[Review] Oregairu Zoku

July 1, 2015 15:56
[Review] Oregairu Zoku

Hello! kembali di review anime ala JOI, kali ini saya mau review salah satu sinetron anime yang baru saja selesai season 2 nya dengan judul Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku (seriously saya mesti copas judulnya dari google saking panjangnya).

Melanjutkan kisah the dark knight Hachiman dengan anggota Services Club, kongou Yui dan Yukino, akankah season 2 ini dapat menarik perhatian dan membuat perasaan anda bagai naik roller coaster?

Review ini mungkin mengandung spoiler, read it at your own risk

All I need is something genuine

[Commie] Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku - My Teenage RomCom SNAFU TOO! - 08 [88888888].mkv_snapshot_18.23_[2015.06.29_21.42.32]

Jika saya disuruh menggambarkan anime ini dalam satu kalimat, maka kalimat diatas sangat tepat. Berbeda dengan season 1 nya dimana fokus cerita pada Services Club dengan berbagai request dari orang lain. Season 2 ini lebih berfokus kepada character development Hachiman yang selalu galau dan orang sekitarnya. Tergantung selera penonton, hal ini bisa berakibat mengurangi minat menonton atau tidak. Bagi saya ini menjadi menarik karena karakter yang terlihat gak penting di season sebelumnya akhirnya ada development nya di season ini. Terutama untuk Hachiman karena akhirnya saya bisa memahami dirinya dan tidak perlu lagi mencak “lu maunya apaan sih?” seperti sebelumnya.

Drama everywhere

[Commie] Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku - My Teenage RomCom SNAFU TOO! - 12 edited

Namanya juga sinetron anime, tentu tidak luput dari drama. Selamat datang di oregairu dimana emosi kalian akan dimainkan seperti layaknya roller coaster, kadang asyik, kadang nge-feels, kadang bikin kesel sendiri. Terkadang drama nya pun tidak bisa kita prediksi seperti yang tidak diduga Hayato mengembalikan nama baik Hachiman setelah di “lecehakan” oleh gebetan saat middle school sungguh bromance sekali!

[Commie] Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku - My Teenage RomCom SNAFU TOO! - 04 [44971E41].mkv_snapshot_14.47_[2015.06.29_21.41.40]“Don’t you think it’s about time you stopped sacrificing yourself?”

Drama yang paling menarik menurut saya adalah bagaimana Hachiman menyelesaikan sebuah masalah dengan mengorbankan dirinya hingga menimbulkan konflik lanjutan, dan bagaimana Hachiman serta orang sekitarnya membereskan konflik yang muncul tersebut, menurut saya menarik untuk diikuti.

Dialog terselubung

[HorribleSubs] Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru Zoku - 13 [720p].mkv_snapshot_04.49_[2015.06.29_21.44.19]seperti ular, sangat berbisa

Oregairu penuh dengan dialog mulai dari yang penting hingga tidak penting, mungkin untuk penonton yang suka anime menghibur akan merasa bosan. Tetapi percayalah dialog itulah yang menjadi inti cerita dan mungkin kalian harus memperhatikan dari episode awal hingga akhir untuk memahami inti ceritanya. Masalahnya dialog ini tidak diucapkan secara harafiah dan tidak jarang kalian harus sedikit memutar otak untuk memahami maksudnya apa. Seperti contoh Haruno yang terlihat bersikap manis kepada Yukino dan Hachiman, tetapi kata manis itu bisa bermakna lain seiring berjalannya cerita dan menimbulkan spekulasi. Ya betul udah seperti berhubungan dengan wanita, penuh dengan kode dan teka-teki.

Cliffhanger ending

[HorribleSubs] Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru Zoku - 13 [720p].mkv_snapshot_21.26_[2015.06.29_21.45.08]Dari semua poin mungkin kalian setuju dengan saya bahwa poin inilah yang paling mengesalkan dari season 2 ini dimana endingnya sendiri tidak layak disebut ending. Ibarat naik roller coaster, udah naik sampai atas terus tiba-tiba roller coaster-nya diam tanpa turun terjun ke bawah, itulah gambaran endingnya, kentang bro! Hal ini bukan tanpa sebab karena anime nya sendiri sudah balapan dengan novel nya. Jadi kalian antara harus menunggu novel jilid 12 nya rilis dengan bahasa dewa tentunya, atau menunggu season 3 yang gak jelas kapan, sama gak jelasnya dengan nembak cewe dan dapat jawaban “beri aku waktu berpikir ya”.

Tetapi endingnya sendiri mempunya poin plus menurut saya yaitu membuka banyak kemungkinan seperti apa maksud endingnya dengan berbagai macam spekulasi yang dapat beredar. Kenapa? karena seperti poin sebelumnya yang saya bilang, dialog terakhir antara Hachiman, Yui, dan Yukino tidak diucapkan secara harafiah apa maksudnya. Jadi  jangan bingung jika sebuah confession saja bisa memakan waktu 1/4 episode itu sendiri dengan kalimat muter-muter.

Verdict: Nananananananananananana BATMAN!/10

[Commie] Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku - My Teenage RomCom SNAFU TOO! - 09 [7CDB4C48].mkv_snapshot_03.06_[2015.06.29_21.46.35]

Bagi yang sudah menonton season 1 tidak ada salahnya untuk menonton lanjutannya, seriously it’s good! Dan bagi yang belum menonton sama sekali, saya sarankan untuk memulai menonton dari season 1 terlebih dahulu. Oregairu menawarkan cerita yang dalam dan sedikit memutar otak untuk mengerti. Jadi jika kalian tidak suka anime mikir dan nge-feels dan memilih tontonan menghibur dengan banyak komedi, ini mungkin bukan buat kalian. Tetapi jika kalian suka anime drama romance dengan fokus cerita, maka anime ini layak ditonton.

Cukup banyak pelajaran yang bisa diambil dari anime ini, salah satunya adalah jadilah penyendiri niscanya akan ada dua cewe moe yang memperebutkan kalian meskipun kalian membenci dan menyakiti diri sendiri, percayalah masih ada orang yang peduli dengan kalian.

Ah meskipun saya menyebutkan romance tapi jangan berharap akan ditonjolkan disini. Oregairu lebih menyajikan drama antara Hachiman, dirinya, dan orang sekitarnya dimana kepribadian Hachiman sendiri memang twisted, tetapi pada akhirnya kita mengetahui bahwa Hachiman adalah manusia sama seperti kita semua.

Sebagai penutup, mari kita sambut best girl di oregairu!

[Commie] Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku - My Teenage RomCom SNAFU TOO! - 08 [88888888].mkv_snapshot_06.25_[2015.06.29_21.45.45]#TeamSensei!