[First Impression] Fate/Grand Order

August 5, 2015 12:36 pm
[First Impression] Fate/Grand Order

5 hari setelah dibukanya game smartphone online (untuk sekarang baru untuk android) Fate/Grand Order , milking franchise terbaru dari seri Fate ini sedang hype di media sosial. Tidak ketinggalan, kru JOI juga sedang asyik bermain F/GO jadi mungkin banyak banget artikel kami yang baru jadi malam hari. Seperti apakah game ini? Mari kita bahas bersama!

Game system menyerupai game-game smartphone lain

Pertama mari bahas bagaimana sebenarnya cara memainkan game ini. Pada dasarnya, bagi yang sudah familiar dengan game smartphone pada umumnya pasti bisa langsung familiar dengan sistem F/GO. Dengan beberapa elemen utama seperti gacha untuk mendapatkan karakter/equip, upgrade, team/deck building dan tentu saja battle. Lebih spesifik lagi, beberapa elemen utama game ini bisa dibilang ngopi game sejenis, yaitu Chain Chronicle, jadi bagi veteran Chain Chronicle pasti sudah lebih jago meskipun tidak bisa baca bahasa Jepang.

Setiap pemain baru akan mendapatkan karakter/servant default yaitu heroine khusus untuk game ini, Shielder. Tiap Servant mempunya beberapa status, skill dan tentu saja skill ultimate yang disebut Noble Phantasm. Kamu akan bisa menggunakan Noble Phantasm setelah beberapa kali menyerang atau diserang musuh sehingga mengisi bar Noble Phantasm-mu.

Mungkin melihat lebih mudah daripada membaca. Simak saja video fase Tutorial gamenya yang bisa dilihat disini:

Pada dasarnya kamu akan membawa 2 servant dengan 3 cadangan yang akan muncul menggantikan servant utamamu yang mati, beserta 1 support dari akun teman yang bisa kamu pilih sebelum masuk ke battle. Dapat dilihat kamu akan mendapat berbagai bonus serangan saat menggunakan servant yang sama atau tipe serangan yang sama. Juga masing-masing class servant punya class lain yang lemah atau kuat terhadapnya.

11825233_1471502326502754_4735687188554490986_n

Elemen lain yang tidak kalah penting adalah Upgrade/Leveling. Kamu akan dituntut untuk menaikkan level servant, skillnya dan juga Noble Phantasmnya untuk bisa bersaing di level yang lebih tinggi. Gimana caranya? Tentu saja dengan mengorbankan kartu servant atau exp up yang bisa kamu dapatkan sepanjang permainan.

11781633_861805810578958_5097951076845847344_n

Segi gameplay yang tidak saya suka adalah ketergantungan berlebih terhadap servant support dari teman. Pilihan servant yang salah bisa berakibat fatal, terutama pada awal-awal permainan, dimana kamu bisa saja hanya menemui deretan Shielder lv 1 di support list yang tersedia. Satu-satunya pengecualian adalah Jeanne D’arc, Saya sempat melakukan kesalahan yang membuat Saber Alter, Mashu, dan Mephistopheles terbunuh, menyisakan Jeanne support dari teman saya melawan Saint Martha & 2 wyvern merah. Guess what? I won. Broken

