem operasi Android ke dalam sistem gaming terbarunya. Informasi yang diklaim oleh koran Jepang Nikkei didapat dari ‘orang dalam’ ditepis mentah-mentah oleh Nintendo dan berita tersebut dikonfirmasikan sebagai hoax.

Juru bicara Nintendo kemudian mengomentari artikel dari koran Nikkei tersebut, “Tidak benar adanya laporan kalau kami akan mengadopsi sistem Android untuk NX.” Juru bicara tersebut mengomentari berita mengenai adanya laporan dari ‘orang dalam’ Nintendo yang membocorkan kepada koran Nikkei bila mereka akan menggunakan sebuah sistem operasi open source buatan Google.

Walaupun memakai sistem operasi Android terbukti memiliki keuntungan tersendiri kepada user karena tersedianya jutaan aplikasi dalam Google Play Store, namun hal tersebut juga memiliki resiko lain yang tidak kalah riskan. Banyak aplikasi-aplikasi dari Play Store yang sudah dapat dibajak, smartphone Android yang dikonfigurasi ulang, dan masih banyak resiko berbahaya; terutama pada sisi penjualan software nantinya.

CEO Nintendo, Satoru Iwata pada tahun lalu memang sempat berkata kalau Nintendo akan melebarkan sayapnya ke dunia smartphone dengan membentuk tim khusus untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Namun bukan berarti mereka akan serta merta mengadaptasi sistem tersebut dalam gamenya. Yang pasti, Satoru Iwata sudah mengkonfirmasi kalau mereka sedang merundingkan prospek mengangkat region lock dari konsol mereka.

sumber: Crunchyroll

Sorry. No data so far.