‘RPG Maker MV’ Diumumkan untuk PC, Tawarkan Banyak Peningkatan

August 5, 2015 8:26 pm
‘RPG Maker MV’ Diumumkan untuk PC, Tawarkan Banyak Peningkatan

Kalau kalian suka RPG atau pernah membuat game, mungkin tahu yang namanya RPG Maker. Yup, seri “game” ini berguna bagi kalian yang ingin membuat game RPG dengan cara yang mudah. Entri terakhirnya adalah RPG Maker VX Ace yang rilis pada tahun 2012 di Steam. Sekarang, ASCII telah mengumumkan sekuelnya yang berjudul RPG Maker MV untuk PC dan Mac.

Detilnya memang masih belum begitu banyak yang diungkapkan, tetapi ASCII menjanjikan entri terbaru ini akan menjadi evolusi terbesar dari RPG Maker. Beberapa fitur baru yang diungkapkan lewat Famitsu adalah:

  • Dukungan untuk rilis di berbagai perangkat.
  • Tampilan bertarung dari samping ala Final Fantasy
  • Dukungan kontrol dengan mouse dan sentuhan.
  • Penambahan besar dari batasan jumlah item di database.
  • Peta otomatis dibuat menjadi tiga lapisan.
  • Game-nya berjalan di resolusi tinggi.

rpg-maker-mv

Meski tampilannya terlihat game klasik, sebenarnya ada cukup banyak game-game menarik yang dibuat dengan menggunakan RPG Maker. Beberapa contoh game menarik yang disarankan Bukan_Randy adalah:

  • Moonlight Ghost:
    Sebuah game yang berhasil menggunakan sistem RPG Maker untuk membuat game puzzle yang unik dan menyenangkan. Meski terhitung agak singkat, gameplay dan karakter-karakter yang menyenangkan membuat game ini mudah direkomendasikan.
  • Hero And Daughter:
    Seorang Hero yang terjebak dalam level 1 dan tidak bisa naik level harus berjuang mengumpulkan gadis-gadis untuk membantu dia mengalahkan Dark Lord. Banyak yang bisa dilakukan di game ini. Mengumpulkan berbagai macam gadis untuk dijadikan party member, menyelesaikan dungeon, mencari rare boss di dungeon, memperbagus desa agar bisa mendapat item-item lebih bagus, melindungi desa dari serangan bandit, extra dungeon, tower challenge, monster collection & leveling, dll. Itu semua ditambah dengan dialog yang menarik dengan karakter-karakternya menjadikan ini sebagai salah satu game RPG Maker terfavorit saya
  • Capella’s Promise:
    Ini jelas adalah salah satu game RPG Maker yang paling niat dibuat. Sistem gameplaynya dirombak habis-habisan untuk membuat sebuah gameplay yang dalam dan menarik, serta ceritanya serius dan juga sangat panjang untuk hitungan sebuah game RPG Maker (waktu yang dibutuhkan untuk tamat sekitar 20-30 jam). Game ini menaruh sang tokoh utama sebagai seorang penjual budak yang suatu hari diminta tolong untuk merawat seorang gadis. Namun tidak lama setelah itu, tempat mereka diserbu oleh sejumlah prajurit…
  • The Witch’s House:
    Salah satu game horor RPG Maker yang terkenal. Pemain harus menelusuri rumah dari seorang penyihir yang penuh dengan jebakan. Game ini berhasil membuat suasana menegangkan dengan berbagai teka-teki dan banyaknya cara pemain bisa mati. dan twist endingnya bangke banget.
  • Ao Oni:
    Game horor RPG Maker yang saking dikenal dan populernya sampai mendapatkan novel dan 2 adaptasi film live-action. Pemain terjebak di sebuah rumah di mana ada sebuah monster yang mengejar pemain. Fitur paling menarik dari game ini adalah sang monster bisa muncul secara tiba-tiba (tidak fix/scripted) ketika pemain sedang mengelilingi rumahnya.

Sayangnya jadwal rilis untuk RPG Maker MV tidak diumumkan. Tapi mudah-mudahan engine ini nantinya akan dirilis dalam Bahasa Inggris, sama seperti entri sebelumnya, dan hadir di Steam biar bisa dinikmati semua orang.

Sumber: Gematsu