jeanne

Tidak heran harganya sangat mahal di auction

Menyelami beberapa timeline dari Fate Series

ShielderGOState4

Mbak Mashu cakep banget

Kamu adalah seorang dari 48 individu dengan potensi menjadi master yang dibawa ke Chaldea, organisasi yang bekerja untuk memajukan dan melindungi umat manusia. Chaldea berhasil memprediksi bahwa dunia akan kiamat pada Juli 2016 (tepat setahun dari sekarang), namun penyebabnya tidak diketahui. Karena kamu dimarahi Olga-Marie, direktur dari Chaldea; sebab kamu tertidur saat ia sedang berpidato, maka kamu tidak dibawa untuk percobaan pertamanya. Percobaan ini dimaksudkan untuk masuk ke waktu lain di masa lampau, untuk mencari faktor-faktor yang dapat menyebabkan kiamat pada tahun 2016. Namun sayangnya, ledakan besar menyebabkan percobaan gagal dan 46 master lainnya ditaruh ke dalam posisi hibernasi cyrogenic, menyisakan Mashu Kirie-Light, Direktur Olga-Marie, dan kamu yang masuk saat ingin menyelamatkan Mashu. Dibantu Dr Roman yang memberikan bantuan dan informasi dari Chaldea dan Mashu yang bersatu dengan servant menjadi demi-servant, kamu menyelidiki kota Fuyuki yang terbakar.

Mungkin tidak semua orang membaca ceritanya, tapi karya original Nasu Kinoko ini sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Mari kita bersama berharap untuk lokalisasi di masa depan.

Servant baru, dan banyak genderbent

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, F/GO diisi dengan banyak servant baru dari berbagai macam class. Selain tokoh-tokoh yang sudah sering kita lihat dari seri-seri fate sebelumnya, banyak tokoh sejarah yang mengisi jajaran servant yang ada. Ini tentu berpotensi menyerang dompet para pemain yang juga mengkoleksi figure-figurenya, karena pada wonder festival kemarin sudah diumumkan produksi figure Mashu dari Alter dan Scáthach dari dari QuesQ. Jajaran servant yang ada sekarang juga belum lengkap, masih banyak servant-servant yang sebelumnya sudah diberitakan seperti Arjuna, Scáthach, dan Dr Jekyll belum ada di dalam game.

Beberapa servant yang ada memiliki jenis kelamin yang berbeda dari yang kita ketahui dari sejarah, seperti Chevalier D’Eon, Attila the Hun, Yoshitsune (Ushiwakamaru) dan beberapa servant lain yang menjadi perempuan. Saya ga protes sih.

D0ZkBS3

Kamu lebih suka Attila yang mana?

Graphics yang menawan

Sprite yang digunakan pada game ini berhasil mewakili desain-desain yang digambar oleh banyak desainer karakter dan ilustrator ternama. Selain itu, animasi noble phantasmnya sangat menarik.

Selain itu, detil-detil dari spritenya sendiri pun terasa jauh lebih detil untuk sebuah game smartphone yang hanya menguras sekitar 70Mb dari storage smartphonemu. Sebagai pembanding, saya pernah bermain game Sword Art Online: Code Register, dan game tersebut mengambil lebih banyak memory untuk sesuatu yang lebih simple. Representasi sprite setiap karakter dapat dibilang sangat memuaskan.

Tidak hanya spritenya, desain karakternya pun sangat menawan, lihat saja desain Atilla di atas. Dengan adanya gacha untuk para servant, saya yakin kini Type-Moon dapat menelurkan bermacam-macam servant tanpa batas, sehingga asupan servant kamu (dan uang Nasu) akan terus terjaga.

RNG!!!!!

screenshot_2015-08-03-12-03-34_1024

*Banting hp*

Seperti game lain yang juga menggunakan sistem random number generated, F/GO juga menggunakan gacha untuk mencari servant baru. Namun, mereka menggabungkan gacha servant dan gacha Craft Essence (equip untuk servant), yang memperkecil peluang kita untuk mendapatkan servant kuat pada awal permainan ini. Meskipun ada gacha 40 kristal yang memastikan minimal 1 kartu dengan rarity 4 bintang keatas, minimnya servant bintang 5 dan banyaknya Craft Essence bintang 5 membuat banyak orang memilih untuk membuang akunnya dan membuat akun baru untuk gacha ulang. Contoh ekstrim adalah nugrahadi yang hanya mendapat 1 berserker Kiyohime dan 1 saber Caesar gendut, ditambah 8 craft essence. Saya masih beruntung karena berhasil mendapat 2 Saber Alter.

