Wawancara Dengan Editor One Piece Memprediksikan Akhir Manganya

July 23, 2015 15:15
Wawancara Dengan Editor One Piece Memprediksikan Akhir Manganya

One Piece mungkin adalah salah satu manga paling terkenal di Jepang, bisa juga dunia. Setelah 18 tahun sejak pertama kali diterbitkan di Jepang, manga tersebut tentunya tidak akan berlayar selamanya. Akhir dari One Piece ternyata sudah dipikirkan oleh Eiichiro Oda, bahkan editornya juga memprediksi berapa lama lagi sampai manga tersebut akhirnya tamat.

JOI - ending one piece sudah direncanakan (4)

Manga One Piece pertama kali diterbitkan pada tanggal 19 Juli 1997, 2 hari sebelum ulang tahunya tahun ini, editor-saat-ini untuk manga One Piece, Taku Sugita diwawancara oleh radio Tokyo. Dalam acara yang disebut J-Wave’s Gold Rush tersebut, mereka membicarakan mengenai seri populer yang fenomenal tersebut.

18 tahun beredar, One Piece sudah 8 kali ganti editor, Sugita adalah editor One Piece yang sedang bertugas saat ini. Saat ditanyakan bagaimana rasanya bekerja dengan mangaka Jepang paling sukses di era ini, Sugita menyatakan Oda sangat baik dalam bekerja. Mangaka biasanya diberikan gelar -sensei oleh para penggemar dan pekerja industrinya, namun Oda memilih untuk bekerja dengan editornya selayaknya mereka setara. Dia lebih senang dipanggil dengan Oda-san dibandingkan dengan Oda-sensei.

Walaupun ingin bekerja selayaknya setara, Oda tidak ingin editornya mengubah-ubah seri miliknya tersebut. Bahkan Oda secara langsung mengekspresikan supaya editornya tidak terlalu banyak menawarkan cerita baru, menurutnya bila dia tidak memikirkan perkembangan ceritanya sendiri, akan susah baginya untuk mencari motivasi menggambar.

Sugita juga menceritakan pengalaman saat baru pertama kali bekerja dengan Oda. Setiap kali ada editor baru yang akan bekerja dengan Oda, mereka akan berdiskusi panjang lebar untuk menentukan bagaimana mereka akan mengakhiri cerita tersebut. Sugita mengingat bagaimana Oda menelponnya dan menanyakan apakah dia sedang sendirian. Setelah Sugita mengkonfirmasi dia sendirian, Oda mulai menjabarkan bagaimana dia akan mengakhiri arc terakhir untuk Luffy dan kawan-kawan. Penjabaran tersebut memakan waktu sampai 7 jam.

JOI - ending one piece sudah direncanakan (3)
(pixiv/icca)

Sugita juga ditanyakan berapa lama lagi sampai akhir dari manga mega-hit tersebut, yang dijawab dengan spekulasi. “Sekitar 60 jilid lagi, Oda mengatakan ceritanya sekarang sudah setengah jalan,” menurut sang editor. Saat ini, One Piece sudah berjalan sebanyak 78 jilid di Jepang, dan Sugita memprediksi kalau manganya sudah 70-80 persen selesai.

Namun apakah nantinya Oda akan mengganti ceritanya menjadi lebih panjang atau malah memperpendek durasinya, kita tidak akan pernah tahu. Apakah sang editor sebenarnya boleh mempublikasikan informasi yang sepertinya sangat rahasia ini pun saya tidak mengerti. Namun dengan prediksi Sugita tersebut, kita dapat berspekulasi kalau manga One Piece mungkin akan membutuhkan 10 sampai 15 tahun lagi sebelum akhirnya tamat.’

JOI - ending one piece sudah direncanakan (2)
(pixiv/endew)

Waktu yang cukup lama supaya anak dan cucu kita bisa ikut berpetualang bersama Luffy dan kawan-kawan.

sumber: Rocketnews