Sekuel Seri Klasik “Shenmue III” Diumumkan, Tembus Kickstarter Dalam Waktu 9 Jam

June 17, 2015 1:55 pm
Sekuel Seri Klasik “Shenmue III” Diumumkan, Tembus Kickstarter Dalam Waktu 9 Jam

Berapa banyak yang pernah main Shenmue? Mungkin tahu karena sering dengar, tapi dengan umur game dan juga konsolnya yang lebih tua dari PS1, wajar jika game ini luput dari radar para gamer casual atau gamer muda, termasuk saya. Tapi salah satu bom besar yang dibanting Sony dalam E3 kemarin adalah sekuel ketiga yang dinanti lebih dari satu dekade oleh para gamer. Reaksinya? Lihat sendiri:

Shenmue III akan kembali dibuat oleh para kru dan staf utama dari 2 game sebelumnya untuk platform Dreamcast (ada yang tahu Dreamcast itu apa? Ada yang masih ingat pernah main? Bagus, karena saya lihat langsung saja belum pernah) dan dana untuk membuatnya dikumpulkan di Kickstarter dengan target 2 Juta USD untuk platform PC dan PS4.

Tapi tenang saja bagi yang baru lihat karena dalam waktu 9 jam saja sejak dibuka kemarin, target 2 Juta tersebut langsung tercapai! Hal ini membuat Kickstarter Shenmue 3 adalah proyek game di Kickstarter yang tercapai paling cepat dengan jumlah paling besar. Rekor sebelumnya dipegang oleh Yooka-Laylee dengan 1 Juta USD dalam waktu 6 Jam. Sampai artikel ini ditulis Shenmue III sudah menembus 4 stretch goals dengan dana yang terkumpul sebesar 2.8 Juta USD.

Tanpa sepengetahuan banyak orang, Shenmue dianggap sebagai salah satu seri legendaris. Apa sih yang membuat Shenmue begitu dipuja? Pada masanya, Shenmue adalah game dengan bujet terbesar, yang baru bisa ditandingi oleh GTAIV di tahun 2008. Perbandingan, Shenmue adalah game Dreamcast yang rilis tahun 1999, sedangkan GTAIV itu PS3. Rekor itu bertahan melewati 2 generasi konsol dalam waktu hampir 1 dekade.

Shenmue juga diusung sebagai pionir game dengan konsep open-world, kalau kamu pikir GTA adalah seri game open world/sandbox pertama, mari menengok game yang dirilis di konsol yang lebih tua dari PSX ini. Game ini juga dikatakan sebagai game pengguna QTE pertama, dan kalau ngeluh soal grafik, bandingkan sendiri grafik Shenmue dengan game terkenal yang dirilis di tahun yang sama, 1999:

Final Fantasy VIII (PS1):

HaviYzN

Shenmue (Dreamcast):

pYDW2KC

Salah satu alasan yang paling penting mengapa sekuel ketiga ini sangat ditunggu, adalah karena game ini di”kampak” sebelum selesai. Shenmue tidak seharusnya menjadi game 2 part saja, karena dari 16 chapter cerita yang dibuat untuk saga Shenmue, 2 game yang sudah rilis baru merangkum 5 chapter saja. Bahkan main heroinenya baru muncul di akhir game kedua! Dengan ini harapannya saga Shenmue bisa diselesaikan dengan tuntas dibawah payung Sony.

Salut untuk fans Shenmue yang meski game-nya nyaris tidak diketahui khalayak luas, tetap setia bertahan hingga belasan tahun. Ini baru namanya fans sejati! Ditunggu game-nya nanti!

Sumber: Neogaf