Too many bugs

fb_img_1438702299473

Banyak bug yang mengganggu game ini, mulai dari blackscreen, network yang tidak stabil, lag, sampai separah hilangnya akun saat memasukkan kode pre-register yang berhadiah Saber Lily pada hari pertama kemarin, sehingga memerlukan maintenance dadakan pada malam harinya. Game ini sendiri meskipun tidak memakan storage space yang besar, memerlukan kemampuan proses yang tinggi. ZenFone 4 nanoha mengalami lag parah menjalankan game ini dan meskipun jarang, kadang Xperia Z3 Compact saya juga mengalami beberapa lag kecil. Disarankan untuk memakai smartphone yang memiliki RAM setidaknya 2GB saat memainkan game ini kecuali kamu memang ingin memasak telur dadar dengan smartphonemu.

Pengguna iOS juga harus bersabar karena mereka masih melakukan beberapa penyesuaian untuk rilis di platform Apple tersebut. Tanggal pastinya belum diumukan namun seharusnya tidak akan memakan waktu yang sangat lama.

Unlimited Reroll Works

Saat ini, Fate/Grand Order sedang mengalami masalah yang cukup serius mengenai eksploitasi sistem yang dilakukan banyak sekali pemain tidak bertanggung jawab. Karena harga akun F/GO yang melunjak di situs lelang online, Yahoo! Auction, banyak sekali pemain yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri. Caranya adalah dengan membuat akun baru dan berdoa supaya mendapat servant yang bagus untuk dijual.

JOI - fate grand order myname galore
Seriously, stop re-rolling, accept your pitiful Fate and start playing.

Hal ini sangat problematik, dikabarkan banyak pemain yang melakukan tindakan botting atau automatisasi pembuatan akun baru hanya untuk mencari servant yang diinginkan. Hasilnya, game dipenuhi oleh bogey account, atau akun-akun hantu yang tidak bertuan dengan nama “myname“. Bahkan, Google mulai mempertanyakan game ini yang dianggap mengumpulkan data diri pemain karena traffic yang begitu besar.

Verdict

Etherlite: Terlalu banyak bug dan game mechanicsnya masih harus diperbaiki, 10 menit untuk 1 AP recovery adalah rate yang berat, terutama untuk non-pay user. tapi secara keseluruhan ini adalah game yang menarik, hingga menyita banyak waktu kami (semoga tidak mengganggu progress event kancolle saya minggu depan).

Bukan_Randy: Grafiknya bagus, tapi bukan F2P yang aman untuk dimainkan tanpa keluar duit. Tapi penggemar TYPE-MOON pasti main tanpa pikir panjang.

Nanoha:

4 star craft essence

Nugrahadi: Dengan berbagai bug dan kurangnya optimisasi, harus diakui, sebenarnya F/GO belum siap dirilis. bisa dibilang android adalah “beta test”nya mereka.  Tapi dengan pilihan servant yang kayak gini, sapa si yang bisa sabar nunggu buat main?

Ricoricorii: Game penguras resource dan battery hp yang sangat menarik. Desire untuk mengumpulkan servant yang mantap dan membentuk party yang kuat saya rasakan disini. Sayang memainkan game ini sulit sambil melakukan hal lain karena butuh input konstan selama battle. Pokoknya jangan coba-coba multitasking sambil main game ini.

Oh, gak kuat memainkan game ini? Mungkin ini menjadi alasan bagus untuk ganti hp!

Dan tolonglah jangan sering-sering reroll, itu nanti shielder lv 1 makin numpuk di support list.

Signum: Game ini gampang banget untuk bikin kamu ketagihan, apalagi kalau kamu tukang rolling gacha kambuhan yang diberkati keberuntungan setipis kertas tissue yang sudah dibagi dua. Tapi tidak bisa dipungkiri game ini adalah game penghabis waktu yang sangat menarik, bahkan bagi kamu yang bukan maniak seri Fate.

Saran saya hanya satu, persiapkan charger dan power bank, atau beli handphone extra karena game ini sangat menguras baterai.

 

April-Fools-2015_Fate-Grand

Apakah mereka bisa mengambil bagian di game ini?