[3 Eps Rule] Gate – Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri

July 22, 2015 8:36 pm
[3 Eps Rule] Gate – Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri

Kita sudah sering melihat di seri fantasi adegan antara pedang dan sihir bertemu dengan senapan dan granat, entah itu menjadi inti utama dari seri tersebut atau merupakan salah satu adegan tidak penting di sana. Anime yang disingkat sebagai Gate saja ini juga salah satunya, namun alih-alih satu orang saja yang terjebak ke dunia lain, kali ini kita melihat 1 negara yang terlibat dan tentu saja itu adalah Jepang.

Secara garis besar cerita Gate bermula ketika sebuah gerbang raksasa muncul di tengah-tengah Ginza di Tokyo. Tiba-tiba dari gerbang tersebut muncul para tentara dengan pakaian seperti abad pertengahan menyerbu warga yang sedang berjalan-jalan di sana. Tidak hanya para manusia, para makhluk yang hanya ada di cerita seperti Orc, Goblin dan Wyvern juga muncul dan ikut menyerang.

Seorang tentara bernama Youji Itami yang kebetulan sedang berada di tempat kejadian tersebut pun bergerak cepat untuk mengevakuasi penduduk sekitar yang terjebak diantara tentara misterius tersebut. Berkat usahanya tersebut, Itami pun dianugerahi penghargaan dan menjadi salah satu pasukan yang ditugaskan untuk meneliti dunia di balik gerbang tersebut dan alasan kenapa gerbang tersebut muncul.

11783490_10204502867476261_1050004842_o

Determination: Sebagai tentara tentu Itami harus patuh kepada atasan, termasuk berperang di dunia lain

Penceritaan yang natural

Untuk sebuah anime yang menceritakan para tentara di dunia asing di sini diperlihatkan sosok Itami tidak seperti tentara di anime atau game pada umumnya yang selalu tampak serius dan siap setiap saat untuk berperang.

Selain seorang tentara, Itami juga adalah seorang manusia, yang tentu saja jika ingin santai tentu dia akan berlagak santai, namun tentu saja tetap menjalankan tugas yang diserahkan kepadanya. Hal ini pun membuat penceritaan animenya menjadi sangat mengalir dan tidak hanya melulu peperangan yang mencekam namun juga keseharian dari para tentara tersebut.

11778966_10204502155738468_1239039268_o

Have a Nice Ride: Menjadi tentara tidak menghalangi anda untuk rileks dan bercanda dengan kolega anda dikala senggang

Action yang tidak main-main dan proporsi yang sangat pas dengan cerita

Sebagai anime dengan tema militer, tentu saja anime ini lekat dengan aksi dan anda tidak akan dikecewakan olehnya. Anda akan disuguhi mayoritas adegan bagaimana JSDF unjuk gigi dengan perlengkapan perang mereka dalam membunuh hingga 120 ribu tentara kerajaan lawan.

Namun itu tidak membuat ini sepenuhnya menjadi anime yang menjual action saja karena setelah berhasil mengalahkan mayoritas tentara kerajaan lawan, Jepang yang ingin meneliti dunia di balik gerbang tersebut alih-laih mengirimkan pasukannya untuk menginvasi mereka justru meminta untuk berbaur dengan penduduk sekitar untuk mendapatkan informasi, oleh karena itu hal ini menyebabkan pertemuan 2 kultur yang berbeda dan bagaimana interaksi mereka pun menjadi hal yang menarik.

11770242_10204502871316357_2008569950_o

Raging Battle: Tidak bisa dipungkiri pertarungan melawan naga api adalah salah satu adegan paling keren di Gate

Namun, jika anda merasa sisi action akan berkurang karena perbedaan kekuatan yang sangat mencolok karena tentara kerajaan tidak serta menyerah begitu saja dan terus merencanakan penyerangan untuk menginvasi Jepang yang pasukannya hanya sedikit. Selain itu pertarungan melawan naga api di episode 3 masih merupakan awal  dari pertarungan tersebut dan tidak lupa negara-negara tetangga seperti Cina, Amerika dan Rusia tidak tinggal diam begitu melihat Jepang memonopoli sumber daya dari dunia di balik gerbang dan merencanakan sesuatu…

11768779_10204502276221480_1882433650_o

 Intense: Pertarungan melawan naga api yang seru lebih menarik bagi Itami ketimbang fanservice dibelakangnya

Desain karakter yang Menjadi Moe

Sebelumnya ini merupakan hal yang kontroversial di kalangan fans terutama pembaca manganya karena desain karakter anime yang terlalu imut dan berpotensi akan menjadi moeblob, terutama desain salah satu karakternya yang bernama Kuribayashi dimana di versi manganya menjadi sosok wanita macho dan tidak peduli dengan penampilannya dan membiarkan rambutnya terurai begitu saja sementara versi animenya menggambarkan sosoknya menjadi imut dan mungil berdada besar dengan rambut yang diikat sebelah yang membuatnya lebih cocok menjadi idol ketimbang tentara.

Namun dibalik kontroversi itu ketakutan para pembaca animenya akan menjadi sekedar moeblob tidak terbukti, dan jika anda menonton animenya tanpa membaca manganya tentu justru menyukai hal ini. Selain itu untuk menghindari sensor versi animenya memiliki porsi gore yang lebih sedikit dibandingkan manganya, sesuatu yang dikompensasikan dengan action yang lebih menarik.

11760341_10204502619750068_111662898_o

Shocking Truth: Komparasi perbedaan Kuribayashi yang sempat menjadi kontroversi dikalangan fans
(Kiri: Anime, Tengah: Manga, Kanan: Light Novel)

Verdict

11780228_10204502837835520_336937200_o
IC_21 :”Memiliki penceritaan yang berbeda dibandingkan anime kebanyakan, Gate menjadi tontonan yang menarik untuk anda. Walaupun tampaknya Itami akan menikmati harem dari berbagai ras namun tenang saja, jika anda tidak menyukai kisah harem yang itu-itu saja bisa dibilang hanya 1 gadis saja yang dekat dengan Itami.

Anime ini sangat disarankan jika anda menyukai tema-tema fantasi namun sudah cukup bosan dengan tema fantasi yang itu-itu saja, anime ini dapat dinikmati baik anda belum membaca manga atau novelnya atau anda telah membacanya kecuali waifu anda adalah Kuribayashi yang macho karena faktor ilustrasi animenya yang lebih moe tidak membuatnya menjadi anime moeblob

Bukan Randy :”Sedikit pendapat dari orang yang tidak membaca novel dan manganya. Gate tampil pelan di 3 episode pertamanya dengan lebih banyak fokus di persiapan setting. Sayangnya pelannya pacing tersebut juga agak diperparah dengan tokoh utama yang tampak sangat datar tanpa personaliti, atau kontradiktif mengingat di awal cerita ia mengatakan kalau ia lebih mementingkan hobinya sebagai seorang otaku anime & game ketimbang pekerjaannya. Tetapi selama 3 episode ini dia malah tampak melaksanakan semua tugasnya sebagai seorang tentara dengan sangat baik dan kalem tanpa banyak menunjukkan sisi otakunya.

Meski begitu, Gate memiliki premis dan setting yang sangat menarik. Setting “Pasukan militer modern yang masuk ke sebuah dunia fantasi” memiliki sangat banyak potensi dan kemungkinan yang menarik. Semoga saja ke depannya perkembangan karakter Itami sebagai tokoh utama lebih menarik, atau mungkin “warna-warni” karakternya akan lebih ditunjukkan oleh para heroine dan sub karakter lainnya (meski oh mai gad itu Rory Mercury chuunibyou amat sih ;^^).”