Dimanakah Batasan Antara ‘Onee-san’ Dengan ‘Oba-san’? Inilah Jawaban Orang Jepang

July 3, 2015 5:35 pm
Dimanakah Batasan Antara ‘Onee-san’ Dengan ‘Oba-san’? Inilah Jawaban Orang Jepang

Umur adalah sesuatu yang mutlak, kamu yang sudah berumur diatas 20 tahun tidak lagi bisa merasa seperti mereka yang masih berada di usia belasan tahun. Begitu pula dengan yang sudah menginjak umur 30 tahun pastinya memikirkan sebotak apa kepalanya di umur 40 nanti. Tapi, walaupun umur bersifat absolut, penampilanmu tetap dapat dimanipulasi supaya terlihat muda.

Contoh mudahnya adalah Kazuko Inoue, nenek cantik berusia 42 tahun yang terlihat sama mudanya dengan anaknya. Ada juga Yuko Nakagawa, tante ahli meteorologi yang berpindah haluan menjadi seorang model di umurnya yang sudah 43 tahun. Dalam dunia anime pun kita juga tahu kalau Tamura Yukari, Nana Mizuki, Horie Yui dan masih banyak seiyuu lain yang umurnya terhenti di 17 tahun.

Dengan penampilan yang mengaburkan sifat absolut milik umur seseorang ini, pantaslah ada kebingungan terjadi di antara warga Jepang demi menentukan batasan, kapankan seorang wanita disebut Onee-san (Kakak) dan kapan dia bisa disebut seorang Oba-san (Tante).

Situs nicovideo kemudian mencari tahu dengan mensurvei 300 orang pria dan wanita yang kemudian ditanyakan pertanyaan: Pada umur berapakah sebaiknya batasan antara seorang Onee-san dengan Oba-san? Berikut ini adalah jawaban mereka.

JOI - batasan antara oneesan dan obasan edit
Technically, Captain America jauh lebih tua dari Tony Stark, so….

  • 20 tahun ke bawah: 8% pria – 6% wanita
  • Umur 30 tahun: 9% pria – 55% wanita
  • Umur 40 tahun: 63% pria – 29% wanita
  • 50 tahun ke atas: 20% pria – 10% wanita

Dari hasil survei tersebut, terlihat bahwa para wanita lebih ‘sadar’ dengan umurnya dibandingkan para pria. Mayoritas para wanita sudah membatasi sebutan onee-san di umur 30 tahun-an dan mulai meniti kehidupan sebagai seorang obaa-san. Namun, para pria yang memiliki selera lebih, luas, sepertinya masih ingin dibelai oleh seorang Onee-san dan menganggap mereka yang di umur 30 tahun masih secantik mereka yang masih belia.

JOI - batasan antara oneesan dan obaasan
Nenek forever 17 (
sumber)

Hal ini juga tidak luput dari peran para tante awet muda yang membuat saya sendiri kebingungan umur mereka ini seharusnya berapa.

sumber: Hachima Kikou