Kampanye Penggalangan Dana Untuk Mensejahterakan Kehidupan Animator Berhasil Mencapai Targetnya!

July 22, 2015 7:11 pm
Kampanye Penggalangan Dana Untuk Mensejahterakan Kehidupan Animator Berhasil Mencapai Targetnya!

Para animator di dunia anime tidak memiliki kehidupan yang mudah, beberapa dari mereka harus hidup di bawah standar rata-rata karena bayaran mereka yang jauh di bawah rata-rata bayaran pekerja kantoran. Namun pada bulan Mei lalu, diadakan sebuah kampanye penggalangan dana lewat situs crowdfunding IndieGoGo untuk mensejahterakan kehidupan animator, dan baru saja kampanye tersebut mencapai targetnya.

JOI - penggalangan dana asrama animator mencapai targetnya (2)

Pendiri NPO Animator Supporters, Jun Sugawara adalah orang di balik kampanye penggalangan dana ini. Penggalangan dana tersebut memilik target untuk mengumpulkan dana sebesar 15,000 USD dan akhirnya berhasil mencapai target sebesar 15,555 USD (sekitar 208,400,000 IDR) pada hari Rabu, 22 Juli 2015 dengan sisa waktu 3 jam sampai waktu deadline. Kampanye tersebut memiliki 81 orang penyumbang.

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk memperbesar sebuah asrama animator, yang dibuat pada tahun lalu lewat kampanye penggalangan dana lain yang juga sukses. Hasil penggalangan dana kali ini akan mendanai fasilitas baru yang terletak di Asagaya, distrik Suginamu yang akan merumahi 2 atau 3 animator berbakat.

JOI - penggalangan dana asrama animator mencapai targetnya (3)

Fasilitas yang sudah ada yang dibuka pada bulan Maret 2014 lalu merumahi 2 animator. Asrama animator tersebut menawarkan tempat tinggal dengan harga 30,000 JPY (sekitar 3,250,000 IDR) per bulan (termasuk biaya peralatan rumah tangga) bagi animator baru. Asrama rendah biaya ini diharapkan memberikan para animator suasana bebas stress untuk memfokuskan diri mereka kepada pekerjaan serta memberikan mereka jendela untuk berinteraksi dengan animator lain dan mengikuti pelatihan animator gratis.

Pendukung dari penggalangan dana ini akan mendapatkan berbagai macam tanda terima kasih, mulai dari sebuah kartu ucapan terima kasih spesial, sebuah art book, sketsa wajah, sebuah diari animator, dan beberapa gambar asli yang terdapat dari dalam art book tersebut.

JOI - penggalangan dana asrama animator mencapai targetnya (4)

Adakah yang berminat untuk bekerja sebagai animator? Walaupun Tomino berkata “Tidak ada masa depan untuk anime” dan Hideaki Anno berpesan “Industri anime akan runtuh dalam waktu 5 tahun ke depan” tapi dengan pendukung yang terus setia, sepertinya masih ada harapan untuk profesi ini.

sumber: ANN