Tidak Cukup Dengan Maskot Moe, Kali Ini JSDF Berkolaborasi Dengan GATE

July 27, 2015 4:00 pm
Tidak Cukup Dengan Maskot Moe, Kali Ini JSDF Berkolaborasi Dengan GATE

Kita sering melihat, kolaborasi saling menguntungkan antara anime yang sedang tayang ataupun yang sangat populer dengan berbagai hal dijepang, terutama kereta dan restoran. Misalnya kereta euphonium kemarin atau kafe dengan tema yuyuyu di tokyo. Namun mungkin ini adalah kolaborasi paling sempurna dari yang pernah ada dimana tentara nasional Jepang atau yang biasa dikenal sebagai JSDF baru saja melakukan kolaborasi dengan anime Gate yang sedang tayang!

gate_tate

JSDF cukup sering menggunakan moefikasi dalam melakukan perekrutan untuk tentara seperti misalnya JSDF prefektur Ibaraki 2 tahun terakhir melakukan rekruitmen dengan maskot moe yang diikuti oleh JSDF prefektur Tokushima yang bahkan menggandeng ilustrator terkemuka, Misaki Kurehito yang sebelumnya terkenal dalam seri Saekano. Hal ini terbukti cukup ampuh dan dapat meningkatkan peminat untuk melamar ke JSDF hingga 20%!

Cerita Gate sendiri mungkin memang menjadi impian bagi beberapa tentara. Sekelompok tentara bertualang ke dunia lain, bertemu dengan makhluk mistis seperti elf dan penyihir, bertarung melawan monster raksasa, hal-hal yang seakan-akan bergabung dengan JSDF adalah hal yang paling menyenangkan dan menantang.

Poster tersebut tampak menarik dengan tulisan “Jadilah sosok yang dapat melindungi seseorang. Dibuka rekruitmen untuk JSDF” dan latar belakang sosok Itami yang merupakan anggota JSDF bersama ketiga heroine utamanya.

Takumi Yanai, si pengarang dari novel Gate sendiri adalah mantan anggota JSDF. Hal ini menjelaskan selain dianggap cukup realistis dan akurat dalam menampilkan senjata maupun sistem dari JSDF juga dalam menunjukkan sisi manusiawi dari para tentara-tentara tersebut.

Koneksi itulah yang tampaknya menyebabkan kolaborasi unik namun sangat cocok ini terjadi, para anggota JSDF juga memuji keakuratan dalam persenjataan dan operasi yang dilakukan JSDF di seri tersebut. Selain poster diatas terdapat variasi yang tidak jauh berbeda seperti gambar dibawah.

gate_yoko

 

Apakah hal ini akan membuat orang berbondong-bondong mendaftar untuk menjadi JSDF? yang jelas pihak JSDF tidak bertanggung jawab jika ada pelamar yang kecewa jika bergabung karena alasan ‘ingin bertemu dengan elf yang imut dan bertarung bersama melawan naga api’.

Sumber: Toychan