Penayangan ‘Shingeki no Kyojin’ Dalam Shanghai International Film Festival Dibatalkan Secara Sepihak

June 11, 2015 15:15
Penayangan ‘Shingeki no Kyojin’ Dalam Shanghai International Film Festival Dibatalkan Secara Sepihak

Tentunya kamu sudah membaca mengenai pemblokiran anime dan manga yang diedarkan di China kemarin. Menurut Menteri Kebudayaan China, Liu QiangDaftar tersebut adalah sebuah hasil dari evaluasi para investigator dan review dari para ahli kementerian. Kami berharap daftar ini dapat mengarahkan situs-situs ke arah impor komik dan animasi yang lebih baik.” Salah satu anime dari daftar tersebut adalah “Shingeki no Kyojin” dan anime itulah yang sedang berada dalam masalah.

snk batal tayang di shanghai intl film fest (3)

Shingeki no Kyojin dijadwalkan untuk ditayangkan dalam acara “Japan Film Week” di Shanghai International Film Festival yang berlangsung mulai tanggal 13 sampai 21 Juni. Pada tanggal 10 kemarin, seharusnya acara tersebut menayangkan Shingeki no Kyojin bersama 7 karya lainnya dalam Japan Film Week, namun hal tersebut dibatalkan secara sepihak dan tiba-tiba.

Koran Mainichi Shimbun melaporkan menurut sumber mereka terkait hal tersebut, film anime yang bersangkutan sudah dicek sebelumnya dan diijinkan untuk ditayangkan. Sayangnya, 1 hari sebelum film tersebut ditayangkan komite eksekutif dari festival film tersebut membatalkan secara sepihak penayangannya.

snk batal tayang di shanghai intl film fest

Sejak tanggal 1 April lalu, sebuah peraturan baru di China mengenai pemberian ijin untuk menayangkan video asing di internet mulai diberdayakan. Pada saat itu, kementerian mulai memblokir judul-judul yang memiliki “adegan sadis, pornografi, terorisme, dan pelanggaran moral di depan publik” yang mungkin dapat memicu munculnya pelaku kejahatan di bawah umur. Situs-situs yang mengunggah konten-konten tersebut langsung dimasukan dalam daftar investigasi.

sumber: ANN