Kesulitan Keuangan, Server Kinoko Collection Akhirnya Ditutup

July 4, 2015 16:00
Kesulitan Keuangan, Server Kinoko Collection Akhirnya Ditutup

Ternyata tidak semua moefikasi dapat membuahkan hasil yang matang. Pada akhir tahun lalu, JOI memberitakan adanya sebuah adaptasi moefikasi Jamur yang bernama Kinoko Collection. Seperti judulnya, kali ini kamu harus mengoleksi jamur yang akan kamu gunakan untuk memerangi gadis rebung. Absurd? Ya.

JOI - Kinocolle ditutup karena masalah keuangan (2)

Setelah beberapa bulan pembukaannya, gadis-gadis jamur ini harus menutup servernya. Menurut pengumuman di akun twitter staf gamenya, server Kinoko Collection ditutup pada tanggal 1 Juli karena adanya “kesulitan keuangan” yang dialami Cmixdeveloper game tersebut. Mereka kemudian meminta maaf sebesar-besarnya bagi pemain yang sudah menantikan perbaikan masalah dalam gamenya.

Game ini mengambil inspirasi dari rivalitas antara dua perusahaan makanan ringan Jepang yang sudah berlangsung lama. Kedua perusahaan tersebut adalah Kinoko no Yama (“Gunung Jamur“) dan Takenoko no Sato (“Desa Bambu“).

JOI - Kinocolle ditutup karena masalah keuangan (4) JOI - Kinocolle ditutup karena masalah keuangan (3)

Padahal, bila melihat desain karakternya yang lucu dan terkadang seksi, sepertinya game ini tidak kalah dengan game moefikasi manapun yang sudah ada. Bahkan mungkin secara gambar lebih bagus dari beberapa yang sudah berjalan. Namun pilihan memoefikasi jamur bukanlah hal yang begitu menarik, atau mungkin memang sudah saatnya tren moefikasi ini berakhir. Karena terbukti, tidak semua moefikasi bisa laku.

sumber: ANN