Maintenance Berkepanjangan Dan Lowongan Mendadak, Ada Apa Dengan ‘Fate/Grand Order’?

August 5, 2015 13:52
Maintenance Berkepanjangan Dan Lowongan Mendadak, Ada Apa Dengan ‘Fate/Grand Order’?

Bagi kalian yang sudah mulai main game teranyar seri Fate, Fate/Grand Order (F/GO) pasti sedang kesal semua. Bagaimana tidak, 4 hari setelah perilisan gamenya, 2 hari penuh diisi oleh maintenance dan tak bisa dimainkan. Dan sekarang juga tidak bisa dimainkan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Sebenarnya ada apa ini?

Keanehan yang menyelimuti game ambisius ini sebenarnya sudah tercium sejak JOI mulai memainkannya secara intensif untuk mendapatkan servant moe menulis artikel ulasan mengenai game ini. Tapi puncaknya terjadi hari ini, dimana aplikasi game-nya sempat ditarik dari Google PlayStore!

Bagi yang tidak memainkan gamenya, ketahuilah bahwa F/GO dipenuhi dengan bug. Hal itu sebenarnya masih wajar, mengingat gamenya masih bisa dimainkan. Namun entah salah siapa, developer dan sistem gacha-nya yang sungguh “menyebalkan” (percayalah saya sebenarnya ingin menggunakan kata yang lebih kasar) atau para pemain yang saking nafsunya mendapatkan Saber, melakukan reset account atau yang biasa dikenal dengan istilah “Reroll” berkali-kali sehingga menghasilkan banyak sekali akun bodong yang berpotensi mengacaukan sistem. Di beberapa grup Facebook saya mendapati banyak pengguna yang mengaku sudah melakukan roll puluhan kali. Kalikan itu dengan jumlah pemain gamenya, berapa banyak akun bodong yang ada sekarang?

11825233_1471502326502754_4735687188554490986_n

Lalu situasi kembali berubah dengan adanya maintenance dadakan yang dimulai kemarin, membuat gamenya tidak bisa dimainkan seharian penuh! Sialnya, aplikasinya sempat ditarik dan hilang dari Google Playstore, menghembuskan kabar bahwa game ini mati hanya dalam hitungan hari. Untungnya rumor itu tidak terbukti dan aplikasinya kembali muncul dengan update baru, meskipun sampai artikel ini ditulis game-nya masih belum dapat dimainkan dan tidak diketahui kapan para pemain bisa mulai main lagi.

Sudah cukup bikin parno? Tunggu sampai kamu dengar berita ini, Delightworks, sang pengembang game-nya “mempublikasikan berita lowongan kerja untuk programmer game hari itu juga!” Busyet! Ditinggal kabur atau bunuh diri sama programmernya nih? Beberapa detil mengenai pekerjaannya diantaranya:

Menguasai:
・C#, C++, JavaScript
・Ruby, Perl, Python, Objective-C, Java
・Unity, Microsoft Visual Studio, XCode
・OS: Windows, OS X(Mac), Linux

Bekerja di Tokyo, Gotanda
Gaji 3jt – 6.5jt yen/tahun
Waktu kerja flexible, 10 jam/hari

Yakin “cuma” 10 jam/hari? Saya yakin pake banget, begitu diterima karyawan baru itu bakal diiket di kursi kerja sampai gamenya bener. Selidik punya selidik, ternyata bagi sang perusahaan pengembang, Delightworks, Fate/Grand Order adalah game pertamanya! Lebih mengejutkan lagi, perusahaan ini baru berdiri tahun lalu, tahun 2014. Bahkan gosip lain berkata, F/GO selama ini dibuat dan dipelihara oleh satu orang pengembang. Satu orang!

fb_img_1438702299473

Apakah game ini akan bisa siap menyambut gelombang pemain yang lapar akan servant seksi dengan reroll, spam gacha dan lainnya? Dan setelah itu, apakah game ini bisa bertahan hidup setidaknya sampai menyapa para pengguna iPhone? Juga apakah paradigma game ini akan membaik dan bisa dikenal sebagai lebih dari “Fate/Game Over”? Mari berdoa karena saya juga baru saja dapat servant bagus. Kalau tiba-tiba gamenya batal kan gak lucu.

Sumber: Otakomu, Info Maintenance dari HP sendiri, Unlimited Waiting Works

Sorry. No data so far.