Setelah 6 Tahun Berpisah, Kini To Love-Ru Darkness Kembali ke Dalam Jajaran Manga Shonen JUMP

June 27, 2015 12:30 pm
Setelah 6 Tahun Berpisah, Kini To Love-Ru Darkness Kembali ke Dalam Jajaran Manga Shonen JUMP

Berita baik bagi para penggemar seri To Love-Ru, Paman-paman mesum, dan para kaum Adam secara general yang menyukai manga tersebut. Dalam edisi terbarunya, dikabarkan kalau To Love-Ru: Trouble Darkness akan berpindah dari majalah bulanan JUMP SQ dan kembali ke majalah mingguan Shonen JUMP. Sebelumnya, To Love-Ru pernah dimuat dalam Shonen JUMP sejak April 2006 sampai Agustus 2009, namun karena berbagai alasan, manga tersebut berpindah ke JUMP SQ.

tlr trouble darkness kembali ke majalah jump

Majalah JUMP SQ (Square) merupakan majalah manga bulanan milik Shueisha yang menerbitkan manga-manga yang ditujukan kepada pembaca remaja sampai awal 20 tahunan. Ukuran demografis ini memberikan pembaca yang lebih ‘pantas’ secara usia dan kebebasan waktu bagi Yabuki-sensei untuk menyelesaikan manganya.

Ada beberapa alasan kenapa To Love-Ru berpindah, salah satunya adalah manganya yang kurang populer di kalangan pembaca Shonen JUMP. Bukan artinya pembaca Shonen JUMP tidak menyukainya, namun banyak diantara pembacanya yang masih muda, dan mereka malu bila harus memilih seri mesum tersebut dalam angket mingguan Shonen JUMP. Sehingga menghasilkan performa yang kurang baik bagi rating To Love-Ru sendiri.

tlr trouble darkness kembali ke majalah jump (3)

Namun alasan paling kuat mengenai kepindahannya adalah karena Yabuki-sensei saat itu sedang dalam masa yang sulit. Dia ditinggal kabur oleh istrinya yang menculik putri mereka, dan saat anak mereka berdua ditinggalkan di rumah orang tua, istrinya tersebut selingkuh dan memakai kartu kredit Yabuki-sensei tanpa sepengetahuannya. Saat bercerai, istrinya meminta Yabuki-sensei membayar semua royalti manga, anime, dan merchandise terkait Haruna Sairenji karena karakter tersebut dibuat berdasarkan dirinya.

Lebih banyak lagi detil mengenai alasan Yabuki-sensei memindahkan To Love-Ru dapat dibaca di artikel ini.

Namun kali ini, perpindahannya ke majalah mingguan Shonen JUMP berarti manga ini akan rilis jauh lebih cepat dari sebelumnya. Walaupun sekarang harus terbit lebih cepat dan pastinya akan lebih sibuk, saya harap Yabuki-sensei dapat mempertahankan kualitas gambarnya.  Selamat kepada To Love-Ru: Trouble Darkness yang berhasil kembali ke dalam majalah Shonen JUMP!

tlr trouble darkness kembali ke majalah jump (1)

sumber: Kitakubu