‘Atelier Sophie’ Juga Hadirkan Sistem Pertarungan Baru

July 27, 2015 13:27
‘Atelier Sophie’ Juga Hadirkan Sistem Pertarungan Baru

Gust telah merilis sejumlah informasi terbaru seputar Atelier Sophie: The Alchemist of the Mysterious Book (Sophie no Atelier: Fushigi na Hon no Renkinjutsushi) berupa sistem pertarungan serta tiga karakter baru bernama Corneria, Harol, dan Horst.

Logical Turn-Based Battle

atelier-sophie-battle

Segala fitur di Atelier Sophie tampil baru dan berbeda, termasuk pada sistem pertarungannya. Dalam Atelier Sophie, kalian akan menentukan aksi untuk masing-masing anggota party di awal turn. Setelah semua aksi ditentukan, kalian tidak akan bisa mengubahnya hingga semua aksi dilakukan. Jadi kalian harus memikirkan alur pertarungannya dengan seksama sebelum menentukan aksinya.

Setelah memilih aksi, panel di sebelah kiri layar akan memperlihatkan karakter mana yang akan beraksi lebih dulu, dimulai dari paling atas. Urutan aksinya ditentukan berdasarkan status speed masing-masing karakter serta aksi yang dipilih. Turn berikutnya akan dimulai ketika aksi semua karakter sudah dilakukan, dimana kalian akan menentukan aksinya lagi.

Masing-masing karakter memiliki skill yang berbeda-beda dan bervariasi, mulai dari untuk mencederai musuh hingga memperkuat anggota party. Setiap skill memerlukan MP untuk diaktifkan.

Item Support

atelier-sophie-item

Sekarang semua anggota party bisa menggunakan item, berbeda dengan game-game Atelier sebelumnya. Tetapi setiap karakter hanya bisa menggunakan tipe item tertentu saja. Ini artinya kalian juga karakter yang kalian bawa untuk ikut bertarung akan sangat penting untuk mengatur strategi penggunaan item.

Contohnya Oskar bisa menggunakan item tipe “makanan” selain item untuk menyerang dan menyembuhkan. Sedangkan Monika bisa mengakses lebih banyak variasi item tipe makanan karena dia sering bermain ke atelier milik Sophie untuk makan kue bersama.

Supporting Allies

atelier-sophie-assist

Sama seperti di game-game Atelier sebelumnya, kalian bisa memanggil karakter teman untuk serangan tambahan atau melindungi dari serangan musuh di Atelier Sophie. Tetapi sekarang cara penggunaannya berbeda. Melalui perintah “Stance” kalian bisa menentukan karakter teman akan menyerang atau melindungi.

Contohnya dengan memilih “Defence Stance,” karakter teman akan otomatis melindungi karakter lainnya dari serangan musuh. Kalian bisa memilih Stance secara bebas.

Dynamic World

atelier-sophie-weather

Seiring waktu berlalu, dunia Atelier Sophie akan terus berubah. Warga kota menjalankan hidup mereka setiap harinya, dan dengan hadirnya sistem waktu dan cuaca yang dinamis, kalian akan melihat sedikit perubahan dalam kehidupan mereka.

  • Ada banyak event di berbagai tempat yang bisa diaktifkan pada waktu tertentu.
  • Ketika badai di malam hari, musuh akan bermunculan lebih banyak, termasuk monster kuat yang biasanya tidak pernah terlihat di siang hari.
  • Kalian bisa mendapatkan bahan yang berbeda dari tempat yang sama, tergantung pada waktu dan cuacanya.

Atelier Sophie juga sekarang memiliki sistem stamina. Seiring kalian bertarung dan mengumpulkan bahan, Sophie akan kelelahan sedikit demi sedikit. LP Gauge milik Sophie akan menginformasikan tingkat kelelahannya. Apabila Sophie lelah, status karakternya akan menurun, jadi kalian harus memperhatikan hal ini.

Gather Information at Any Time

atelier-sophie-request

Di Kirhen Bell, terdapat sebuah café yang dimiliki oleh Horst. Di siang hari, tempat ini beroperasi sebagai café, tetapi dimalam hari akan beroperasi sebagai bar. Di café ini, kalian bisa menerima permintaan dari warga, mendengar isu terbaru, hingga mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan kehidupan Sophie.

Permintaan dari warga biasanya berupa permintaan untuk mengalahkan monster atau mengumpulkan barang. Kalian akan mendapatkan hadiah yang bergantung pada performa kalian. Dengan menyelesaikan permintaan, kalian nantinya bisa mengakses permintaan yang lebih sulit tetapi dengan hadiah yang lebih besar.

Untuk isu, kalian bisa mendapatkan informasi penting, contohnya, “Katanya ada banyak bahan di area ini.” Untuk mendengarkan isu kalian memang harus mengeluarkan uang, tetapi bisa sangat bermanfaat ketika kalian sedang mencari bahan.

New Characters

Corneria (pengisi suara: Yui Kondo (Karen di The Idolmaster Million Live, Mikoto di Triage X))

15 tahun. Tinggi 146 cm. Pemilik toko grosir.

atelier-sophie-corneria

Gadis muda ini memiliki toko grosir di Kirhen Bell. Dia juga adalah alkimis seperti Sophie dan memiliki kemampuan untuk membuat replika barang. Tetapi karena tinggi badan dia akan berkurang sedikit demi sedikit apabila menggunakannya, dia menahan untuk tidak menggunakan kemampuannya secara berlebihan.

Corneria memiliki kepribadian yang mudah bergaul dan suka bertindak tanpa memikirkan sekitarnya. Demi mencari ayahnya yang sudah dia cari sejak dia kecil, dia berniat untuk menjadi terkenal.

Harol Simens (pengisi suara: Tarusuke Shingaki (Shirotaka di Ar nosurge, Kariya di Fate/Zero))

27 tahun. Tinggi 180 cm. Ahli jam.

atelier-sophie-harol

Pria yang memiliki toko jam di kota Kirhen Bell. Dia mewariskan toko tersebut dari ayahnya yang pensiun, tetapi dia memiliki etos kerja yang sembarangan. Daripada memperbaiki jam, dia lebih senang membuat pistol, dan hidup berjualan pistol.

Dia adalah orang yang sangat sarkastik, dan sering berkata yang tajam. Tetapi di dalam hatinya dia sebenarnya adalah orang yang sangat peduli dan khawatir terhadap Sophie, yang sudah dia kenal sejak lama.

Horst Basler (pengisi suara: Speedwagon di JoJo’s Bizzare Adventure, Touka di Inari, Konkon, Koi Iroha)

51 tahun. Tinggi 175 cm. Pemilik café.

atelier-sophie-horst

Pria yang merupakan pemilik Kirhen Bell Café yang beroperasi sebagai café di siang hari dan sebagai bar di malam hari. Dia tahu banyak tentang rumor di kota, dan menangani semua permintaan warga, dan sering berbagai informasi dengan Sophie.

Dia adalah orang yang jujur dan warga kota sangat mempercayainya. Merasa kesepian, dia mendirikan café dimana semua orang bisa berkumpul.

Atelier Sophie akan dirilis di Jepang pada tanggal 25 September untuk PlayStation 4, PlayStation 3, dan PlayStation Vita. Versi bahasa Inggris memang masih belum dikonfirmasikan, tetapi biasanya rilis dalam kurun waktu setahun setelah versi Jepangnya rilis.

 

Atelier Sophie 150727

Sumber: Gematsu