‘KanColle’ Kembali Mengungguli Touhou Dalam Acara Comiket 88

June 14, 2015 12:00 pm
‘KanColle’ Kembali Mengungguli Touhou Dalam Acara Comiket 88

Seperti biasa, sebelum acara Comiket dimulai para pengunjung dapat mencari circle favorit mereka terlebih dahulu lewat katalog yang sudah dipersiapkan. Katalog tersebut berisi semua circle doujin yang datang dalam Comiket beserta tempat dan doujin-doujin apa saja yang akan mereka jual. Sama seperti di Comiket 87, para penggemar melakukan penghitungan awal, dan hasilnya KanColle masih tetap mengungguli Touhou di ajang Comiket 88.

Sebuah penghitungan yang dilakukan para penggemar dari katalog menunjukkan kemenangan KanColle terhadap Touhou, dengan sebanyak 1,846 circle membawa karya bertema KanColle dan 1,496 circle membawa karya bertema Touhou. Walaupun keduanya tetap berada di atas, terjadi penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

kancolle kembali mengungguli touhou C88
Semoga doujin Kriegsmarine semakin banyak
(sumber)

Tahun lalu, ada 2,456 circle yang membawakan karya bertema KanColle dan ada 1,995 circle yang datang dengan karya bertema Touhou. Keduanya mengalami penurunan lebih dari 20 persen, kemungkinan banyak circle lain yang terserap oleh seri-seri populer yang tampil pada season musim dingin dan musim semi. DanMachi misalnya, yang meraih kepopuleran dalam acara Comic1 namun tampil mengecewakan di acara doujinnya sendiri.

Belum ada hasil penghitungan seri-seri lain yang sudah dipublikasikan oleh para penggemar, sepertinya hubungan 2 rival raksasa yang berada di puncak Comiket ini memang lebih seru dibandingkan yang lainnya. Namun siapa yang tahu bila seri-seri lain seperti DanMachi dan Amagi Brilliant Park yang heroine utamanya menjadi ‘ratu comiket’ di acara comiket 87 dapat menyusul kepopuleran duo raksasa ini di masa depan.

sumber: ANN
gambar: Pixiv