Mengecewakan, Hanya Ada 3 Circle Yang Mengikuti Acara Doujinshi Khusus Danmachi

June 3, 2015 10:00 am
Mengecewakan, Hanya Ada 3 Circle Yang Mengikuti Acara Doujinshi Khusus Danmachi

Kita semua tahu, seri DanMachi menjadi sangat populer belakangan ini, terima kasih kepada seutas tali (atau pita) yang menahan beban milik Hestia sang waifu of the season. Hestia yang menarik perhatian banyak orang langsung melahirkan ribuan fanart dan buku-buku bacaan yang membanjiri acara-acara pasar doujin lokal Jepang, if you know what I mean. Namun, pada saat DanMachi mengumumkan acara pasar doujin-nya sendiri, hanya ada 3 circle yang berpartisipasi dalam acara ini, kenapa?

danmachi dungeoun kumikyoku hanya 3 circle yang datang
Ilustrasi oleh Mio Kujou

Pada tanggal 14 Juni mendatang, sudah direncanakan dibuatnya pasar doujin yang secara eksklusif akan bertema DanMachi, acara tersebut bernama Dungeon Kumikyoku. Acara ini diadakan di Tokyo Metropolitan Industrial Trade Center di kota Hamamatsu. Dungeon Kumikyoku akan memiliki ruangan yang cukup untuk menampung ratusan circle doujin dan sebuah ruangan cosplay yang luar biasa lega.

Namun, seperti yang sudah dikemukakan di atas, hanya ada 3 circle yang sudah mendaftarkan diri mereka: Sound_and_Vision, Kinugoshi Craft, dan Desktheory. Tentunya sebuah circle tidak terdiri hanya dari 1 ilustrator saja, namun bisa saja mereka circle-circle dengan banyak anggota. Namun mengingat ruangnya cukup untuk ratusan circle, apakah 3 circle besar dapat memenuhi semuanya?

danmachi dungeoun kumikyoku hanya 3 circle yang datang

Hal ini menyebabkan banyaknya spekulasi yang mencuat di antara penggemar di Jepang, apakah kepopuleran DanMachi mulai memudar, atau memang kepopuleran DanMachi hanya ditopang oleh seutas tali saja. Padahal penjualan light novel dan jumlah doujin yang terdapat di acara Comic1 di Tokyo Big Sight mencapai angka yang impresif.

Apakah benar kepopuleran DanMachi hanya sebatas aset Hestia saja? Atau masih ada harapan di waktu 2 minggu yang tersisa untuk mengisi pasa doujinshi Dungeon Kumikyoku? Hal ini hanya bisa dijawab pada tanggal 14 Juni nanti.

sumber: ANN
gambar: Pixiv